Pengalaman Magang sebagai Digital Marketer di Leap

Ronaldardiva
Leap Telkom
Published in
4 min readJul 26, 2023

Aku mau sharing sedikit tentang pengalamanku selama aku mengikuti Magang di Internship DDB Telkom batch April. Di program ini, aku menjadi bagian dari Leap Telkom Digital divisi Digital Market Management (DMM). Sebelum lanjut sharing pengalamanku, aku mau memperkenalkan diriku terlebih dahulu. Perkenalkan nama aku Ronald Fajar Ardiva Putra, teman-teman biasanya memanggil aku Ronald. Aku Mahasiswa dari Universitas Brawijaya, jurusan Manajemen, Program Studi Kewirausahaan, angkatan 2020. Saat ini aku sedang menjalankan semester 6 di perkuliahan.

Pada bulan Januari 2023, aku mendaftar di Internship DDB Telkom karena harus memenuhi persyaratan untuk konversi SKS di kampus. Alasan memilih mendaftar Internship DDB Telkom, karena aku sangat tertarik mempelajari Digital Marketing dan berhubung Internship DDB Telkom membuka kesempatan untuk role Marketing, maka aku memilih untuk mendaftar role Marketing di Internship DDB Telkom batch April.

Awal mulanya, aku sangat galau menunggu pengumuman penerimaan Internship DDB Telkom karena yang aku tahu pendaftar Internship DDB Telkom sangat banyak. Beberapa hari setelah aku menyelesaikan persyaratan pendaftaran, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. Di hari pengumuman, aku mendapatkan notifikasi email yang isinya aku diterima Internship DDB Telkom batch April. Kegalauan menunggu pengumuman Internship DDB Telkom pun hilang. Setelah pengumuman penerimaan, terdapat informasi lanjutan terkait acara Pisah Sambut Internship DDB Telkom yang diinformasikan melalui sosial media.

Onboarding Internship DDB Telkom dimulai pada tanggal 3 April 2023 dengan mengikuti acara Pisah Sambut Digistar Internship DDB Telkom batch April melalui Metanesia. Dua minggu awal internship, kegiatan yang dilaksanakan hanya fokus untuk pengenalan tim dan produk digital di Digital Marketing Management (DMM) Leap Telkom Indonesia. Di DMM, aku menjadi bagian dari divisi Digital Marketing Communication (DMC). Oh iyaa, aku memilih Hybrid di Jakarta untuk waktu dan tempat bekerjanya. Untuk waktu WFO (Work from Office) yang ditetapkan adalah minimal 3 kali WFO dalam seminggu.

Selama internship, aku juga diberikan fasilitas untuk bisa mengakses media pembelajaran berupa materi-materi melalui course-course yang disediakan oleh Pijar. Untuk course pertama, aku memilih untuk mengikuti course dengan materi Personal Branding. Selain Personal Branding, ada juga materi course lainnya seperti mahir SCRUM untuk pengembangan Produk Digital, Belajar mengoptimalkan Linkedin untuk meningkatkan Personal Branding dan course lainnya. Selama periode internship, terdapat kebijakan pengerjaan course, yaitu harus mengikuti minimal 3 course dalam periode 3 bulan.

First impression aku setelah onboarding, aku merasa internship di DDB Telkom ini sangat seru karena ada hal yang membuat aku sangat senang, yaitu atmosfir bekerja yang nyaman dan lingkungan yang supportive. Setelah fase perkenalan, aku mulai diberikan instruksi untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan divisi aku. Untuk permulaan, aku diberikan instruksi untuk membuat price comparison dari PadiUMKM dengan marketplace lainnya, seperti aplikasi oren. Setelah itu aku diberikan beberapa instruksi lain, seperti membuat transkrip dari wawancara yang dilakukan oleh DMM, membuat price reference untuk acara Business Matching Jawa Timur, mengolah data release dan event untuk pembuatan dashboard report dan instruksi lainnya sesuai dengan jobdesc yang diberikan.

Selain lingkungan pekerjaan yang nyaman dan supportive, ada banyak mahasiswa yang bergabung di Leap Telkom melalui internship DDB Telkom dan MSIB (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Untuk 2 bulan awal aku bertemu dengan mahasiswa yang mengikuti batch MSIB dan Internship DDB Telkom batch sebelumnya. Selama periode 2 bulan awal, aku merasa kurang berinteraksi dengan teman-teman internship di batch itu karena diwaktu itu aku jarang Work from Office. Sejujurnya, aku merasa kurang puas karena aku merasa kurang maksimal ketika aku Work from Office. Aku juga merasa kurang berinteraksi dengan teman-teman internship di batch yang Work from Home saat itu. Setelah internship batch 2 bulan awal selesai, mahasiswa internship batch selanjutnya bergabung di Leap Telkom. Untuk batch selanjutnya, aku merasa lebih puas dibandingkan dengan batch sebelumnya karena aku mulai lebih sering melakukan Work from Office sehingga lebih mendapatkan dan merasakan pengalaman bekerja secara langsung sekaligus lebih berinteraksi dengan tim DMM dan teman-teman internship Leap Telkom.

Dari awal aku mengikuti Internship DDB Telkom sampai saat ini, aku merasa sangat senang. Banyak sekali hal-hal yang aku dapatkan, mulai dari ilmu yang berkaitan dengan Digital Marketing sampai pengalaman dalam penerapan dan pengimplementasian Digital Marketing. Aku juga mendapatkan beberapa pembelajaran berupa cara berinteraksi dan cara bekerja sama yang baik dalam lingkungan pekerjaan. Selain hal-hal yang aku dapatkan, selama mengikuti Internship DDB Telkom aku ngerasa nyaman ketika bekerja karena aku merasa less pressure dan enjoy. Dibalik itu semua, diawal aku terkadang merasa kurang pencerahan karena ada beberapa momen yang memang terdapat kurang berkomunikasi dengan teman-teman internship maupun tim dari DMM sendiri terkait pekerjaan yang akan dilakukan. Setelah beberapa waktu merasa kurang pencerahan, aku mulai meningkatkan intensitas interaksi dengan teman-teman internship dan DMM supaya memudahkan proses pekerjaan.

--

--