Belajar Membuat Sepeda Sendiri (Bagian 1)

Arzy M
Ngepit.id
Published in
2 min readJul 30, 2019

Berawal dari sulitnya menemukan frame sepeda model balap di akhir tahun 2014, aku memutuskan untuk membuat frame sepeda sendiri.

Frame sepeda besi.

Dari pengrajin besi di daerah bantul atas rekomendasi Mas Bagso.

“Coba bikin aja zi di Mas Kus aja, nanti tak bantuin desain sepedanya,” saran Mas Bagus Prakoso Gunawan kepadaku.

Tanpa ba-bi-bu, besoknya aku langsung memburu Mas Bagso buat nge-desain frame sepeda yang sebenarnya terinspirasi dari Pias Scarab.

Berhubung desain Scarab yang detail nggak tersedia secara publik, jadinya desain mengambil inspirasi dari All City Macho Man

All City Machoman, sumber: Bikerumor. Bukan sepeda saya,

Keren sih, ekspektasi yang tinggi membuat aku terlena seakan sepeda yang bakal jadi besoknya bakal se-macho kayak gambar di atas.

Sengaja aku tunggu Mas Bagso buat nyelesain desainnya, biar besoknya bisa langsung aku bawa ke bengkel.

Dari desainnya sendiri sih terkesan kokoh dan gagah seperti di bawah.

Desain sepeda yang terinspirasi dari Macho man

Bermodalkan desain dari Mas Bagus Prakoso Gunawan, aku beranikan datang sendiri ke bengkel Mas Kus.

“Mas, aku mau bikin sepeda nih. Ini desainnya dari Mas Bagso,” kataku sambil menyodorkan desain ke Mas Kus.

Juga dengan ekspektasi selesai dalam beberapa minggu saja.

Dengan lega hati, aku tinggalkan bengkel dengan harapan besok bisa liat sedikit proses.

Besoknya belum ada proses sih.

(Bersambung ke bagian selanjutnya)

--

--

Arzy M
Ngepit.id

Trying to learn Project and Product Management