KelasKita adalah media sosial untuk memudahkan Anda membuat atau mengikuti kelas belajar secara online dan interaktif bersama peserta didik, teman, komunitas dan dunia.

Halo teman belajar

Kita membuat publikasi di Medium!

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
— Pramoedya Ananta Toer

Kutipan tersebut membuat saya semakin semangat menulis. Meskipun kita bukan siapa-siapa, bukan apa-apa, selagi tulisan yang kita buat bermanfaat, pasti akan sangat membantu untuk pembaca yang menikmati nya.

Untuk mengawali tulisan pertama di publikasi ini, sebagai informasi, tulisan-tulisan yang dipublish disini, merupakan hasil cross-posting dari KelasKita Blog, tapi dikhususkan untuk tulisan yang membahas tentang teknis. Kebanyakan tentang teknologi web dan pengembangan tampilan-akhir.

Mengapa kita membuat publikasi di Medium? Karena kita ingin lebih merangkul para pembaca — khusus nya untuk mereka yang antusias dengan teknologi — yang berada diluar lingkungan KelasKita. Maksud saya, jika saya membuat tulisan di blog KelasKita, maka hanya para pembaca blog KelasKita saja (dan tentu nya pengguna KelasKita) yang bisa ‘menemukan’ tulisan tersebut.

Beda ketika saya ‘publish ulang’ juga di Medium. Spreading the word. Orang-orang yang mungkin ‘belum’ menjadi pengguna KelasKita/pembaca blog di KelasKita, bisa menemukan tulisan yang dipublish di KelasKita Blog tentang proses teknis.

Belajar hal baru setiap hari

Terkadang kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari sesuatu. Di KelasKita, kamu bisa mempelajari hal baru dimana saja, dan kapan saja.

Kamu bisa mempelajari kelas-kelas yang ada di KelasKita, berdasarkan minat yang kamu suka. Statistika, Seni, Psikologi, Bahasa, Pemrograman, Desain Grafis, Dll? Silahkan pilih sesuai dengan minat yang kamu suka.

Namun, untuk mempelajari sesuatu, butuh keinginan yang kuat dan waktu yang pas untuk mempelajari tersebut. Apakah materi yang ingin saya pelajari ini menarik? Apakah 4 jam cukup untuk mempelajari materi tersebut? Dan lain-lain.

Kita — tidak semua pastinya — memiliki masalah tersebut. Meskipun di KelasKita ada overview dari kelas yang akan kita pelajari, yang berarti kita diberikan ‘perkenalan’ akan kelas yang akan kita pelajari, terkadang itu saja tidak cukup.

Itulah mengapa, kita membuat publikasi ini. Jika kamu kurang puas melihat overview, bagaimana jika kita berikan garis besar? Bingung? Mari kita ilustrasikan.

Kamu ingin mempelajari Tutorial CRUD di Laravel 5.5, di deskripsi kelasnya: Tutorial CRUD dengan Framework Laravel 5.5 dengan membuat sebuah blog, dan di overview nya:

  • Mempelajari Materi Tutorial CRUD Laravel 5.5
  • Mengerjakan Test Tutorial CRUD Laravel 5.5
  • Bertanya kepada pengajar
  • Bersosialisasi dan berbagi info seputar topik Tutorial CRUD Laravel 5.5 dengan peserta & pengajar

Begitupula ada daftar materi pelajaran yang akan kamu pelajari. Pertanyaan nya:

  • Apakah kamu tau Laravel?
  • Apa itu Laravel?
  • Bagimana cara instalasi Laravel?
  • Mengapa menggunakan Laravel?
  • Kapan saya harus menggunakan Laravel?
  • Siapa yang menggunakan Laravel?

Dan lain-lain. Salah satu nya agar kita tau apa yang akan kita pelajari, tidak sekedar hanya belajar karena ikut-ikutan mengikuti tren. Ketika kamu sudah tau tentang Laravel dari tulisan yang dipublish/cross-posting di publikasi ini, dan kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Laravel, kamu bisa mengikuti kelas yang ada di KelasKita, berdiskusi dengan pengajar atau komunitas di KelasKita, atau menjawab kuis yang ada untuk sekedar hiburan atau mengukur seberapa jauh pengetahuan/pemahaman kamu tentang materi tersebut.

Ilustrasi tersebut hanya contoh, tentu nya kamu bisa memilih lebih luas materi yang kira-kira kamu minati.

Kami butuh kamu

Tidak semua orang bisa belajar. Beruntung nya kita yang mempunyai akses internet cepat, memiliki gadget, dan memiliki ilmu yang Alhamdulillah sudah kita pelajari.

Bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung? Akses internet lambat? Gadget terbatas? Belum bisa belajar secara formal? Kurang menyukai sistem pembelajaran formal (yang diajarkan di bangku pendidikan)? Malu untuk belajar karena usia? Dan lain-lain?

Salah satu misi KelasKita adalah membuat proses belajar & mengajar menjadi lebih mudah, dan terjangkau. Setiap orang bisa belajar tanpa harus menggunakan seragam formal, tanpa harus terikat dengan jam pelajaran, dan tanpa harus berangkat ke tempat belajar.

Dan kamu, bisa mengajar meskipun belum memiliki gelar sebagai Guru. Karena pelajaran, tidak selalu didapat dari guru. Pengalaman saja bisa menjadi guru yang terbaik, masa kita enggak bisa?

Kamu menguasai sesuatu? Silahkan bagi pengetahuan kamu dengan mereka yang belum mengetahui nya. Kamu mengetahui sesuatu tapi belum menguasai nya? Silahkan bantu mereka yang memiliki kesulitan dengan sesuatu yang kamu ketahui. Kamu belum menguasai dan mengetahui sesuatu? Silahkan kamu bisa belajar dan berbagi dengan pembelajar yang lain :)


Tulisan ini adalah perkenalan awal tentang mengapa publikasi ini dibuat, serta perkenalan singkat tentang KelasKita dan Visi nya (bagi kamu yang belum tau). Semoga apa yang kita bagikan bermanfaat dan menjadi amal baik untuk membuat hidup kita lebih baik lagi.

Thanks to M Asep Indrayana by reading this draft before published and he is text me: ‘okay riz’.