Rahmat Awaludin
Feb 2, 2016 · 5 min read

Mendapat job pertama memang butuh perjuangan. Di remote voice edisi #25, kita akan berbincang dengan seorang pekerja remote dari Malang yang mendapatkan project pertamanya di UpWork dengan teknik yang out-of-the-box. Gimana caranya? Siapa beliau? Yuk kita kenalan.. :)

Bisa dijelasin mas ini siapa?

Mas Ashadi Cahyadi

Saya Ashadi Cahyadi, kelahiran Malang asli Aremania, sekarang tinggal di Semarang. Profesi sekarang saya Full time freelancer di marketplace Upwork.com.

Bidang utama yang saya kerjain Web Developer secara umum tapi kebanyakan dapat job khususnya dari klien yang memakai Framework ExtJS javascript.

Secara umum saya backend developer. Pernah pakai VB Classic, Delphi, ASP.net, VB.net, Ruby on Rails dan PHP. Cuma yang desktop programming udah lama banget gak pegang :D

Kalau secara spesifik sekarang berkutat di front end development JavaScript memakai ExtJS framework karena saya sudah memakai framework ini mulai dari versi awal ketika masih kerja di kantor jaman dahulu jadi relatif lebih mudah tembusnya. Akhir akhir ini pegang laravel 5 juga karena lagi hot hotnya banyak yang pakai banyak klien yang pakai.

Gimana ceritanya mas bisa masuk ke dunia kerja remote?

Flash back sebentar. Sebenarnya dulu tahun 2010-an saya tidak pernah tahu sama sekali tentang dunia freelance. Taunya ya klo mau kerja ya cuma cari lowongan dikantor :D

Pada saat tahun 2011-an saya mlihat group oDesker Indonesia yang baru dibuat oleh om Hery Hendra. Dari situ sya mulai tertarik untuk kerja online karena jujur merasa wah banget lihat earning-nya yang menurut saya luar biasa pada waktu itu. Lha, saya aja selama ngantor mau beli laptop aja harus nabung berbulan-bulan itu pun cari yang murah :D..

Tapi saya punya kendala pada saat itu. Bahasa Inggris saya bener bener nol. Mau kursus mahal ga punya duit, akhirnya putar otak beli buku percakapan bahasa Inggris ditoko buku dan saya baca tiap hari selama sebulan baru kemudian saya berani mencoba apply job di odesk.com.

Dan akhirnya sebulan kemudian saya nekat resign dari kantor. Ada kendala disini bingung alasannya apa mau resign. Putar otak lagi saya bilang saya sudah dapat kontrak kerja secara remote dari klien luar negeri. Padahal aslinya saya masih berjuang apply job di odesk sana sini blum ada yang tembus. Modal nekat aja :D

Bisa ceritakan tentang kisah “pecah telor” job remote pertamanya

Lumayan agak sedikit berjuang untuk untuk dapat first job di marketplace odesk saya. Satu bulan lebih saya apply semua job yang sesuai dengan skill tapi paling mentok cuma interview lewat skype. Chat sana sini tanya requirement dll ujung ujungnya gak ada kelanjutannya hilang gak ada kabar. :D

Sedikit frustasi sih iya, ketar ketir kalo gak dapat terus gimana nasib saya. Mana cicilan laptop belum kelar lagi :D Akhirnya suatu saat liat job posting dari orang Australia. Saya baca job postingnya saya buat sample prototype persis apa yang dia mau baru saya submit proposal saya. Alhamdulilah akhirnya tembus juga dan bertahan sampai 2 tahun. Saya ingat betul nama klien pertama saya Mr. Martin Hannah. Boleh saya sebut kan? Beliau adalah orang yang sangat membantu karir saya sebagai freelance.

Saya buat sample prototype persis apa yang dia mau baru saya submit proposal saya.

Workspace minimalis mas Ashadi

Saya baru denger nih, apply dengan jobs dengan prototype. Selain dengan prototype, teknik apa lagi yang mas lakukan ketika apply job?

Teknik yang lainnya sama aja sperti kebanyakan. Bikin cover letter, cantumin skill, tanya requirement nya dll. Tapi yang model gitu saya baru tembus setelah punya feedback bagus sama jam terbang tinggi muncul di profile ane. Sebelum itu cuma numpang lewat bikin cover letter macam gituan :D

Bagaimana cara mas menyeimbangkan proses update ilmu dan ngerjain project?

Triknya sebenarnya sederhana. Begitu ada perlu update ilmu yang sekiranya trend banget pada saat itu, saya akan mencoba mempelajari dasarnya saja dulu dan kemudian mencari job yang sesuai dengan skill tadi. Jadi, saya bisa belajar lebih dalam sekalian dibayar. Sedikit deg-degan sih kalau stuck, gimana jadinya kalau dapat feedback jelek? Jadi ada sensasi nya gitu :D Tapi, positifnya jadi terpacu harus beres.

Kalau typical kegiatan sehari-harinya gimana mas?

Kegiatan sehari harinya saya pagi sholat terus pakai sepeda ontel keliling sebentar sampe jam 6 an. Sarapan, ngantar istri kerja, trus jam 9 mulai nyalain PC. Kadang sore sampai malem masih kerja walau sebentar bentar ditinggal karena client aktifnya mulai jam segitu. Paling banter jam 11 malam baru selesai off matiin PC.

Jalan-jalan ke pinggiran kota.

Ada saran-saran buat yang baru mau mulai kerja remote?

Kuncinya menurut saya, bekerja sebagai freelance model nge-bid job di marketplace serperti upwork, elance dan lain lain adalah HARUS SABAR. Karena, pada awal-awal karir kita, mungkin tidak akan selalu langsung berhasil begitu nge-bid job langsung dapat.

Tetapi, ada kalanya harus menunggu satu bulan baru dapat first job. Tapi ini tidak baku juga, ada yang cuma satu kali ngebid langsung goal. Tergantung banyak faktor yang mempengaruhinya. Dan, bagus juga punya satu pegangan skill yang mumpuni untuk bertarung dengan pelamar pelamar lainnya. Jika kita tidak punya job history atau feedback sebelumnya, harus kreatif bikin cover letter yang out of the box, semisal tadi bikin dulu apa yang diminta baru submit apply job.

Saya sarankan cari kerjaan yang nilainya kecil-kecil saja untuk membangun reputasi profile yang ampuh. Atau yang lebih ekstrim lagi Anda boleh tulis dengan font bold gede garansi uang kembali bila tidak puas di cover letter Anda. Cara yang terakhir saya sarankan hanya kalau anda sudah sangat frustasi gak tembus-tembus jadi resiko ditanggung sendiri :D

Kontak:
Facebook: https://www.facebook.com/ashadi.cahyadi
Upwork: https://www.upwork.com/freelancers/~014dd96cc7c79ed315


Remote Voice adalah rubrik interview developer remote Indonesia di group Kami Kerja Remote di FB. Mau belajar kerja remote? Join Kami Kerja Remote!


(sponsor) Buku Menyelami Framework Laravel

Edisi kali ini disponsori oleh buku Menyelami Framework Laravel. Berisi 740+ halaman penjelasan komprehensif dan aplikatif menguasai framework Laravel 5.2. Download sekarang!


Suka interview ini? Klik ❤ agar temen-temenmu juga tahu!

Kami Kerja Remote

Join us! http://www.facebook.com/groups/kami.kerja.remote

Rahmat Awaludin

Written by

Developer, author, teacher & father. http://malescast.com | rahmat.awaludin@gmail.com | +628112071744

Kami Kerja Remote

Join us! http://www.facebook.com/groups/kami.kerja.remote

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade