Memulai Perjalanan Karir dari Komunitas Gamedev

Haikal Danung T
Kolektif Gamedev
Published in
4 min readMay 27, 2024
Photo by Kylie Lugo on Unsplash

Sebagai mahasiswa angkatan 2020, perjalanan akademis saya dimulai dengan penuh harapan dan ambisi. Namun, dua tahun kemudian, pada 2022, saya menemukan jalan baru yang mengubah hidup saya: bergabung dengan komunitas Indie Games Group Indonesia (IGGI).

Pertemuan pertama dengan komunitas ini membuka jalan menuju karir saya dan memberi saya banyak pengalaman tak terlupakan, sampai akhirnya saya dapat pekerjaan di salah satu studio game ternama di Indonesia.

Awal Mula di Tahun 2022: Bertemu dengan Komunitas Indie Games Group Indonesia

Pada 2022, saya menghadiri meetup IGGI pertama kali di kantor Google Indonesia. Sebagai pemula yang penasaran dengan dunia game development, saya merasa menemukan tempat yang tepat.

IGGI adalah komunitas dengan orang-orang yang punya minat sama, semangat tinggi, dan pengetahuan luas tentang industri game. Setiap pertemuan nggak cuma memperluas wawasan saya, tapi juga memperkenalkan saya ke banyak orang hebat yang berkontribusi dalam industri game Indonesia.

Keterlibatan awal saya di komunitas ini memberikan banyak wawasan tentang dunia game indie. Saya belajar tentang proses pengembangan game, tantangan yang dihadapi oleh pengembang indie, dan cara mengatasinya. Selain itu, saya juga dapat banyak saran praktis dari teman-teman komunitas yang lebih berpengalaman.

Facebook

Langkah Lebih Jauh di Tahun 2023: Menjadi Volunteer Indie Games Group Indonesia

Sebagai mahasiswa yang awalnya tidak tahu banyak tentang pengembangan game, saya merasa tertarik untuk membantu teman-teman lain yang ingin masuk ke industri game. Oleh karena itu, pada tahun 2023, saya memutuskan untuk aktif menjadi volunteer di Indie Games Group Indonesia.

Selama menjadi volunteer, saya belajar banyak tentang keterampilan manajemen dan komunikasi. Saya bekerja dalam tim, mengkoordinasikan berbagai tugas, dan menghadapi berbagai tantangan logistik. Pengalaman ini sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan untuk bekerja di lingkungan profesional yang dinamis.

Puncak Perjalanan di Gameseed 2023: Menjadi Tim Pelaksana

Grand Final GAMESEED 2023, Tangerang Selatan

Tahun 2023 jadi tahun yang sangat berkesan ketika saya dipercaya jadi salah satu tim pelaksana acara besar: Gameseed 2023.

Gameseed adalah acara yang diselenggarakan oleh AGI (Asosiasi Game Indonesia), Kemenparekraf, dan IGGI, untuk menginspirasi dan mendukung para pengembang game indie pemula di Indonesia lewat seminar, inkubasi, dan kompetisi.

Sebagai anggota tim pelaksana, saya terlibat dalam berbagai aspek perencanaan dan penyelenggaraan acara. Saya memastikan semua kebutuhan teknis terpenuhi dan bekerja keras bersama tim agar acara berjalan lancar dan sukses.

Mimpi yang Terwujud: Indonesian Game Exchange (IGDX) 2023 di Bali

Salah satu momen terbaik selama di komunitas IGGI adalah ketika saya bisa menghadiri Indonesian Game Exchange (IGDX) 2023 di Bali bareng tim IGGI. IGDX adalah salah satu acara terbesar di industri game Indonesia yang mempertemukan pengembang, penerbit, dan pemain dari seluruh negeri.

IGGI Goes to IGDX2023

Buat saya, menghadiri acara ini adalah mimpi yang jadi kenyataan. Di sana, saya bisa bertemu dengan banyak profesional di industri game, belajar banyak dari mereka, dan dapat wawasan berharga tentang tren terbaru dalam pengembangan game.

Tawaran Pekerjaan dari 3 Studio Game di Tahun 2023

Nggak lama setelah acara IGDX 2023, saya dapet tawaran kerja dari tiga studio game ternama di Indonesia. Ini momen yang bikin bangga sekaligus bingung karena saya masih kuliah semester 7.

Setelah mikir-mikir berbagai faktor seperti visi perusahaan, budaya kerja, dan kesempatan buat berkembang, akhirnya saya pilih salah satu studio yang paling cocok dengan tujuan dan nilai-nilai saya.

Storytale

Refleksi dan Harapan Masa Depan

Perjalanan saya dari seorang mahasiswa yang penasaran hingga menjadi bagian penting dari komunitas pengembang game di Indonesia adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Komunitas IGGI telah memberi saya lebih dari sekadar pengetahuan dan pengalaman; mereka memberi saya keluarga baru dan landasan yang kuat untuk membangun karir di industri game.

Melalui keterlibatan saya di IGGI, saya belajar bahwa kunci sukses tidak hanya terletak pada keterampilan teknis, tetapi juga pada jaringan, kolaborasi, dan semangat untuk terus belajar dan berbagi. Saya berharap dapat terus berkontribusi pada komunitas ini dan melihat lebih banyak talenta-talenta baru bermunculan dan berkembang.

Untuk para mahasiswa dan individu yang baru memulai perjalanan mereka di industri apa pun, saya ingin berbagi pesan ini: jangan pernah ragu untuk terlibat dalam komunitas. Temukan orang-orang dengan minat yang sama, belajar dari mereka, dan jika memungkinkan, berikan kontribusi balik. Komunitas dapat menjadi kunci yang membuka pintu menuju masa depan yang cerah dan penuh peluang.

--

--