Kultur Ekstensif
Published in

Kultur Ekstensif

6 Songs to Know ONAR

Get to know the hip-hop collective ONAR through their favorite music

Sejak didirikan pada tahun 2015, ONAR dikenal sebagai sebuah kolektif yang menjadi garda terdepan gelombang hip hop modern Indonesia hari ini. Bermula dari sebuah tongkrongan, ONAR tidak tentang segelintir rapper yang membuat musik Hip Hop namun juga para seniman lintas disiplin yang saling mengisi dalam membuat karya secara komunal.

Di penghujung tahun 2021 ini, ONAR tercatat sebagai salah satu kolaborator Fashfuturfest (FFFEST), sebuah festival belanja virtual berbasis 3D yang hadir dalam upaya membantu brand-brand lokal untuk bertahan dan memasarkan produknya di masa pandemi. Bersama brand-brand seperti Gold.inc Elhaus, Jovem, dan Sevmid untuk membuat produk-produk menarik yang dapat dibeli via website resmi FFFEST.

Dalam rangka meramaikan FFFEST, kelima member ONAR yakni Laze, Aryo, Shotgundre, Ayub John dan Abim berbagi 5 lagu favorit mereka masing-masing serta satu lagu yang mewakili pertemanan mereka kepada Kultur Ekstensif. Simak 6 Songs to Know ONAR berikut ini:

1. Laze: Jay Z - “Show Me What You Got”

Yang bikin gue suka dengan lagu ini adalah karena production garapan Just Blaze yang megah, terutama di layer drumnya Tony Royster jr. Dengernya berasa lagi party di yacht.

2. Aryo Wismoyo: Don Blackman - “Holding You, Loving You”

Don Blackman ini musisi dan komposer, juga session musician yang pernah main bareng sama musisi besar kayak Earth, Wind & Firehingga Roy Ayers. Lagu yang judulnya “Holding You Loving You” gue pilih karena lagu cinta yang penyampaian lagunya lewat irama yang menyenangkan. Bisa buat kode-kode buat calon pasangan lo.

3. Shotgundre: Radiohead - “There There”

“There There” membuka telinga gue dan jadi gerbang masuk gue ke musiknya Radiohead. Dari situ gue lebih bisa apresiasi musik selain Hip-Hop atau Jazz. Liriknya mengajarkan gue kalau ngga semua yang kita rasakan itu berbanding lurus sama kenyataan. Just ’cause you feel it, doesn’t mean it’s there!

4. Ayub Jonn: Slipknot - “Circle”

Gue suka banget lagu “Circle”-nya Slipknot bahkan dari awal intro-nya. Suguhan elektronik yang tau-tau nyebrang ke gitar akustik sebagai badan lagu itu smooth banget. Outro-nya juga bikin gue kagum setelah gue dengerin isi lagu yang merupakan curhatan Corey Taylor tesebut.

5. Abim: BIGBANG - “Haru Haru”

Ini lagu sempurna dari boyband GOAT menurut gue. Dari melodi, struktur dan gimana GD-TOP-Taeyang-Daesung-Seungri saling ngelengkapin, sampai ke presentasinya di video klip. Bahkan kalau ngeliat konser-konsernya ini pasti jadi lagu paling bagus menurut gue di setlist mereka. BIGBANG itu salah satu yang bikin gue yakin untuk menjadi performer dengan standar yang tinggi, dan menurut gue ga pernah salah.

6. ONAR: Linkin Park - “Papercut”

Kalau kita karaokean pasti nyetel lagu ini, atau lagu Linkin Park lainnya dari album Hybrid Theory atau Meteora.

Follow Kultur Ekstensif on:
Instagram | Spotify

In collaboration with FFFEST:
Website | Instagram

--

--

An independent curatorial media that explores in-depth on culture, lifestyle and everything in between.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Jody Muhammad Ezananda

Jody Muhammad Ezananda

23, and prefer cloudy days full of grey skies.