MASA DEPAN LEBIH BAIK BERSAMA KERJABILITAS.COM


“Saya mengetahui Kerjabilitas dari internet. Ketika itu Kerjabilitas kalau tidak salah baru launching sekitar 1,5 tahun yang lalu. Saya mencari melalui Google; lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas”, ujar Adhy.

Adhy Rahadhyan, seorang penyandang disabilitas daksa, menceritakan pengalamannya menggunakan akun Kerjabilitas.com untuk mengirim lamaran ke perusahaan yang diminatinya. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai asisten pengajar di sebuah kampus swasta di Bandung [FH1] selama kurang lebih 1 semester untuk mata kuliah Cyber Media dan sebelumnya juga pernah magang sekitar 3 bulan sebagai Staf Admin Humas di Polda Jawa Barat. Adhy termasuk seorang yang gigih dalam mencari pekerjaan. Sebelum mengetahui Kerjabilitas.com, ia juga sempat melamar ke beberapa portal pencarian lowongan kerja untuk umum. Setelah melihat Kerjabilitas, ia tertarik untuk mendaftar karena Kerjabilitas merupakan jasa penyedia kerja khusus untuk penyandang disabilitas.

Menurut Adhy, menggunakan akun Kerjabilitas saat ini sangat mudah jika dibandingkan dengan 1,5 tahun lalu saat pertama kali ia membuka akun Kerjabilitas miliknya. Sekarang bahkan banyak fitur-fitur baru yang lebih memudahkan penggunanya seperti email dari Kerjabilitas yang lebih sering diterima oleh user jika dibanding dulu. Adhy pun berbagi pengalamannya mendapatkan info lowongan pekerjaan dari Kerjabilitas.com melalui emailnya. “Waktu itu sekitar akhir September 2016, saya mendapatkan email dari Kerjabilitas mengenai posisi Admin Staff HRD & Recruitment di P.T. Eigerindo MPI. Saya langsung apply pada malam harinya melalui Kerjabilitas.com”, ujar Adhy.

Setelah menunggu kurang lebih 2 minggu, Adhy mendapatkan panggilan pertama kali ke tahap psikotest dan wawancara dengan tim HRD. Dari sana ia harus menunggu 1 minggu lagi hingga kemudian dihubungi kembali oleh pihak perusahaan untuk mengikuti wawancara tahap kedua dengan pihak manajemen P.T. Eigerindo MPI. Selanjutnya, Adhy mendapatkan pemberitahuan dari pihak P.T. Eigerindo MPI bahwa ia diterima untuk bergabung sebagai staf administrasi di bagian HRD & Training di perusahaan tersebut. Tentunya Adhy sangat bersyukur dan bahagia sekali karena dapat diterima bekerja di salah satu perusahaan retail terkemuka. Ia mulai masuk bekerja pada tanggal 24 oktober 2016. Hari pertama bekerja Adhy merasa sangat excited, karena lingkungan di P.T. Eiger MPI sangat terbuka dan menerima Adhy. P.T. Eiger MPI memiliki value yang menurut Adhy sangat keren, yaitu love atau kasih.

Berangkat dari kisah suksesnya mendapatkan karir impian di P.T. Eigerindo MPI, Adhy ingin membagikan tips untuk teman-teman penyandang disabilitas agar lamaran kerja dapat menarik perhatian HRD perusahaan. Pertama kita harus melengkapi data diri kita sebagai pencari kerja di akun Kerjabilitas.com agar perusahaan dapat melihat profil kita secara jelas dan juga jangan lupa untuk mengunggah Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang menarik, baik dari segi tampilan maupun isinya. Usahakan tidak terlalu panjang dan gunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

Terkait pengalaman dalam menghadapi wawancara dengan perusahaan, Adhy berdoa kepada Tuhan dan juga mempersiapkan mental. Menurutnya yang jelas kita harus percaya diri dan jangan minder. Adhy juga menceritakan pengalaman menariknya saat proses wawancara yang kedua. “Tentu saja ada yang berkesan, yaitu ketika saya melakukan proses interview dengan top management di P.T. Eigerindo MPI. Rasanya seperti sidang skripsi untuk kedua kalinya”, ujar Adhy.

Sejauh ini Adhy nyaman dengan pekerjaannya di P.T. Eigerindo MPI. Ia juga sudah menduduki posisi yang baru di sana yaitu sebagai staf di bagian Recruitment & Assessment Centre. Impiannya saat ini adalah mengembangkan karir secara profesional dan terus menggali ilmu baru yang tidak ia dapatkan di bangku kuliah dulu.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.