Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Naufaldi Rafif Satriya
Naufaldi Note
Published in
3 min readMay 24, 2018
“Three people reading and taking notes at an old wooden table outdoors” by Alexis Brown on Unsplash

Berhubung mendekati semester akhir. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk belajar bahasa inggris lebih intensif. Dengan menggunakan audio book, saya mencoba untuk belajar listening dan menambah daftar vocabulary saya. Untuk itu saya akan mencatat beberapa situs audio book beserta dengan bukunya.

Sherlock Holmes — Case of Identity

Audio : https://www.youtube.com/watch?v=Ycc_r410wyc

Book :https://sherlock-holm.es/stories/pdf/a4/1-sided/iden.pdf

Sherlock Holmes — A Scandal in Bohemia

Audio : https://www.youtube.com/watch?v=DNeoBxwCSrU

Book : http://www.eastoftheweb.com/short-stories/UBooks/ScanBohe.shtml

List akan bertambah seiringnya dengan saya mendengarkan audio book tersebut.

Update Juli 2018

Selain menggunakan Audio Book untuk Improve Skill saya dalam bahasa Inggris , saya juga menonton beberapa Channel Youtube dan TED Talk untuk meningkatkan Vocabulary dan berbicara dalam bahasa Inggris.

1. English with Lucy

Tautan : English With Lucy

Kalau belajar dengan menggunakan kanal youtube English With Lucy, maka kita akan belajar untuk memahami bahasa inggris tetapi UK bukan US. Mulai dari accent orang inggris sampai dengan berbicara dengan nada UK bukan US. Tetapi, dengan kanal ini termasuk salah satu kanal youtube yang menurut saya mudah untuk dipahami. Selain karena Lucy orangnya cantik (haha) juga dalam pelafalan bahasa inggris dengan pelan-pelan sehingga kita bisa mengerti dan memahami setiap kata yang diucapkan.

Materi yang disampaikan pun meliputi

  • Vocabulary
  • Grammar
  • Speaking Skills
  • Story Telling
  • Interviews
  • British Expression

Catatan : Setiap saat, saya menonton video 2 kali. Pertama tanpa menggunakan subtitle bahasa inggris. Kedua menggunakan subtitle inggris agar saya bisa belajar listening sekaligus memastikan kebenaran dengan menonton video kedua.

2. Linguamarina

Tautan : Kanal Linguamarina

Jika tadi adalah British , maka kita akan belajar bahasa inggris dengan menggunakan accent , gaya bicara Amerika. Yaitu melalui kanal youtube Linguamarina. Saya sendiri belum mencoba kanal ini, namun mendapatkan rekomendasi dari kawan twitter saya untuk mencobanya.

Materi yang dipelajari meliputi :

  • Speak English like Native
  • How Learn English Fast
  • Motivation and Planning
  • TOEFL Score
  • Pronounce

3. TED Talk

Tautan : TED Talk

TED Talk merupakan salah satu situs online yang menyajikan berbagai macam video dalam bahasa inggris dengan berbagai macam materi. Mulai dari Bisnis, Teknologi, Sains dan lain lain. Nah, keunggulannya adalah TED ini selain memberikan kita pengetahuan , juga menyediakan Transcript dari Video yang ada. Sehingga kita akan dengan mudah memahami setiap ucapan dari narasumber. Sekaligus, kita belajar mendengarkan bagaimana orang orang native berbicara.

Saya sendiri, mendengarkan video TED Talk, sangat berat. Sebab, ada kalanya video tersebut susah untuk saya pahami. Mulai dari materi yang asing, dan kejelasan narasumber dalam berbicara. Namun, ada kalanya saya dalam saya mendengarkan video tersebut. Saya menjadi paham terutama video-video yang masih ada kaitannya dengan bidang saya seperti teknologi.

Saya pun menonton video yang berdurasi kurang lebih 15 menit. Selain itu, saya juga mencoba menonton video 2 kali. Pertama tanpa subtitle. Kedua dengan menggunakan subtitle. Setelah menontonnya, saya akan menulis ulang / merangkum video TED Talk tersebut yang bisa kawan kawan baca di Blog saya , KuReview. Hal ini untuk menguji pemahaman saya da melatih saya menerjemahkan transcript bahasa inggris kedalam bahasa indonesia.

Update Agustus 2018

Ebook Grammar

1. TOEFL LONGMAN

2. Kaplan TOEFL Vocabulary Quiz Book

Kawan kawan ada rekomendasi cara belajar bahasa inggris secara otodidak? Yuk share dengan komentar dibawah ini. Tetapi jangan menyarankan melalui film atau game. Karena hal itu akan memakan banyak sekali waktu. Ini yang saya pelajari dari Bu Lucy. haha

Yuk jadikan bahasa inggris sebagai bahasa ketiga. Tentu setelah bahasa daerah, bahasa Indonesia lalu bahasa Inggris.

--

--