Cara Bypass Error “Update Xcode 7.3 or later…”

Dicky Hermansyah
MII Cyber Security Consulting Services
2 min readDec 20, 2019

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat terkendala untuk melakukan re-jailbreak device ios saya untuk kebutuhan pekerjaan. Berhubung device ini, jarang digunakan dan saya juga tidak telaten untuk mengecas, akhirnya terjadilah device yang dalam kondisi jailed.

Sebagai informasi, device yang digunakan adalah iPhone 5 dengan sistem operasi 10.3.3 semi-untethered jailbreak, yang mana kondisi “semi-untethered” sendiri adalah kondisi dimana cydia dan hal-hal berhubungan dengan kondisi jailbreak tidak dapat dilakukan apabila device mati atau restart.

Alhasil di dalam hati saya bersenandung “aduh, gimana ini?”, apalagi setelah mendengar isu terkait kegagalan jailbreak oleh salah satu rekan saya (satria) akibat server otorisasi mengharuskan agar versi xcode update menjadi 7.3 keatas.

Setelah melakukan meditasi dan menenangkan hati, akhirnya saya mencoba untuk mencari referensi dengan keyword “error xcode 7.3” dan beruntung menemukan beberapa diskusi yang solutif dan working untuk saya yaitu pada referensi berikut ini Error Xcode 7.3 when jailbreak (IOS God Forum). Dimana salah satu member ada yang mengatakan bahwa, kita harus pasrah dengan menunggu impactor untuk di build dengan versi xcode terbaru, dan ada juga member lainnya yang mengatakan berhasil dengan tools 3utools.

Melihat dua opini yang beredar ini, tentu saja membuat saya penasaran dengan opsi kedua, dan voila!! Device saya sudah jailbroken dan dapat digunakan lagi

Penggunaan tools ini sendiri cukup mudah, dengan hanya melakukan instalasi windows (next..next..next) dan memilih menu Flash & JB > Jailbreak untuk melakukan jailbreak atau re-jailbreak. Namun, sayangnya tools ini masih belum support untuk versi diatas 12.4

Referensi

www.3u.com

https://iosgods.com/topic/114020-impactor-please-update-to-xcode-73-or-later-to-continue-developing-with-your-apple-id/

--

--