My New Role: Talent Management

Misbakhul Mustofin
Mustofin
Published in
2 min readNov 13, 2019

Senin sore, 11 November 2019, tiba-tiba saja dipanggil oleh tim HRD dan Vice President Engineer untuk diskusi di sebuah ruangan. Singkatnya, aku diberi tanggung jawab untuk ikut jadi bagian HRD. Dengan berlandaskan hasilku sebagai Internship Manager, mereka ingin aku create something juga di ranah karyawan.

Keesokan hari aku langsung dibriefing oleh salah satu anggota HRD tentang SOP dalam HRD. Tak sampai sehari aku pelajari, langsung aku membuat konsep talent management di DOT Indonesia. Aku buat diagram visual Big Picture, Goal, dan sebagian Input dan Process. Tak lupa aku juga mulai membuat slide untuk nanti aku presentasikan ke tim manajemen dan bisa jadi ke karyawan juga.

Dalam Big Picture, aku pecah talent management menjadi 3 bagian, yaitu: Input, Process dan Goal. Goal adalah harapan atau tujuan yang harus dicapai oleh seluruh karyawan bersama dengan perusahaan, dengan lambang emoticon smile yang bermakna kebahagiaan. Input adalah semua hal seputar talent pooling dan rekrutmen, dengan lambang icon user yang menggambarkan input berupa orang. Dan Process adalah semua hal yang harus dilakukan untuk mencapai goals dengan input yang ada, dengan lambang siklus yang bermakna proses yang terus berputar atau berulang.

Ilustrasi DOT Talent Management Concept

Yang menarik dari ini adalah ketika merumuskan goals dari konsep ini. Aku harus mempelajari konsep atau filosofi lain agar aku bisa merumuskan dan membuat konsep goals tersendiri yang pas untuk DOT Indonesia. Aku mempelajari konsep dari jepang yang bernama Ikigai, mendengarkan ceramah, sampai dengan mencari tahu tentang tashrif lughowi dalam bahasa Arab dan bertanya ke orang-orang terdekat yang bisa aku tanya pada saat itu. Hingga pada akhirnya aku ilustrasikan goals ke dalam bentuk Heksagon. Namun aku belum bisa share secara rinci tentang goals tersebut 😊.

Next apalagi yang akan aku lakukan, aku sendiri juga masih penasaran. So let’s Learn, Create and Impact.

--

--