Baru Bekerja 2 Bulan, Bisakah Pengalaman tersebut Dimasukkan ke Data Pribadi?

Inok Anggrahini
Kerjabilitas
Published in
2 min readNov 15, 2017

Tanya:

Hai Admin Kerjabilitas, saya mau bertanya. Saya pernah bekerja sebagai Agen Media Sosial di salah satu bank swasta. Setelah bekerja selama 2 bulan, saya memutuskan untuk resign. Saya merasa saya kurang mampu dan tidak dapat beradaptasi dengan baik selama saya bekerja di bank tersebut. Hal yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya dapat memasukkan pengalaman saya bekerja di bank swasta tersebut ke dalam Data Pribadi (Curriculum Vitae) saya meskipun pengalaman kerja saya hanya 2 bulan. Saya khawatir perusahaan lain tidak dapat menerima saya. Terima kasih.

(F — Tuli, 30 tahun, melalui Facebook Kerjabilitas)

Jawab:

Halo Fitri, pertama-tama terima kasih sudah mengirimkan pesan kepada kami. Kami sangat senang bahwa kamu sebelumnya pernah diterima untuk bekerja di bank swasta dengan posisi Agen Media Sosial. Saran kami untuk pertanyaan kamu adalah kamu dapat memasukkan pengalaman kerja kamu di Data Pribadi (Curriculum Vitae) kamu, karena bagaimanapun itu adalah pengalaman kerja yang sudah pernah kamu alami, meskipun baru dua bulan. Kamu juga dapat menuliskan di situ tanggung jawab pekerjaanmu secara keseluruhan selama 2 bulan kamu bekerja itu, yang meliputi tugas keseharian kamu selama bekerja.

Mengenai kekhawatiranmu bahwa perusahaan tidak akan mau menerima kamu karena kamu hanya mempunyai pengalaman bekerja selama 2 bulan, jangan terlalu memikirkan hal tersebut karena ketika nanti kamu dipanggil untuk wawancara atau seleksi di calon perusahaan barumu, kamu dapat menjelaskan hal tersebut. Namun bolehkah kami tahu, apa yang kamu maksud dengan kurang mampu dan tidak dapat beradaptasi dengan baik? Jika itu karena kondisi disabilitasmu, kamu bisa langsung menanyakan hal tersebut kepada pihak manajemen. Namun jika itu karena kompetensi yang kamu miliki, sesungguhnya kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan rekan kerjamu, agar pekerjaan yang ditugaskan padamu bisa kamu selesaikan dengan baik. Ingatlah bahwa pekerjaan pertama memang penuh tantangan, namun selalu luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal baru untuk menunjang peningkatan kapasitasmu.

Tetap semangat Fitri, semoga kamu segera menemukan karir cemerlang yang cocok dengan dirimu.

Salam Kerjabilitas.

--

--