Tips Membuat Profil Upwork Yang Akan Meyakinkan Calon Client Anda

Seperti yang saya janjikan pada artikel saya yang sebelumnya tentang bagaimana saya mendapatkan $17,000 pada tahun pertama saya di Upwork

Pada artikel ini saya akan membagikan tips untuk membuat profil Upwork anda menarik dan menarik calon client anda. Semua poin dalam artikel ini penting jadi semakin banyak yang anda terapkan maka akan semakin baik.

Tanpa panjang lebar kita akan langsung menuju ke poin pertama.

1. Foto Profil

Foto adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh client anda karena itu anda harus memastikan foto yang anda gunakan terlihat professional. Foto profil yang saya sarankan adalah foto close up wajah yang jelas dan pastikan ekspresi anda juga bagus.

Contoh foto profil ~ Upwork Highest Paid Author

Seperti contoh foto profil diatas, anda tidak harus menggunakan pakaian formal atau jas. Tujuan kita disini adalah foto yang jelas dan professional dan jangan lupa senyum 😁.

2. Title / Tagline

Kedua adalah title / tagline yang biasanya berada di bawah foto profil anda. Anda harus membuat tagline yang sesuai dengan bidang anda. Selain agar mudah ditemukan, tagline yang tepat akan membuat client anda mengetahui apa keahlian anda.

Saya akan menggunakan tagline saya sebagai contoh. Bidang pekerjaan saya adalah WordPress dan tagline yang saya tampilkan adalah sebagai berikut

Contoh tagline

Dengan menggunakan tagline diatas, target saya adalah agar client mengenal diri saya sebagai seorang WordPress Expert sehingga client yang memerlukan developer WordPress akan cenderung memilih seorang expert dibidang WordPress.

Saya menggunakan kata “Expert” bukan karena saya benar-benar merasa seorang expert dan sangat ahli di bidang WordPress, tetapi expert bagi saya adalah mampu menyelesaikan masalah dan pekerjaan yang diberikan oleh client. Diluar itu saya hanya menggunakan “Expert” sebagai bahasa marketing yang membantu saya meyakinkan client.

Sebagai contoh tambahan: Misalkan bidang anda adalah SEO dan salah satu skill anda adalah menulis content website. Maka beberapa tagline yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut

  • SEO & Content Marketing Specialist
  • SEO Specialist & Content Marketing Specialist
  • SEO Specialist & Expert Copywriter
  • Copywriter & SEO Expert
  • dll, anda bebas berkreasi dengan tagline anda selama tagline anda mudah dimengerti dan berfokus pada bidang keahlian anda.

3. Overview / Detail Profil

Pada bagian ini anda harus memperkenalkan lebih detail lagi tentang diri anda dalam bahasa dan penulisan yang benar dan tidak terlalu panjang. 
Pada bagian ini anda harus bisa menjelaskan:

  • Siapa anda
  • Pengalaman anda
  • Apa keahlian anda
  • Apa saja yang bisa anda lakukan
  • Kenapa client harus meng-hire anda

Tidak perlu takut / ragu untuk meniru (bukan copy paste tapi amati tiru dan modifikasi) beberapa bagian dari profil orang lain. Anda bisa mencari inspirasi dengan membuka profil Upworker lain pada bidang yang sama dengan anda.

Dan anda juga tidak perlu malu untuk terlihat “sombong” atau “over confident” di profil anda, selama itu benar-benar sesuai dengan anda. Yang anda lakukan disini adalah “berjualan” jadi fokus saja pada target anda.

Contoh profile overview

4. Video Profile

Video profil akan memberi nilai tambah yang sangat besar untuk profil anda, terutama untuk anda yang baru memulai dan belum memiliki banyak review, saya sangat menyarankan anda untuk segera membuat video profil. Video profil akan membuat client anda lebih tertarik dan lebih mempertimbangkan memilih anda karena video menunjukan keseriusan dan ke profesionalan anda.

Untuk saat ini belum terlalu banyak Upworker yang menggunakan video profile sehingga ini bisa menjadi kesempatan anda untuk stand out dan mendapatkan client anda. Saya sendiri belum menggunakan video profil karena kebetulan profil saya sudah memiliki beberapa review positif dan belum mencari project lain untuk saat ini.

Upwork juga memberikan tips untuk membuat video profil yang bagus dan profesional yang bisa anda baca di https://www.upwork.com/hiring/for-freelancers/stand-out-introduction-video/

Dan contoh video profil juga mudah anda temukan di youtube menggunakan keyword “Upwork Video

5. Portfolio

Pada bagian ini anda bisa melampirkan portfolio project yang pernah anda kerjakan baik didalam maupun di luar Upwork beserta keterangannya. Pada keterangan portfolio anda bisa menjelaskan sedikit tentang client anda, penjelasan teknis dan apa role / peran anda pada project tersebut.

Saran dari saya pastikan anda mengupload portfolio terbaik saja.

Contoh keterangan project

6. Skills & Tests

Saya menjadikan Skills & Tests satu bagian karena keduanya berkaitan, jika anda mengerjakan test pada skill yang anda pilih maka pada box skill anda akan ada indikator tested yang menunjukan bahwa anda sudah mengerjakan test untuk skill ini sekaligus skor yang anda dapat.

Tested!

Untuk test sendiri anda bisa mengerjakan test dari bidang apapun, tetapi saya menyarankan untuk anda mengerjakan test bahasa Inggris dan test yang sesuai dengan keahlian anda.

Jangan ragu untuk mengerjakan test karena jika anda merasa skor test anda kurang, anda bisa memilih untuk tidak menampilkan skor test tersebut. Dan anda bisa mengulangi test lagi setelah beberapa waktu (kalau tidak salah 1 bulan).

7. Sertifikasi

Bagi saya, bagian ini merupakan yang tersulit tapi juga merupakan bagian yang cukup penting karena Upwork hanya menerima sertifikat yang resmi dari penerbit sertifikat seperti: Google, HubSpot, Cisco dll.

Sehingga untuk anda yang bekerja dibidang yang memiliki program sertifikasi seperti: Google Adwords, Google Analytic, HubSpot Marketing dan lain lain. Anda HARUS mencoba mengikuti course dan programs sertifikasi yang sebagian besar bisa anda lakukan dengan gratis.

8. Riwayat Pekerjaan, Pendidikan dan Pengalaman lain

Pada bagian ini, sama seperti CV pada umumnya, anda bisa mencantumkan riwayat hidup anda dan memberikan penjelasan singkat untuk tiap riwayat.


Demikian tips membuat profile Upwork dari saya, semoga bisa memberikan inspirasi & ide yang berguna untuk profile Upwork anda.

Jika anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini, silahkan post pertanyaan anda di kolom komentar dibawah supaya tidak ada pertanyaan yang saya lewatkan 🙇‍♂

Saya juga memulai sebuah publication di Medium Kerja Remote 101 yang nantinya saya akan menulis lebih banyak artikel lagi yang berkaitan dengan kerja remote yang saya harap bisa membantu anda yang ingin atau sedang berkerja secara remote.

Jangan lupa follow saya dan Kerja Remote 101 untuk mendapatkan pemberitahuan setiap saya memposting artikel baru.


Terima kasih sudah membaca artikel saya. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share pada sosial media anda agar orang lain lebih mudah menemukan artikel ini.