Bagian 1: Apa itu Kotlin?

Pada Google I/O 2017 lalu, Google dengan resmi menyatakan Kotlin sebagai bahasa pemrograman resmi dalam pengembangan aplikasi Android. Hal ini diikuti dengan akan rilisnya Android Studio 3.0 yang telah mendukung penggunaan bahasa pemrograman Kotlin.

Kotlin merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berjalan di atas Java Virtual Machine (JVM), yang dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan yang juga membuat IntelliJ IDEA. Bahasa ini bisa dibilang merupakan penyempurnaan dari bahasa pemrograman Java untuk pengembangan aplikasi Android. Meskipun begitu, bagi developer yang sudah terbiasa dengan Java tak usah khawatir, karena Java dan Kotlin bisa digunakan berbarengan dalam satu project. Jadi developer juga tak perlu khawatir dalam hal library, karena library Java bisa langsung digunakan bersamaan dengan Kotlin. Disamping itu, dalam praktiknya Kotlin lebih mudah digunakan dan dipelajari. Strukturnya pun sangat mirip dengan Swift, sehingga developer iOS pun dapat dengan mudah mempelajari Kotlin.

Adapun beberapa perbaikan dalam bahasa Java yang diatasi dengan baik di Kotlin:

Apa yang tidak dimiliki Kotlin dan dimiliki oleh Java:

Apa yang dimiliki Kotlin dan tidak dimiliki oleh Java:


Di bab selanjutnya, kita akan mulai dengan cara konfigurasi Kotlin pada Android Studio sehingga dapat mulai digunakan untuk pengembangan aplikasi Android.



Intro | Bab 2: Konfigurasi Kotlin