Lendo Novo Yang Saya Kenal

IDEN
Komunitas Blogger M
2 min readAug 29, 2021

“Don’t grieve. Anything you lose comes round in another form.” ― Rumi

Lendo Novo Sosok Inspiratif Di Balik Sekolah Alam

Kabar mengejutkan datang pada tanggal 22 Agustus 2021 ini. Seorang tokoh penting yang menginspirasi dalam gerakan pendidikan Indonesia dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Saya mengenal beliau sejak pertama bergiat di Sekolah Alam Bandung. Saya kira beliau selalu ada di Sekolah Alam Bandung, ternyata dugaan saya salah. Beliau tidak bisa ditemui begitu saja, agendanya padat dan terutama domisili beliau di Jakarta.

Untungnya saya pernah bertemu langsung dengan beliau. Pada beberapa kali forum Sekolah Alam, baik yang diadakan secara terbatas untuk Sekolah Alam Bandung maupun oleh Jaringan Nasional Sekolah Alam Nusantara.

Sebut saja seperti Jambore Siswa Sekolah Alam, maupun seminar, pertemuan dan forum diskusi guru, serta forum-forum lainnya baik resmi maupun tidak resmi, baik disengaja maupun tidak sengaja bertemu dalam sebuah acara lain. Bersyukur bisa langsung bertatap muka untuk berdiskusi seputar gerakan pendidikan alternatif di Indonesia.

Seringkali saya menemukan pemikiran-pemikiran menarik seputar pendidikan anak untuk Indonesia. Ia membawa angin segar untuk sebuah perubahan dalam cara mendidik. Jika sebelumnya terpatok pada konsep sekolah yang standar, Bang Lendo memberikan alternatif bernama Sekolah Alam.

Sebuah bentuk sekolah yang berbeda, sekolah yang menjadikan alam sebagai ruang kelasnya. Sekolah yang tidak hanya mendidik aspek akademis namun juga aspek lainnya seperti aspek motorik, aspek ahlakul karimah, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Hal yang sangat berbeda tentu saja dengan sekolah pada umumnya.

Konseptor Sekolah Alam

Lendo Novo, seringkali memanggil dirinya Abang adalah seorang konseptor Sekolah Alam. Ia merintis Sekolah Alam di Indonesia dengan pendekatan alternatif yang menarik. Hal yang menarik buat saya adalah ketika ia mengemukakan bahwa visi pendidikan sama dengan visi penciptaan manusia dan misi pendidikan sama dengan misi penciptaan manusia. Itulah pesan kuat yang tertanam dalam diri saya saat itu.

Sekolah Alam kini berkembang pesat, hampir di setiap daerah telah berdiri sekolah alam. Baik yang sudah berada dalam Jaringan Nasional Sekolah Alam Nusantara maupun yang sedang merintis dan mengembangkan sekolah alam.

Originally published at http://www.iden.web.id.

--

--