Pengalaman saya mendirikan Perseroan untuk Lunasbos

Ada yang bilang bahwa mimpi yang besar, harus dimulai dengan keberanian serta langkah yang besar. Itulah yang menjadi salah satu alasan kami memberanikan diri mendirikan Perseroan Terbatas, bukan CV. Padahal kalau dipikir-pikir, bisnis yang kami jalankan ini masih jauh dari kata “layak” seperti yang ada di benak masyarakat kebanyakan. Ya, kalau kata Junjunganque Hotman Paris, “kamu harus punya nyali”.

Banyak sekali teman-teman yang belum paham bagaimana alur proses pembuatannya. Padahal sebenarnya cukup sederhana. Maka artikel ini saya persembahkan untuk Anda pebisnis yang sudah mulai yakin akan mengembangkan usaha lebih besar lagi. Membuka banyak lapangan pekerjaan dan berkontribusi membereskan permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia.

Dalam artikel ini akan saya bagi menjadi tiga bagian, yakni Bagian Persiapan, Proses, dan Selesai. Saya tidak akan bahas secara detil, karena sudah banyak artikel yang membahas soal persyaratan apa saja, dasar hukumnya bagaimana, dsb. Yang akan saya bahas adalah secara garis besarnya saja sesuai dengan apa yang saya alami.

Bagian 1: Persiapan

Ada beberapa hal yang harus kami persiapkan sebelum mendirikan PT. Diantaranya adalah: Pemilihan Notaris, domisili perusahaan, susunan pemegang saham, modal dasar, nama perusahaan, dan tentu saja biaya.

a. Memilih Notaris

Jadi begini, dalam pengurusan PT itu tidak bisa dilakukan sendiri. Kita membutuhkan bantuan notaris. Nah, notaris ini lah yang akan mengurus semua prosesnya. Intinya kami terima jadi saja.

Kami mempercayakan hal ini terhadap ibu Dewi Karomah. Bukan tanpa alasan kami memilih beliau, kami direkomendasikan oleh Universitas Amikom Yogyakarta, karena selama ini kampus mengurus segala urusan hukum dengan beliau, jadi kami lebih enak soal pengurusan berkas-berkas, pasti beliau sudah punya berkasnya.

b. Domisili Perusahaan

Dulu ketika ingin mendirikan Perseroan, harus memiliki IMB, surat perizinan RT, RW, Desa, dll. Namun kabar baiknya aturan baru pemerintah saat ini memperbolehkan pengajuan PT dengan bertempat di Co-Working Space. Inilah yang menjadi angin segar bagi pelaku StartUp. Jadi kami menggunakan alamat Inkubator Kampus sebagai alamat kami.

c. Susunan Pemegang Saham

Menurut aturan yang disampaikan kepada kami, minimal pemegang saham adalah 2 orang. Ini sangat berbeda dengan CV yang tidak memiliki status kepemilikan saham di dalamnya. Jadi jika perusahaan pailit, harta pemilik juga akan tersita. Di dalam kepemilikan saham juga harus jelas susunan direksinya. Direktur, wakil direktur, dsb. Oh ya, yang masuk susunan direksi harus sudah punya NPWP. Selain itu bisa menyusul.

c. Modal Dasar

Ini digunakan sebagai bukti bahwa perusahaan ini di dirikan bukan cuma karena iseng saja haha, makanya harus disertai dengan adanya modal. Nah modal ini minimal adalah 50 juta rupiah. Namun namanya digunakan untuk modal, setelah di transfer uang bisa di ambil lagi kok. Kami mengajukan modal 100 juta rupiah, karena terkadang ini juga jadi pertimbangan jika Perusahaan akan menjalin kerjasama dengan pihak lain, misalnya untuk pengadaan barang atau bahkan masuknya investor.

d. Nama Perusahaan

Nah ini poin yang ingin saya tekankan kepada teman-teman. Tolonglah pilih nama-nama yang unik dan segar. Saya seringkali menemui nama PT itu kaku banget, gitu-gitu aja. Jadi cobalah berfikir diluar biasanya, cari nama yang sangat aneh, sehingga orang tuh cepet ‘ngeh ketika mendengarnya, dan cuma kamu doang yang punya :D. Misalnya: PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK), PT. Raksasa Laju Lintang (RALALI), PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (FLIP.ID), PT. Trinusa Travelindo (TRAVELOKA), dsb.

