Cara Mengatasi Error Pada Default App Windows 10

Debrian R. Saragih
MahasiswaOnline
Published in
3 min readJun 18, 2018

--

Belakangan ini saya mendapati windows 10 di laptop saya mengalami error pada settingan Default App. Default App pada windows yaitu sistem yang menangani suatu tipe file akan dibuka dengan menggunakan aplikasi yang mana. Pada awalnya saya kira error ini terjadi akibat menginstall aplikasi sandboxie, yaitu aplikasi untuk melakukan isolasi sistem agar aman dari malware ataupun antivirus, karena fungsinya yang dapat melakukan backward apabila terjadi kerusakan windows.

Setelah saya uninstall aplikai sanboxie, ternyata error pada default app windows masih terjadi. Pengaturan default app di windows 10 selalu reset ke pengaturan awal setiap kali windows 10 dinyalakan. Hal ini tentu sangat merepotkan jika setiap kali windows menyala saya harus setting ulang default app di windows. Setelah mencoba berbagai cara yang ada di forum microsoft, saya menemukan solusi untuk memperbaiki error ini.

https://support.microsoft.com/en-us/help/10164/fix-windows-update-errors

Link di atas merupakan opsi langkah-langkah yang harus dilakukan agar error pada windows ini bisa terselesaikan. Dari 5 opsi yang di sediakan, permasalahan error default app ini baru bisa terselesaikan pada opsi langkah yang ke-6 yaitu dengan “Fix Windows file corruption”. Berikut ini saya penyelesaiannya:

  1. Buka command prompt dengan akses administrator, caranya klik run lalu ketik cmd, klik kanan dan pilih run as adminstrator.

2. Setelah jendela command prompt terbuka, ketik 2 perintah di bawah ini secara berurutan. Hal penting yang harus diingat bahwa 2 perintah ini harus dilakukan, dan tidak boleh hanya 1 perintah yang dijalankan.

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Tunggulah sampai perintah di atas selesai dijalankan (100% completed), lalu lakukan untuk perintah yang kedua:

sfc /scannow

Sama seperti langkah pertama, tunggulah sampai selesai baru jendela bisa di tutup. Tampilannya akan seperti di bawah ini.

Jika sudah selesai, silakan restart komputer Anda, dan atur kembali default app yang akan menghandle ekstensi setiap file. Sekian dan terima kasih.

NB: Jika cara ke-6 di atas tidak juga menyelesaikan masalah, silakan Anda coba untuk cara ke-7 dan seterusnya dari microsoft (sesuai link yang saya berikan di awal) dengan mengklik opsi NO pada pertanyaan Did this resolve the issue?

Update!

Setelah melakukan langkah di atas, ternyata error pada default apps windows 10 di laptop saya belum juga berhasil disembuhkan. Setelah saya melakukan restart keesokan harinya, semua ekstensi file kembali menjadi default. Dan setelah mengikuti langkah terakhir pada help desk windows di atas, solusi terakhirnya adalah dengan menginstall ulang windows 10-nya.

Bisa dibayangkan hanya untuk memperbaiki bug “sederhana” pada default apps windows kita harus menginstall ulang karena dari pihak mereka belum juga menemukan solusinya atau mempublish obatnya. Dengan ini saya kepikiran untuk pindah menggunakan MAC atau Linux yang katanya tidak kalah UI Experiencenya dengan windows, bahkan semakin lebih baik. Hmm..

--

--