Tentang Belajar Dan Mempelajari Hal Baru

Pendidikan adalah senjata paling kuat yang dapat digunakan untuk mengubah dunia — Nelson Mandela

Tentang Belajar

Dari SD sampai SMA, kita telah mempelajari sesuatu yang baru. Perkalian dan pembagian ketika SD, Ilmu Pengetahuan Alam ketika SMP, atau Biologi ketika SMA. Kita di bangku ‘Sekolah’ mempelajari banyak sesuatu agar kita mengetahui minat & bakat kita itu ada dimana.

Baru ketika kita mulai memasuki perguruan tinggi, kita akan mempelajari sesuatu tersebut secara menjurus. Jika kamu minat & bakat nya di Ekonomi, maka di perguruan tinggi kamu tidak akan mempelajari tentang Biologi, ataupun fisika.

Tapi… Bagaimana jika saya belum mengetahui minat & bakat saya, sedangkan sebentar lagi saya akan memasuki dunia perkuliahan? Atau… Bagaimana bila saya tertarik dengan Bahasa Arab, sedangkan kuliah saya mengambil jurusan Teknik Elektro?

Untungnya di era digital seperti sekarang, kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah berkat teknologi yang disebut Internet. Apapun yang ingin kamu tau, kamu bisa cari di Internet menggunakan sebuah mesin pencari. Kamu masih SMA tertarik untuk mempelajari Bahasa Jepang, sedangkan di sekolah kamu tidak ada mata pelajaran nya? Kamu bisa cari di Internet.

Kamu seorang Mahasiswa Manajemen Ekonomi dan tertarik untuk mempelajari pemrograman? Kamu bisa cari di Internet. Semua orang tidak boleh ada batasan untuk belajar; entah kamu masih SMP atau sudah berumur 33 tahun, memiliki rezeki yang terbatas atau lebih dari cukup, tinggal di kota ataupun di desa: belajar adalah hak setiap orang. Dengan teknologi internet kita bisa mempelajari apapun, selagi memiliki akses internet. Dan sebagian besar masyarakat Indonesia pasti memiliki akses internet.

Dan salah satu misi KelasKita adalah untuk memudahkan kamu mempelajari sesuatu kapanpun, dimanapun, dan untuk siapapun.

KelasKita memberikan pengalaman belajar seperti di sekolah, namun tidak seperti sekolah.

Kamu bisa berdiskusi tentang pelajaran bersama teman belajar lainnya atau langsung ke pengajarnya, namun tanpa khawatir akan malu untuk bertanya.

Kamu bisa mempelajari sesuatu yang kamu inginkan, namun tanpa harus khawatir minggu depan ujian sedangkan kamu belum benar-benar menguasai materi.

Kamu bisa mengukur tingkat kepamahaman kamu akan suatu materi dengan mengerjakan tes, namun tanpa khawatir mendapatkan nilai yang kecil dan dimarahi oleh orang tua.

Kita ingin menghilangkan rasa malu bertanya tersebut (jika kamu memiliki kesulitan atau hanya penasaran tentang mengapa ‘ini’ dan mengapa bukan ‘itu’) , itulah mengapa setiap kamu bertanya maka kamu akan mendapatkan poin. Kita ingin kamu belajar sebenar-benarnya belajar bukan belajar hanya karena untuk ujian, itulah mengapa kamu bisa mengulang materi yang ada sampai kamu benar-benar mengerti. Kita ingin kamu benar-benar memahami sesuatu, itulah mengapa kamu bisa mengerjakan tes disini. Dan tidak perlu susah-susah ‘nyontek’ ke teman kamu agar mendapatkan nilai besar. Nilai hanyalah sebuah angka.

Jadi, jika kamu membaca tulisan ini dan belum menjadi bagian dari KelasKita, daftar sekarang agar bisa merasakan pengalaman yang sudah saya ceritakan diatas dan yang belum saya ceritakan. Dan kamu bisa lanjutkan kembali membaca tulisan ini.

Jika kamu sudah mendaftar menjadi bagian dari KelasKita, kamu bisa melanjutkan membaca tulisan ini.

Tentang mempelajari hal baru

Pendidikan berkembang sangat cepat, dan kami butuh bantuan kamu agar kami bisa mengikuti perkembangan nya. Dulu ketika saya SMA di pelajaran komputer, saya hanya diajarkan tentang Microsoft Office, Excel, dan Powerpoint. Mungkin sekarang telah diajarkan bagaimana cara membuat gambar menggunakan Corel Draw, atau bahkan membuat sebuah program/aplikasi.

Mungkin kamu pernah mencari kelas di KelasKita, dan kamu tidak mendapatkan hasil dari kelas yang kamu cari tersebut. Atau mungkin kamu telah mempelajari sebagian besar yang ingin kamu pelajari, dan masih haus akan ilmu baru yang ingin kamu pelajari. Kamu bisa memberikan usulan disini :)

Akhirnya sampai di paragraf terakhir. Kamu bisa bagikan tulisan ini dan memberitahu tentang KelasKita ke temen kamu yang ingin mempelajari sesuatu yang mereka minati. Jika kamu memiliki masukan untuk KelasKita, kamu bisa kirim email ke support@kelaskita.com, atau bisa kirim email ke fariz@kelaskita.com bila ingin lebih personal. Email kamu pasti kami baca dan akan kami balas sesegera mungkin.

Yang terakhiiiiiiiir, kamu bisa follow Facebook dan Twitter KelasKita untuk mendapatkan informasi terbaru seputar KelasKita, atau bisa follow Instagram kami untuk mendapatkan pengetahuan baru dengan singkat. Keep learning something, and something new!

Regards.


Originally published at kelaskita.com.