Pengumuman: Peraturan dan Pandangan Tim Editorial MMM

Menanggapi beberapa kasus berupa permasalahan pribadi yang kemudian diatributkan kepada organisasi Merah Muda Memudar (MMM) sekaligus sebagai klarifikasi atas metode penyampaian posisi politik organisasi, kami tim editor MMM hendak menyampaikan beberapa poin di bawah ini:

1. Tim Editor MMM terdiri dari nama-nama di bawah ini:
Ester Arinamy Haloho
Perdana Putri
Ann Putri
Anindya Joediono
Satrio Pratama
Elok Pratiwi
Charlie Sanjaya

2. MMM memegang teguh prinsip bahwa feminisme adalah suatu pergerakan dengan berbagai ragam cara analisis dan pendekatan; dijiwai oleh berbagai situasi dan pengalaman hidup, diikuti oleh para pihak dengan keunikan yang berbeda-beda. Perbedaan pendapat dan cara pandang ini adalah sesuatu yang positif dan solidaritas perempuan (serta para sekutunya) harus berdasar pada persekutuan yang jujur dan konsekuen dari berbagai sudut pandang ini. Di sisi lain, MMM memahami pula pentingnya mempunyai posisi: berpartisipasi dalam perbedaan pendapat yang produktif ini menuntut posisi analitis yang teguh dan keberanian menyampaikan sudut pandang kami.

3. Untuk mengoperasionalkan kedua prinsip tersebut, MMM mengambil pendekatan komunikasi sebagai berikut:
a. Dalam posting normal, upaya kami adalah menyampaikan sudut pandang yang dalam pandangan tim editor layak disajikan untuk dan dibicarakan oleh komunitas feminis Indonesia. Post semacam ini bukan dimaksudkan sebagai posisi politik MMM yang telah final, namun redaksi MMM bertanggung jawab atas pertimbangan kami untuk menyampaikan sudut pandang tersebut. Kami sangat menyarankan diskusi yang sehat dan membangun bagi sudut pandang yang kami sampaikan melalui posting tersebut.
b. Dalam situasi tertentu MMM menyampaikan sikap organisasi dan dalam situasi tersebut kami akan memberikan tag di awal tulisan sebagai berikut:
EDITORIAL MMM

[konten post]

MMM mengambil tanggung jawab sepenuhnya sebagai organisasi atas posisi politik tersebut.
c. Respons dalam thread diskusi atas posting MMM mengikuti pendekatan yang sama. Respons dalam posting normal digunakan sebagai upaya memperjauh diskusi dan mempertajam analisis permasalahan. Respons dalam post Editorial MMM merupakan bentuk klarifikasi, respons, dan argumen dari tim editorial MMM atas nama MMM untuk memperjelas dan memperkuat posisi politik kami.

4. Pada prinsipnya, segala pendapat MMM sebagai organisasi hanya akan dipublikasikan melalui akun resmi MMM. Segala pendapat pribadi dari tim editor MMM tersebut di atas tidak merupakan posisi politik MMM dan MMM tidak bertanggung jawab atas pendapat pribadi tim editor. Namun, MMM memiliki standar integritas editor internal yang harus dipatuhi oleh semua tim editor MMM. Pelanggaran atas standar integritas tersebut akan ditindak sesuai dengan tingkat pelanggarannya dan tidak menutup kemungkinan dilakukan pemecatan dari jajaran editorial.

5. Dalam beberapa kesempatan kami temukan adanya pengasosiasian antara pendapat dari individu-individu yang bukan merupakan anggota tim editorial MMM dengan posisi politik MMM. Dengan ini MMM menyatakan bahwa pendapat dari individu di luar anggota tim editorial MMM sepenuhnya bukan merupakan tanggung jawab MMM, terlepas dari hubungan pribadi atau organisatoris lainnya antara individu tersebut dengan tim editorial MMM. Permasalahan dengan individu-individu tersebut hendaknya diselesaikan secara terpisah tanpa melibatkan MMM sebagai organisasi.

Dengan hormat,

Editorial MMM

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.