Moselo Expert Spotlight: Kiky Handoko

Nail Artist / Moselo Expert

Bagaimana awal mula mendalami nail art?
Awalnya bermula dari hobi mengumpulkan nail polish saja. Siapa sih perempuan yang tidak ingin punya kuku-kuku yang cantik? Saya suka sekali dengan berbagai nail polish, dan betul-betul menjadi kolektor saat itu. Kemudian saya berpikir, kenapa tidak sekalian saja saya mencoba membuat kreasi desain kuku yang saya inginkan? Dari situ saya mulai belajar nail-art dan terus berkreasi sampai sekarang.

Dua tahun yang lalu saya mulai hanya dengan nail polish biasa, dengan desain nail art yang sederhana. Tetapi semakin saya belajar, maka semakin saya ingin tahu lebih dalam dan mencari tantangan yang lain, sampai akhirnya saya menemukan teknik nail art menggunakan gel polish.

Ada tingkat kesulitan yang berbeda dalam menggunakan teknik ini, dan untuk bisa menguasainya merupakan tantangan yang menarik bagi saya. Ternyata kesulitan ini sepadan, karena kreasi gel polish nail art saya menjadi salah satu favorit klien, karena desainnya yang unik dan tahan lama.

Nail Arts by Kiky Handoko

Apa yang paling menjadi inspirasi kamu untuk menekuni nail art?
Karena ini berawal dari sesuatu yang memang saya sukai, jadi tidak sulit untuk tetap punya passion saat terus belajar dan berkarya di bidang ini. Tetapi yang terpenting, klien selalu menjadi sumber inspirasi saya.

Biasanya mereka akan mempercantik kukunya untuk acara spesial, jadi seringkali saya mencari inspirasi dari tema acaranya, dan tentu saja ada unsur kepribadian klien yang saya berikan pada desain nail art-nya, sehingga tetap unik dan personal.

Dari awal hingga sekarang, bagaimana kamu menghasilkan karya yang lebih baik lagi?
Ketika berbicara tentang karya dan kreasi, itu melibatkan proses pembelajaran yang terus berjalan, endless. Ketika saya baru mulai, hanya dengan mencoba-coba mengkreasikan nail polish biasa dan memadankan warna. Kemudian ada teknologi gel nail polish, yang lebih apik untuk nail art dan lebih tahan lama juga.

Bahkan sekarang sudah ada teknik nail art dengan nail extension, yang bisa menciptakan kuku cantik secara instan. Untuk bisa menguasai banyak skill ini tentunya membutuhkan banyak kesabaran dan passion untuk terus belajar. Saya tidak sabar menanti akan ada apa lagi di industri nail art!

Nail Arts by Kiky Handoko. (Dion Wiyoko & Fiona Anthony Wedding)

Sebagai nail artist, hal apa yang paling menantang dan bagaimana kamu mengatasinya?
Tantangan terbesar untuk saya tentunya untuk bisa selalu menghadirkan ide baru untuk setiap nail art, karena tidak ada nail art yang sama.

Namun fokus saya selalu adalah untuk membuat klien senang di hari istimewanya. Itulah yang selalu membuat saya bisa menciptakan desain baru yang sesuai dengan ekspektasi klien dan tidak pernah kehilangan ide.

Melihat mereka senang, memberikan saya kepuasan pribadi yang tentunya sepadan dengan usaha saya dalam menciptakan nail art-nya.


Temukan lebih banyak lagi tentang karya Kiky Handoko di Moselo. Download Moselo di iOS dan Android untuk bertanya langsung dengan Kiky mengenai nail art dan jasa yang ditawarkan.