Akhirnya, Penulis Indonesia Bisa Dapat Penghasilan dari Medium

#600: Medium Partner Program sudah tersedia untuk kita dan mudah diikuti

Ivan Lanin
Komunitas Blogger M
4 min readAug 15, 2024

--

Ilustrasi: Pixabay/Pexels

Kamis pagi, 15 Agustus 2024, saya bungah menemukan “Indonesia” akhirnya tertera sebagai pilihan negara pada laman pendaftaran Medium Partner Program (MPP). Sejak kabar bahwa Indonesia termasuk dalam tambahan 77 negara dalam program itu beredar, tiap hari saya memeriksa laman pendaftaran itu. Tiap hari pula saya gigit jari. Kamis itu, segala kekecewaan sirna. Penantian telah usai.

Belum jadi anggota Medium? Pertimbangkan, ya. Sementara itu, lanjutkan baca gratis melalui tautan ini.

Tombol “Next” saya klik setelah memilih “Indonesia” sebagai negara lokasi bank. Layar laptop saya menampilkan tulisan “Congrats! You’re eligible to join Medium’s Partner Program.” Tiga syarat pendaftaran sudah diberi tanda centang: anggota berbayar Medium, satu tulisan dalam enam bulan terakhir, dan bank di negara yang menerima pembayaran. Setelah mencentang kotak pernyataan berumur 18 tahun atau lebih dan persetujuan atas persyaratan program, saya mengklik “Enroll now” dengan berdebar-debar.

Ada dua pengaturan pembayaran yang perlu dilengkapi dan diverifikasi. Saya pilih yang lebih mudah dahulu: informasi wajib pajak (taxpayer information). Dalam sekejap, informasi…

--

--

Ivan Lanin
Komunitas Blogger M

Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang berlatih bercerita setiap hari