Meningkatkan Produktivitas Software Developer dengan ChatGPT

Bagaimana saya menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan produktivitas

Fahmi Salman
Simply Life
4 min readJul 30, 2023

--

Photo by Fotis Fotopoulos on Unsplash

Sebagai seorang software developer seringkali saya menemukan masalah saat sedang mendevelop suatu aplikasi. Ketika menemukan masalah itu, biasanya saya mencoba mencari jawaban dengan bertanya pada teman ataupun mencari jawabannya di internet.

Namun, tidak jarang ketika kita bertanya kepada teman terjadi kesalahpahaman dan terkadang kalau kita terlalu banyak bertanya teman kita bisa saja menjadi jengkel. Begitu pula ketika kita mencari jawaban di Internet, terkadang cukup sulit mencari jawaban untuk masalah spesifik yang kita hadapi. Jikapun bertanya pada forum, butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan jawabannya.

Lalu muncullah ChatGPT. Saya kira kita semua tahu apa itu ChatGPT, tidak perlu saya jelaskan lagi. Dengan adanya ChatGPT, saya sangat terbantu untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan banyak waktu untuk berfikir sehingga bisa mempersingkat waktu saya untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Berikut adalah hal-hal yang biasa saya lakukan dengan menggunakan ChatGPT sebagai seorang software developer untuk meningkatkan produktivitas saya.

Menjelaskan code

Mungkin kita pernah mendapatkan code yang tidak ada dokumentasi ataupun keterangan di dalamnya. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk memahami isi kode tersebut. ChatGPT bisa membantu kita untuk menjelaskan kode tersebut secara rinci.

Sebagai contoh saya mempunyai kode seperti ini

def f(x):
if x == 1:
return 1
else:
return (x * f(x-1))

Dan saya akan bertanya pada ChatGPT seperti ini

Inilah jawaban yang saya dapat.

Sangat rinci bukan, ChatGPT tidak hanya menjelaskan untuk apa fungsi tersebut, tapi juga memberikan contoh input dan output dari fungsi tersebut.

Optimasi algortima

Mengoptimalkan algoritma merupakan hal yang penting dalam suatu sistem aplikasi. Namun, menemukan algoritma terbaik atau paling efisien bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu dan pemahaman mendalam untuk bisa mengotimalkan suatu algoritma.

ChatGPT bisa membantu untuk memberikan solusi alternatif dari suatu algoritma. Walaupun dari pengalaman saya hasilnya tidak selalu memberikan performansi terbaik, namun bisa memberikan kita alternatif solusi dan cukup banyak menghemat waktu.

Misalnya, saya mempunyai kode seperti ini.

def get_books_with_letter_a():
all_authors = Author.objects.all()

books_with_letter_a = []

for author in all_authors:
if 'a' in author.name.lower():
books_by_author = Book.objects.filter(author=author)
books_with_letter_a.extend(books_by_author)

return books_with_letter_a

Dan ini hasil code yang telah dioptimasi

Mengoreksi error

Error merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari proses coding, dan debugging bisa menjadi proses yang menantang bagi developer. Terkadang kekurangan semicolon (;), bisa memakan waktu seharian untuk proses debugging. Dengan ChatGPT kita mungkin bisa mengurangi waktu tersebut.

Sebagai contoh saya mempunyai kode sebagai berikut.

def print_message()
message = "Hello, World!"
print(message)

Saya akan bertanya seperti ini.

Dan inilah hasilnya.

Membuat dokumentasi code

Selain hal-hal diatas, hal yang paling membantu saya adalah kita bisa meminta ChatGPT membuat dokumentasi kode. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa menulis kode dokumentasi adalah hal yang paling tidak disukai programmer. Selain karena cukup memakan waktu, kita terkadang mempunyai urgensi lain sehingga kadang kita membuat dokumentasi yang asal-asalan.

Sehingga terkadang dokumentasi yang kita buat lebih membingungkan daripada kode yang kita buat. Dengan ChatGPT, kita bisa membuat dokumentasi dengan cepat dan cukup lengkap, sehingga bisa memudahkan developer lain untuk memahami kode yang kita buat.

Berikut merupakan contoh dokumentasi yang dibuat oleh ChatGPT.

Dan inilah hasilnya.

Teman diskusi

Hal terakhir dari ChatGPT yang cukup membantu saya adalah mempunyai teman diskusi. Seringkali kita sebagai programmer mempunyai hambatan dan tantangan masing-masing yang membutuhkan masukan dari luar.

Terkadang kita merasa ragu untuk mengutarakan ide kita dengan orang lain. Kita bisa bertanya pada ChatGPT untuk mendapatkan perspektif baru ataupun ide-ide kreatif untuk pemecahan masalah.

Kita bisa berinteraksi dengan ChatGPT untuk menerima saran atau wawasan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru.

Sebagai kesimpulan, ChatGPT menawarkan berbagai manfaat untuk software developer. ChatGPT bisa berfungsi sebagai penerjemah kode, pengoptimasi algoritma, pemeriksa kesalahan, pembuat dokumentasi kode, bahkan teman diskusi yang ramah bagi para developer. Dengan menggunakan ChatGPT kita dapat meningkatkan produktivitas, belajar hal baru, dan mendorong pemecahan masalah inovatif dalam proses pembuatan software.

Meskipun demikian, software developer harus selalu ingat bahwa ia adalah model bahasa AI dan saran-sarannya harus divalidasi dan ditinjau ulang untuk memastikan kualitas dan kebenaran kode.

Sekian postingan saya kali ini. Jika kamu mempunyai cara lain dalam mengoptimalkan CHatGPT silahkan tulis di kolom komentar. Jika kamu merasa postingan ini menarik dan ingin memberikan dukungan, kamu bisa masuk ke Saweria atau Buy Me a Coffee.

--

--