Cerita Dalam Sebuah Lagu

dion-mimalist-the-crest

Salah satu kebiasaan saya sebelum tidur adalah mendengarkan lagu. Dahulu sebelum jaman musik digital populer, mendengarkan lagu di radio merupakan ritual yang jarang untuk dilewatkan. Namun kini ketika semuanya serba digital, radio mulai ditinggalkan dan publik lebih memilih mendengarkan lagu via penyimpanan digital di ponsel masing-masing, termasuk saya.

Tapi sejak beberapa waktu lalu saya lebih memilih mendengarkan lagu melalui aplikasi musik streaming Spotify karena menawarkan fleksibilitas yang luas dalam perpustakaan musik digitalnya. Seperti hari-hari normal lainnya, malam itu saya juga mendengarkan lagu di Spotify, tema yang saya pilih adalah playlist lagu-lagu di era tahun 1950–1960an. Alasan saya memilih playlist itu adalah karena saya menyukai musik ala penyanyi J.D McPherson yang sekarang justru mulai ditinggalkan oleh pendengar dari kalangan muda.

Walaupun mata sudah mulai agak terpejam, sayup-sayup masih terdengar irama lagu-lagu di playlist itu. Sampai pada akhirnya secara tak sadar saya mendengar lirik dari lagu yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Lirik tersebut sangat menyentuh hati dan ketika pertengahan lagu saya langsung bangun untuk mencari tahu siapa penyanyi dan judul lagunya. Lagu tersebut berjudul What A Suprise dari Johnny Maestro and The Crests. Rupanya setelah saya mendengarkan lagunya sampai habis, baru kemudian saya sadar bahwa ada sesuatu yang luar biasa dalam kesederhanaan lagu lawas tersebut.

But suddenly I saw you and my world came to an end. For you were walking down the street with my best friend. What a surprise, (What a surprise), What a surprise.
- Johnny Maestro and The Crests

Lirik lagu What A Surprise bercerita tentang seorang pria yang sedang menunggu di dekat rumah sang pacar untuk janjian kencan pukul delapan malam. Ketika menunggu itu dia rupanya melihat pacarnya sedang berjalan bersama teman baiknya. Dia merasa dunia telah berakhir ketika mengetahui orang yang dia sayang itu mengkhianatinya. Kemudian pria itu melihat mereka berdua masuk ke rumah pacarnya. Sadar akan kenyataan itu dia pun tertegun dan tak terasa air menetas dari matanya. Dengan sisa-sisa kekuatannya, dia berusaha untuk mendekati rumah itu dan disana telah banyak berkumpul teman-temannya yang lain. Pria itu lantas berpikir kenapa semua orang itu diundang datang sedangkan dia sendiri tidak.

Merasa tidak dianggap dan dikhianati, pria malang itu bersembunyi dan berusaha untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Dia kemudian memutuskan untuk mendatangi langsung rumah sang pacar, lalu dengan gamang dibukalah pintu rumah itu namun apa yang kemudian terjadi bukanlah apa yang dia pikirkan sebelumnya. Teman-teman yang dia lihat tadi langsung berteriak riang gembira dan pacarnya itu langsung memeluk dan menciumnya sambil mengucapkan, Selamat Ulang Tahun. Pria itu terkejut dan berulang kali mengatakan What A Surprise. Dia tidak dapat mempercayai semua ini. Di akhir lagu, dia berujar, jika saya dapat hidup lebih lama lagi aku tidak akan (akan) pernah melupakan pesta ulang tahun yang kau lakukan untukku ini. What A Surpise.

Jujur, saya yang mendengarkan lagu itu ditengah malam tidak pernah tahu akan bagaimana ending dari cerita lagu What A Surprise tersebut. Saya seperti diajak untuk masuk ke dunia pria malang itu. Hanya dengan mendengarkannya saja saya apat merasakan bagaimana perasaan dikhianati, ditipu, ditelantarkan atau tak dianggap. Semua perasaan itu terasa sangat nyata kalau saja saya tidak mendengarkan lagunya sampai habis. Dapat dibayangkan bagaimana patah hatinya saya malam itu. Ibarat menonton sebuah film di televisi nasional yang harus terhenti karena iklan padahal sedang dalam adegan yang penting.


Bagian terbaik dari lagu What A Surprise adalah ketika pendengar “dipaksa” untuk menerima kenyataan bahwa ada cerita indah dibalik kenyataan yang terlihat pahit. Pencipta lagu itu sangat piawai menuliskan narasi lirik yang mengalir lepas tanpa balutan kata-kata nan puitis. Apa yang terjadi di dalam lagu tersebut adalah sebuah kenyataan yang sering kita jumpai setiap hari di dunia nyata. Dan di malam itu, lagu What A Surprise dari Johnny Maestro and The Crests ini sukses mengajarkan saya akan pentingnya penguasaan kontrol emosi terhadap diri sendiri dan keberanian untuk menghadapi kenyataan yang ada kalanya justru lebih indah jika kita mau sedikit saja untuk bersabar.