Dilarang menggunakan kata bahasa asing, ini saya sangat setuju sekali. Kemudian jika nama yang kamu usulkan sangat unik, boleh cuma 2 kata saja. Untuk cek nama sudah dipakai atau belum silakan klik: DITJEN AHU Pencarian Perusahaan

Dan saya juga mendapat saran dari Pak Arif Akbarul Huda, pembimbing saya. Bahwa jangan pilih nama Perusahaan persis seperti nama produk. Karena bagaimana jika nanti suatu saat nama produk ganti? atau bikin produk baru lagi? itu seperti mencantumkan nama mantan pacar di halaman persembahan skripsi. Nggak bisa diganti, bos haha.

e. Siapkan Biaya

Selain biaya untuk modal, kami juga harus mempersiapkan biaya jasa notaris. Ibu Dewi mematok harga 10 juta rupiah. Sebenarnya ada yang menawarkan separuhnya, namun saya lebih prefer beliau, dan terbukti hasilnya juga bagus. Soal biaya, sebenarnya ini juga bergantung daerah. Karena ini seperti jualan, harus ikuti harga pasar. Di Jakarta bisa lebih murah, sekitar 5 jutaan bahkan kadang ada yang kurang.

Nah setelah semua siap, kini masuk ke tahap selanjutnya.

Bagian 2: Proses Pengajuan

Saya bersama founder lainnya juga ditemani pembimbing dari Inkubator Amikom ketika di kantor notaris. Mungkin foto ini bakal jadi legenda, haha.

1. Datang ke Kantor notaris dan memberikan semua berkas yang telah disiapkan.

2. Kemudian notaris akan mengecek semua berkas, salah satunya adalah nama perseroan ke Kemenkumham sudah dipakai atau belum.

3. Beberapa hari kemudian setelah nama dan berkas di setujui, kami dipanggil untuk tandatangan akta pendirian. Di dalamnya berisi pernyataan, saham, dsb banyak sekali. Beliau membacakan kepada kita dan memastikan bahwa kita paham benar. Saya tandatangani dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah me-ridhoi usaha kami.

4. Selanjutnya kami membuat rekening atas nama 2 orang, saya dan ilham suaib (co-founder Lunasbos). Kemudian mentransfer uang modal sebesar 100 juta. Tapi mentransfer atas nama pemegang saham dan sesuai jumlah saham masing-masing. Gini, misalnya total saham perusahaanmu kan 100%. Pemegangnya ada 2 orang 70% dan 30% dengan uang modal 100 juta. Berarti masing-masing ada yang transfer 70 juta, ada yang 30 juta ke rekening atas nama dua orang tadi. Semoga paham sih, haha.

5. Mengirimkan bukti transfer uang modal ke notaris.

Bagian 3: Selesai

Sehari setelah transfer uang modal, akta pendirian perusahaan sudah jadi. Dan resmi PT. TUANMUDA INOVATOR PERTIWI terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Akta pendirian PT Tuanmuda Inovator Pertiwi
Perseroan sudah terdaftar di website Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum

***

Jika ada pertanyaan atau mungkin ada poin yang kurang, ayo diskusikan di kolom komentar. Dan bagi kamu yang belum tau apa produk kami, silakan klik: Lunasbos.com

Harapan saya kepada seluruh generasi muda pegiat bisnis, ayo segera legalkan perusahaanmu. Nggak harus PT, CV juga oke. Yang penting ada payung hukumnya.

Jangan takut dikenai pajak, pajak kan cuma 0.5%. Misal omset bisnismu adalah 100.000.000, paling berapa sih pajaknya? kan cuma 500 ribu aja. Jika segitu saja nggak mau, berarti sama aja mendoakan diri sendiri nggak bisa menjadi besar. Karena jangan salah, konglomerat itu bayar pajaknya Miliaran! Ayo paksa diri kita menjadi besar dengan melakukan langkah yang besar.

.

Salam Kopi Joni.