PaDi UMKM Meraih Outstanding Award for Integrated Initiative

Anastasia Yuarswa Apritama
Leap Telkom
Published in
4 min readSep 27, 2023

PaDi UMKM mendapatkan apresiasi Outstanding Award for Integrated Initiative dalam ajang Indonesia Award 2023. Ini hal yang tak terduga menurut saya, artinya inisiatif PaDi UMKM sebagai B2B Marketplace ini diterima oleh masyarakat luas dan benar memberikan dampak positif bagi ekonomi bangsa.

Indonesia Award 2023 merupakan ajang penghargaan spesial yang diselenggarakan oleh iNews Media Group sebagai komitmen untuk memberikan penghargaan terhadap para tokoh publik di Indonesia, Kementerian, Lembaga Negara, dan para kepala daerah yang dinilai inovatif, berdedikasi, dan berkontribusi nyata bagu kemajuan pembangunan dan berdampak luas bagu masyarakat didaerah masing-masing.

PaDi UMKM mendapat penghargaan atas inovasi yang telah dibuat dalam mendukung percepatan digitalisasi bagi para pelaku UMKM melalui produk dan layanan digital yang diberikan kepada masyarakat.

Penghargaan yang diterima PaDi UMKM ini membuat saya merasa bersyukur dan tidak menyesal ketika 2 tahun lalu bergabung di sini. Selama 2 tahun ini saya benar-benar menikmati perjalanan PaDi UMKM dan senang melihat bagaimana kami bertumbuh sampai mencapai titik seperti sekarang.

Acara Penyerahan Penghargaan Indonesia Awards 2023

Awal bergabung di PaDi UMKM, saya sebagai Merchant Acquisition yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan jumlah UMKM yang bergabung di PaDi UMKM agar dapat menjadi pilihan vendor untuk para pembeli sehingga saya harus mencari cara bagaimana para pelaku usaha tertarik bergabung dengan platform kami. Mulai dari berkerjasama dengan pihak ketiga baik lembaga maupun organisasi untuk memperluas jaringan, melalukan eduksi kepada para UMKM dengan memberikan pelatihan offline maupun online dan juga terus meningkatkan layanan di platform kami agar para pengguna merasa nyaman.

Ternyata bukan hanya meningkatkan UMKM yang bergabung di PaDi saja yang perlu dilakukan, namun juga bagaimana caranya agar para UMKM yang sudah bergabung selalu mendapatkan order di PaDi UMKM. Berbagai cara kami lakukan, mulai dari membuat promosi produk para UMKM, mengadakan promo potongan harga untuk produk-produk yang ada, bahkan sampai membantu menawarkan langsung produk ke para pembeli yang sudah menggunakan PaDi UMKM.

Semakin berkembangnya PaDi UMKM, membuat para Leaders harus membagi Squad yang ada di PaDi UMKM agar semua lebih terstruktur, yaitu Squad Pre Transaction sebagai tim yang akan berada dibarisan paling depan untuk membuat para pengguna nyaman menggunakan PaDi UMKM, tidak hanya penjualnya tapi juga para pembeli. Kemudian dilengkapi oleh tim Post Transaction yang akan membuat pengguna mudah dalam bertransaksi, sehingga pembeli juga dapat melakukan order ulang ke para penjual.

Sebagai salah satu bagian dari tim Squad Pre Transaction, saya ditunjuk untuk menjadi Brand Activation PaDi UMKM. Walaupun sudah terbiasa bertemu dengan para pembeli dan penjual di PaDi UMKM, menjadi seorang Brand Activation merupakan hal yang sangat baru untuk saya dan saya rasa ini tantangan yang cukup unik.

Seperti kita ketahui Brand Activation mempunyai tujuan membuat brand lebih dikenal dan lebih hidup dalam pikiran pengguna, sehingga pengguna merasa terhubung secara emosional dengan brand tersebut. Artinya, saya punya tugas tidak hanya memperkenalkan PaDi UMKM kepada masyarakat luas, tetapi juga mengajak lebih banyak lagi perusahaan dan UMKM bergabung di PaDi UMKM.

Mungkin awalnya saya merasa ini sulit. Tapi saya tidak menyerah, sejak saat itu saya mulai mempelajari apa yang harus dilakukan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap PaDi UMKM sebagai Marketplace B2B yang sedang berkembang pesat, terlebih lagi kami mulai untuk membuka pasar ke luar BUMN. Dari mencari informasi di internet, membaca buku terkait brand awareness sampai diskusi dengan leaders. Langkah awal saya mulai dengan pengetahuan yang saya dapat.

Ternyata, apa yang saya lakukan selama ini sudah menjadi bagian dari strategi Brand Activation. Selama lebih dari enam bulan terakhir saya telah menangani kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan didukung oleh beberapa BUMN. Dalam bazar ini, PaDi UMKM menjadi salah satu platform yang digunakan untuk bertransaksi. Ini adalah langkah efektif untuk memperkenalkan PaDi UMKM kepada masyarakat, karena pengguna langsung dapat merasakan manfaatnya.

Selain bazar, kami juga sering mengadakan kegiatan Business Matching. Ini adalah bentuk nyata dari upaya kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap PaDi UMKM. Dalam kegiatan ini kami mempertemukan langsung para pelaku UMKM dengan para pembeli BUMN yang mana sesuai dengan peluang bisnisnya, membantu mereka berkembang dan sekaligus menjadi platform yang mempermudah akses pasar.

Semakin lama, semakin jelas bagi saya bahwa menjadi Brand Activation bukan hanya tentang pekerjaan. Tetapi juga tentang perjalanan yang penuh tantangan dan pencapaian. Karena apa yang sudah kami lakukan, akan berbalik ke PaDi UMKM untuk kedepannya membawa kami menjadi ekosistem pengadaan B2B nomor satu di Indonesia melalui pemberdayaan UMKM dalam pengadaan perusahaan.

Sebagai salah satu platform marketplace B2B yang mempertemukan UMKM dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta, PaDi UMKM sebagai salah satu produk unggulan dari Leap Telkom Digital (Leap) berupaya mendukung digitalisasi UMKM lewat serangkaian program. Temukan inovasi PaDi UMKM selengkapnya di sini.

--

--