#MerdeQA: Bagaimana Cara Saya Belajar Menjadi Software Tester

Fachrul Ch
Ngetest Bareng Fachrul
5 min readJan 18, 2023

Seandainya saya menjadi fresh graduate di 2023 bagaimana cara saya belajar Software Testing?

Salam,

Di tulisan kali ini adalah versi update dari artikel lama saya tahun 2019 lalu Saya Software Quality Tester baru, bagaimana cara saya memulai?

Saya akan menuliskan panduan tentang bagaimana saya yang sekarang menjawab pertanyaan dan menyusun program belajar untuk saya sendiri di Universe lain, seandainya menjadi seorang fresh graduate di tahun 2023 (atau switching carrer menjadi Software Tester/QA)

  • Apa bedanya Software tester dengan QA, SDET, Test Engineer?
  • Apakah menjadi Software Tester menjanjikan?
  • Kerjaan nya seperti apa?
  • Keahlian apa yang harus dikuasai?
  • Mesti jago koding ga sih?
  • Bagaimana cara belajar keahlian teknis?
  • Bagaimana langkah selanjutnya?
  • Persiapan interview sebagai Software Tester?

Saya percaya ilmu yang dipelajari secara otodidak bisa menempel bisa lebih dalam, karena kita perlu membayarnya dengan komitmen dan kerja keras selama belajar mandiri, kita sendiri yang menentukan kesuksesan program belajar otodidak, MerdeQA!

Semua sumber belajar yang saya bagikan disini bisa diakses secara gratis (mungkin terbatas login), sekali lagi bayar dengan komitmen kamu menyelesaikannya ya

Oke kita mulai dari tanya jawab soal QA dulu baru ke tutorial ya

Apa bedanya Software tester dengan QA, SDET, Test Engineer?

Hmm ini yang menarik dari dunia Software Testing, ada berbagai istilah untuk menyebut profesi ini, terkadang beda tipis dalam penerapannya, jadi sejujurnya ini bisa kita abaikan saja, makanya saya lebih senang menyebutnya dengan istilah umum saja Software Tester, walaupun lumrah juga orang bilangnya QA, untuk lebih jelasnya bisa saya rujuk ke artikel dari rekan saya dulu disini: The problem with titles for testers

Apakah menjadi Software Tester menjanjikan?

Tentu, saya percaya sekarang kita sudah memasuki era digital, semua perusahaan konvensional pun sudah lama memiliki program transformasi digital, mereka berlomba membuat aplikasi digital, akan sangat diperlukan talenta-talenta muda di bidang teknologi.

Proses testing merupakan salah satu bagian yang penting dalam software development life cycle, saya yakin akan selalu dibutuhkan sosok penguji yang handal dalam tim development hebat.

Kerjaannya seperti apa?

Hmm ada banyak sebenarnya, analisa business requirement, menjankan pengujian aplikasi, bereksperimen dengan berbagai macam test cases, dll tapi sederhananya seorang Software Tester harus orang yang berfikir kritis memikirkan dampak negatif dan risiko dari implementasi perubahan, senang bereksperimen untuk cari masalah.

Di artikel sebelumnya ada sebuah mindmap yang menarik tentang aktivitas rutin Software Tester:

source: https://automationhacks.medium.com/the-problem-with-titles-for-testers-85a701f17b82

Waduh banyak amat!

Iya gitu deh, profesi Software Tester memang perlu berbagai kombinasi keahlian, karena profesi ini beriirisan juga dengan yang lain, seperti Developer, PM, Designer, IT Operations, dll.

Tapi ga usah takut, tidak harus semua bisa sekaligus, bahkan saya kenal banyak QA di level Manager yang tidak memilikinya, saya sendiri pun sekarang banyak yang ga bisa atau cuma pengetahuan dangkal saja, apalagi untuk level junior/fresh graduate, santai saja, semua perlu waktu untuk mempelajari nya, syukur-syukur lingkungan kerja sangat mendukung untuk training kamu agar bisa belajar menguasai cabang-cabang itu.

Keahlian apa yang harus dikuasai?

Mindset seorang tester itu berbeda dengan seorang developer, sebagai Tester kamu harus bisa melihat dari berbagai sudut pandang dari suatu hal, untuk menemukan masalah, mencari cela, dan parnoan (takut) aplikasi/fitur itu nanti mengecewakan konsumen, dibungkus dengan keahlian komunikasi dan politik kantor yang di atas rata-rata 😅

Oia ada referensi artikel bagus dari Mas Krisnawan Hartanto nih SECURE: Mindset Framework for Software Tester.

Mesti jago koding ga sih?

Harusnya iya, karena keahlian koding ini akan membisakan kamu membangun berbagai tools yang menunjang proses testing sehari-hari, ke depannya akan dibutuhkan tim yang fullstack, harus serba bisa dalam menyelesaikan masalah.

Tapi menurut saya, ga perlu jago banget, cukup bisa aja, dan bisa googling skill yang mumpuni 😂

Bagaimana cara belajar keahlian teknis?

Oke kita bagi ke dalam beberapa sudut keahlian teknis yang dibutuhkan ya

  1. Fundamental Software Tester

Memahami metode pengujian, teori dan ilmu di profesi testing itu penting, agar kamu tidak tersesat dan bisa optimal dari mempelajari best practice ini

Saya sarankan untuk belajar di sini:

gak usah ditamatin sekaligus, bisa dicicil pelajari topik yang menarik buat kamu aja dlu, lompat-lompat pun boleh, boleh juga nanti kembali lagi ke referensi ini saat sudah kerja dan bisa praktekin teori disini.

2. Fundamental teknologi

Pelajari juga cara suatu teknologi bekerja, misal untuk webiste kamu harus tau istilah HTML, CSS, JS, bedanya frontend-backend. Untuk mobile, bedanya android-ios, dari segi desain dan UI/UX native masing-masing.

Nah ini belum ada rujukan yang bisa direkomendasikan nih, di googling aja dulu ya, nanti di update lagi artikelnya 🤣

3. Fundamental programming

Belajar programming sepertinya kamu lebih cocok lewat video, karena bisa kamu ikuti detik-demi-detik kode berjalan ya, saya sarankan dua channel berbahasa Indonesia ini untuk belajar bahasa pemrograman dan teknologi digital

https://www.youtube.com/c/ProgrammerZamanNow

4. Belajar Test Automation

Nah setelah menguasai bahasa pemrograman untuk berkomunikasi dengan mesin, waktunya kamu menyuruh mesin untuk membantu kamu menguji dengan lebih efisien, kamu bisa belajar kursus gratis di:

Pilih course manapun yang sesuai minat kamu aja dulu, misal membelajarai website/mobile/API atau ikuti learning path agar mendapatkan kursus yang direkomendasikan

Bagaimana langkah selanjutnya?

  1. Gabung Komunitas

Kamu harus ikut komunitas ISQA di telegram, bisa dapet berbagai macam informasi terkini, ada even meetup offline/online, kalau mentok bisa nanya disana (lapang dada ya kalo ada yang jutek jawabnya klo newbie nanya yang basic)

Untuk komunitas global, paling bagus sih di ministryoftesting.com

2. Follow IG @penguji.id suka ada info menarik soal QA 😂

3. Berlangganan milis untuk dapat informasi terkini agar selalu relevan

Persiapan interview sebagai Software Tester?

Bersambung yaa,, ini sepertinya perlu dikumpas artikel selanjutnya agar tidak terlalu panjang disini 🤣

--

--