A. Ica N.
A. Ica N.
Aug 3, 2018 · 2 min read

Kalau dengar kata Hainan, tentu yang terbayang adalah sebuah wilayah di daratan Cina. Hainan adalah kepulauan yang terletak di wilayah paling Selatan Cina.

Secara logika berarti, Nasi Ayam Hainan asalnya dari Hainan, Cina. Tapi tahu kah Kulinas, Nasi Ayam Hainan ini rupanya sempat menjadi rebutan hak otentikasinya oleh berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, hingga Thailand. Loh kok bisa?

Nah, Kulinas bisa bayangkan sendiri deh betapa lezatnya Nasi Ayam Hainan ini hingga diperebutkan haknya oleh beberapa negara sekaligus.

Awalnya, Nasi Ayam Hainan tentu saja dibuat oleh orang-orang asli Hainan, Cina. Ayam dimasak dengan cara tradisional mereka: utuh bersama tulang. Ayam direbus hingga mengeluarkan kaldu kental. Setelah ayam empuk, baru ditiriskan, lalu dipotong-potong. Kuah kaldu kental tadi kemudian digunakan sebagai bahan memasak sup untuk sayur pelengkapnya. Sedangkan berasnya dimasak menggunakan santan kelapa, supaya nasi lebih liat dan gurih.

Orang-orang Hainan ini kemudian merantau ke daerah Nanyang, Singapura. Mereka masih menggunakan teknik memasak tradisional namun mulai menambahkan cita rasa lokal seperti, menambahkan bawang putih dan jahe saat merebus ayam pertama kali. Atau teknik baru yang mereka gunakan adalah merendam ayam utuh yang sudah matang ke dalam air es, sehingga kulit ayam bisa menjadi sangat licin dan kenyal seperti agar-agar.

Begitu juga orang Hainan yang pergi merantau ke Malaysia dan Thailand. Mereka semua masih melestarikan masakan tradisional Ayam Hainan, namun dengan beberapa penyesuaian lokal. Sebab itulah, Nasi Ayam Hainan seolah menjadi masakan tradisional di Malaysia, Singapura, dan Thailand juga.

Seiring dengan perkembangannya, ayam yang disajikan dalam Nasi Ayam Hainan tidak hanya ayam rebus, melainkan juga ayam panggang. Ayam yang dipilih pun ayam muda, sehingga tekstur daging ayam menjadi lebih lembut.

Waaahhh… Kulinas bisa bayangkan kenikmatannya? Jadi lapar ya? Ingin coba Nasi Ayam Hainan? Sama.

Untungnya, Kulinas gak perlu repot-repot cari Nasi Ayam Hainan sendiri… Kulina yang akan antar menu satu ini ke meja kerjamu waktu makan siang! Eits, ya tapi langganan dulu dong buat minggu depan 😉

Kuy, kita cari tahu cita rasa yang jadi rebutan negara-negara itu kayak apa?

Sumber:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/09/asal-usul-nasi-hainan/
https://www.wisatasingapura.web.id/2009/05/24/hainanese-chicken-rice-nasi-ayam-hainan-makanan-khas-singapura-singapore/

Blog - Catering Online Jakarta | Kulina

Kulina adalah situs pesan dan langganan katering makan siang dari dapur mitra pilihan. Kami mengantar makanan lezat, higienis, bergizi, tepat waktu setiap hari untuk kantor-kantor di Jakarta. Menu dipilih dari kreasi para Chef dan berganti setiap hari.

A. Ica N.

Written by

A. Ica N.

Pekerja Teks Komersial.

Blog -  Catering Online Jakarta | Kulina

Kulina adalah situs pesan dan langganan katering makan siang dari dapur mitra pilihan. Kami mengantar makanan lezat, higienis, bergizi, tepat waktu setiap hari untuk kantor-kantor di Jakarta. Menu dipilih dari kreasi para Chef dan berganti setiap hari.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade