9 Rahasia Membaca Satu Buku Setiap Minggu

Akhir-akhir ini, banyak yang nanya ke gue pertanyaan yang intinya kaya gini,

“Lang, gimana sih cara lu bisa baca satu buku per minggu?”

Well, ketika gue ditanya gitu, reaksi gue hanya satu,

“Oke, nanti gue bikin artikelnya”

Ya, sesuai janji gue sekarang adalah waktunya gue bikin artikel itu. So, baca sampe abis ya! ahaha. Sebelum gue menjawab pertanyaan itu, gue pengen nanya suatu hal,

“Kenapa sih lu pengen baca satu buku per minggu?”

Jadi sebenernya, menurut gue hal yang pertama adalah lu harus tau kenapa lu harus baca banyak buku. Meski kedengerannya obvious dan “cheesy”, alasan yang kuat adalah modal pertama yang lu punya. Poin gue disini adalah sebelum lu nanya gimana caranya melakukan suatu hal, lu harus tau kenapa lu ingin melakukannya.

Buku adalah Mentor Pribadi

Kalo gue sendiri, alasannya sangatlah sederhana. Gue pengen jadi orang yang lebih baik. Dengan membaca banyak buku, gue bisa belajar dari orang-orang yang udah sukses tanpa harus ketemu langsung sama dia. Banyak pelajaran-pelajaran baru yang bisa gue dapetin dengan membaca buku apapun, mau itu berupa buku non-fiksi tentang bisnis, sampai buku novel tentang dewa-dewa yunani sekalipun. Pengetahuan baru itulah yang membuka mata gue kalo dunia ini sangat luas dan beragam. Kalo kata orang “Buku adalah Jendela Dunia.” tapi buat gue “Buku adalah Mentor Pribadi”.

Gue juga ngga tiba-tiba suka baca kok, kebiasaan ini baru gue bentuk dua bulan belakangan ini. Dari yang awalnya gue males baca buku impor karena pake Bahasa Inggris, hingga sekarang buku gue malah hampir 70%nya buku impor haha. Awalnya tuh pasti ada rasa males buat memulai dan banyak excuse lainnya yang dengan sengaja lu buat. Tapi suatu saat lu harus sadar, kalo lu ngga mulai baca sekarang, lu akan merasa stagnan dan susah buat berkembang karena hal yang lu tau hanya itu-itu aja.

Gue pernah baca suatu artikel di Medium yang bilang bahwa rata-rata CEO perusahaan Fortune 500 itu membaca 4–5 buku per bulannya atau bisa dibilang 1–2 buku per minggu. Sebuah studi juga mengatakan kalo membaca bisa bikin lu ngga cepet lupa, ngga gampang depresi dan yang paling penting membantu memilih keputusan yang lebih baik.

Nah, kalo emang baca itu bener-bener krusial buat kesuksesan dan pengembangan diri lu, gimana sih caranya biar bisa baca lebih banyak buku?

Berdasarkan pengalaman pribadi dan riset yang gue lakukan, ada 9 cara yang udah pernah gue praktekin agar bisa membaca satu buku setiap minggu dengan konsisten:

1. BELI BANYAK BUKU SEKALIGUS

Jangan beli satu buku aja, belilah sekaligus 3–5 buku. Ketika lu punya banyak buku yang belum dibaca, lu akan terpacu untuk menyelesaikan buku yang ada secara lebih cepat. Beli banyak buku juga mengeliminasi excuse “Gue ngga punya buku buat dibaca.”

2. FOKUS KEPADA SATU BUKU

Nah, ini masih jadi pro-kontra sih selama gue baca di internet, tapi kalo gue sendiri prefer buat fokus ke satu buku dibanding baca beberapa buku sekaligus pada satu waktu. Alasan gue adalah otak kita perlu waktu buat memproses informasi yang kita dapet dari buku, jadi kalo kita ganti-ganti buku yang dibaca, bukannya paham semua malah bingung nanti kalo intinya kecampur-campur.

3. BAWA BUKU KEMANA-MANA

Ini adalah salah satu yang paling penting. Lu harus bawa minimal satu buku kemanapun lu pergi. Alasannya adalah lu ngga bakal tau kapan waktu kosong lu, dan ketika lu ada waktu kosong, bacalah.

4. BACALAH PADA JAM 25

Excuse terbanyak lainnya yang sering gue jumpai adalah “Gue ngga punya waktu buat baca.” Nah, maksudnya dari baca pada jam 25 ini adalah baca jangan di waktu yang lu ngerasa sibuk. Bacalah di waktu seperti 30 menit setelah lu sholat subuh, 30 menit ketika lagi istirahat makan siang, atau yang biasa gue lakuin adalah 30 menit ketika gue pura-pura ke toilet kelas pas pelajaran ngebosenin haha. Intinya adalah baca di waktu-waktu yang ngga menggangu keseharian lu.

5. BACALAH MINIMAL 30 HALAMAN PER HARI

Buku yang gue baca biasanya berkisar antara 200–300 halaman. Jadi kalo gue mau baca 1 buku perminggu, at least perharinya gue harus baca minimal 30 halaman.

6. JADIKAN SEBUAH RUTINITAS

Ngga ada hal yang paling mudah, selain melakukan rutinitas. Ketika lu udah terbiasa sama yang namanya baca, lu ngga akan ngerasa berat lagi buat mulainya. Sebaliknya, lu bakalan nyariin kalo misalnya hari itu lu skip baca.

7. SINGKIRKAN SEGALA DISTRAKSI

Sebuah notifikasi di HP bisa memecah konsentrasi lu ketika baca. Biasakan untuk menyingkirkan segala sesuatu yang bisa mengganggu lu ketika lagi fokus baca. Cara lainnya adalah dengan baca di tempat yang sepi atau di waktu yang sepi misalnya saat subuh-subuh atau tengah malam.

8. JANGAN BACA SEPERTI ANAK SD

Ini adalah masalah yang biasa kita alamin. Meskipun katanya udah mahasiswa, cara kita baca tuh masih sama kayak anak SD. Maksudnya kita masih terbiasa baca lambat karena ngga pernah dilatih. Nah, terus gimana caranya biar bisa baca lebih cepet? Sabar bro/sis, gue bakal nulis gimana caranya biar lu bisa baca lebih cepet di artikel selanjutnya! Jadi, pantengin terus metagraf ya! haha

9. MULAILAH BERSAMA-SAMA

Buat lu yang punya excuse “Males baca ah ngga ada temennya.” Gue ada sebuah solusi buat lu. Gabunglah ke komunitas baca. Salah satu komunitas baca yang gue sendiri ikutin adalah komunitas #BacaDuaLima. Di komunitas ini, simpelnya lu harus baca minimal 25 halaman buku apapun perharinya dan harus laporan ke admin di grup lu, kalo lupa nanti adminnya bakal ngingetin kok buat baca. Konsepnya emang sederhana, tapi impactnya luar biasa buat bikin baca jadi sebuah kebiasaan. Buat yang mau join atau nanya-nanya langsung aja add line@nya di ttp://line.me/ti/p/%40dxp8534v

Nah, kan udah gue kasih tau nih rahasia-rahasianya gimana gue bisa baca satu buku per minggunya, jadi kapan kalian mau mulai baca?