Cara Tepat Merawat Meja Marmer & Granit

Batu marmer dan granit cukup sering digunakan sebagai meja dapur atau counter top. Kedua jenis batuan ini memang dianggap kuat sehingga cocok digunakan di area dapur. Meski begitu, batuan tetaplah batuan. Marmer dan granit memiliki pori-pori yang jika terkena cairan bisa membuatnya kusam atau berubah warna.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga meja marmer tetap bersih dan indah. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

Bersihkan Meja Secara Intensif

Marmer sangat sensitif dengan noda. Karena memiliki pori, noda mudah menyerap dan bisa menyebabkan permukaan kusam atau berubah warna. Segera bersihkan meja yang terkena noda agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Beberapa jenis noda yang biasa menempel pada meja adalah:

- Noda makanan dan minuman, seperti jus, teh dan kopi.

- Noda minyak

- Noda tinta

- Goresan yang disebabkan perabot dapur

Bersihkan Dengan Kain Basah dan Kering

Untuk menghindari permukaan marmer tergores, selalu gunakan kain lap lembut. Basahi kain dengan air hangat dan bersihkan marmer secara perlahan. Lap marmer dengan gerakan memutar pada bagian yang bernoda dengan sedikit tekanan ekstra. Setelah itu, bersihkan kembali meja marmer menggunakan lap kering.

Melindungi Marmer Dari Goresan

Untuk lebih mempercantik meja, biasanya orang akan meletakkan beberapa aksesoris pendukung seperti vas bunga dan lain sebagainya. Agar meja tidak mudah tergores, gunakan kain pelapis pada bagian bawah aksesoris tersebut. Menggunakan taplak meja juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk Anda.

Membersihkan Noda Dengan Bahan Rumahan

Membersihkan noda yang menempel pada marmer tidaklah sulit. Ada beberapa bahan rumahan yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan meja marmer, mulai dari baking soda, sabun cuci piring, dan lainnya.

Itulah beberapa cara merawat meja marmer yang tepat agar tidak mudah rusak.

Kemilau Marmer

Kemilau Abadi Marmer adalah unit usaha di bidang jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso, ubin tegel, acian, beton dan keramik premium.

Kemilau Abadi Marmer

Written by

Kemilau Marmer

Kemilau Abadi Marmer adalah unit usaha di bidang jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso, ubin tegel, acian, beton dan keramik premium.

More From Medium

More on Kemilau Marmer from Kemilau Marmer

More on Kemilau Marmer from Kemilau Marmer

Fakta Menarik Lantai Teraso. Sudah Tau?

Top on Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade