Kenapa harus membudget ?

Sigit Prabowo
Life at Kemang
Published in
2 min readNov 3, 2017

ada apa dengan budget sekarang, kurang?

ilustrasi ngerapihin keuangan pribadi

melatih diri buat jadi lebih rapih emang rasanya engga gampang. seringkali kalau mau asal-asalan tentu bisa sih. ngebudgetin keuangan bulanan sendiri adalah tantangan tersendiri bagi saya. jadi saya sempet baca tuh kenapa milenial sekarang belum kepikiran buat punya aset rumah dan lain-lain selain karena emang gajinya engga gede-gede banget bisa dibaca di artikel ini

ini cuma sekedar template sederhana sekali ya, lagi coba-coba rapih aja. berikut deskripsinya

Source:
ini adalah total dana pemasukan / pendapatan, bisa berupa gaji bulanan.

sebenernya untuk pengeluaran saya membagi menjadi 3 jenis:
Keperluan Nafkah, Keperluan Investasi, Keperluan Sedekah/Berbagi

Keperluan Nafkah:
ini biasanya bisa di pecah-pecah menjadi lebih kecil break a part menjadi lebih kecil seperti buat makan sendiri, buat bantu-bantu keluarga, transportasi (kebetulan saya naik angkutan online dan kereta), kebutuhan internet
Keperluan Investasi:
termasuk kebutuhan hobi, kalau kamu suka baca buku, budget ini bisa dialokasiin buat itu, atau semisalnya buat beli beli perangkat aset yang kamu miliki. untuk bagian ini saya masih sering hati-hati supaya ga invest riba. ya nyari berkahnya aja (baca ini: Kenapa harus memelihara pemikiran?). ini bisa juga kamu isi kalau kamu mau saving (nabung)
Keperluan Sedekah:
bagian ini adalah bagian yang penting dan harus bisa seikhlas mungkin. supaya jadi motivasi untuk terus berbuat kebaikan dan mensyukuri kalau semua ini titipan

Berbagi itu ga harus nunggu kaya, milineal sekarang mungkin ga kaya kaya banget tapi setidaknya mental bersedekahnya tinggi. #ntms

Keperluan Bayar Utang (opsional):
sengaja saya ga jadiin pengeluaran utama karena lagi belajar untuk mengurangi ngutang. yaa pilihan masing-masing sih. cuma ada sesuatu yang beda saat kita ga berurusan dengan utang tiap bulannya. bagian ini bisa diisi kalau kamu lagi kredit pembelian barang atau kendaraan (kalau bisa kredit yang tanpa riba)

objective: bisa seimbang membagi pengeluaran. persen pengeluaran untuk ketiga jenis tersebut akan memberikan gambaran kita. kita lebih banyak berbagi? banyak konsumtif atau banyakan saving

saya berharap tulisan ini akan menjadi pembuka tulisan saya selanjutnya sebagai GENERASI MILENIAL yang sedang merekam fase bekerja

Jangan lupa clap, bookmark and share!

--

--