7 Alasan Menggunakan Framework Laravel dibandingkan native PHP

1. Menghindari repetitive work

Membangun berbagai fitur di website itu cukup memakan waktu. Apalgi jika kita membangunnya sendiri. Itulah sebabnya, dalam industri web itu ada yang namanya NIH (Not Invented Here). Jadi, untuk beberapa fitur web, kita serahkan ke library lain yang bukan hasil bikinan kita.

index.php
/blog/index.php
/blog/berita/index.php
/blog/kategori/index.php
/kontak.phpdst..
Route::get('/', ...);
Route::get('blog/{blog-title?}', ...);
Route::get('blog/berita/{id?}', ...);
Route::get('blog/kategori/{id?}', ...);
Route::get('kontak', ...);dst...
  • Untuk mengetahui route apa saja yang tersedia di aplikasi, kita pun cukup membuka file routes.php.
Output dari perintah php artisan routes

2. Security

Bagi saya, keamanan aplikasi merupakan nomor satu dalam mengembangkan website. Terlebih jika website tersebut menyimpan banyak data yang sangat penting.

3. Quality

Sebagaimana saya jelaskan di poin 2. Laravel akan menjadi fondasi dari aplikasi yang kita bangun. Jika kita hendak membangun rumah, tentunya fondasi yang kokoh dan kuat akan menopang rumah yang besar. Bahkan, gedung pencakar langit sekalipun bisa dibangun diatasnya.

4. Memudahkan Teamwork

Alasan ini saya tujukan bagi Anda yang membuat framework sendiri. Saya ingin menantang Anda, seberapa cepat developer yang baru mempelajari framework yang Anda buat?

5. Interoperability

Jika Anda hendak membangun aplikasi open source, Anda harus memastikan codebase yang digunakan dipahami oleh banyak orang. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang akan berkontribusi di project tersebut.

6. Hemat Biaya

Perlu saya jelaskan lagi?? Oke, ini beberapa hal yang akan mengeluarkan biaya ketika Anda menggunakan PHP native atau membuat framework sendiri:

  • Membuat dokumentasi API framework
  • Maintenance security
  • Maintenance bug
  • Maintenance performa
  • dll.

7. Hemat Waktu

Dengan berbagai abstraksi yang dilakukan Laravel, Anda dapat lebih fokus memikirkan logic bisnis dari aplikasi yang Anda buat.

Yang saya pahami, pekerjaan web developer itu unik. Berbeda dengan pekerjaan lain yang cenderung stabil. Menjadi web developer harus siap mempelajari berbagai hal baru. Apa, bagaimana dan kenapa-nya ketika kita membuat web bisa berubah dalam hitungan bulan, bahkan minggu.

Popularitas Laravel dalam beberapa tahun ini menunjukkan ada “sesuatu” di framework ini yang bisa kita pelajari dan manfaatkan. Sekiranya kita belum berminat untuk menggunakannya di dunia kerja, tidak ada salahnya jika kita mempelajarinya. Banyak hal yang bisa kita pelajari, dari arsitekturnya, coding style, API-nya, dll. Bisa jadi, framework ini merupakan jawaban dari do’a-do’a kita tentang berbagai keluhan ketika coding selama ini.. Dah..☺


Klik cover buku ini untuk info lebih lanjut

Laravel Indonesia

Kumpulan Tutorial Laravel & Modern PHP Development

    Rahmat Awaludin

    Written by

    Developer, author, teacher & father. http://malescast.com | rahmat.awaludin@gmail.com | +6287822250272

    Laravel Indonesia

    Kumpulan Tutorial Laravel & Modern PHP Development