Mudah Merancang Katalog Harga Komisi di IG dengan 15 Tips Ini

Ade Naufal
NitipMerch
Published in
2 min readMar 4, 2019
  • Terkadang saya melihat beberapa orang yang me-layout buat katalog komisi agak susah dibaca atau sampleya susah kelihatan. Please do note that laptop size is not same as phone size. Perlu diingat juga bahwa ukuran resolusi handphone orang berbeda satu sama lain. Jadi kalau kita pake font kekecilan, orang juga susah untuk membacanya.
  • Buat Instagram, disarankan memakai grid bentuk kotak di dalam gambar, jadi orang juga enak melihatnya.
  • Konten sample dan rules menurut saya sebaiknya dipisah, supaya memudahkan orang untuk membaca. Karena rules pasti isinya bakal tulisan semua dan agak panjang.
  • Pakai font yang gampang dibaca buat isi. Untuk header, memakai handlettering atau yang agak aneh saya kira masih oke selama legabilitasnya masih ada.
  • Bikin grid kiri-kanan-atas-bawah. Jika hanya bikin grid luar aja, menurut saya oke saja buat tulisan, agar nggak mepet keluar (takutnya terpotong sama tidak nyaman dibaca) dan supaya bisa lebih rapi juga.
  • Usahakan desainnya konsisten agar orang juga nggak pusing saat membaca.
  • Sediakan 2–4 palet warna dan pakai palet warna tersebut sebagai patokan untuk mendesain.
  • Jumlah font yang dipakai cukup satu atau dua, maksimal tiga.
  • Disarankan untuk gambar jangan lebih kecil dari dua pertiga ukuran kanvas, karena menurut saya rada susah lihat detil jika dilihat dari handphone.
  • Beri sample yang konsisten. Misal apabila di satu gambar tertera tulisan full color, maka taruh sample yang full color semua. Kadang-kadang saya merasa bingung karena sample bercampur.
  • Usahakan buat layout yang sama dari awal ke akhir, supaya enak dilihat saat menswipe.
  • Apabila layout terlihat kosong, tidak wajib membesarkan font sampai menutupi space yang kosong. Kamu bisa coba cari referensi, bisa dengan mengakali pakai garis, kotak, atau elemen yang lain yang sebenarnya simpel untuk menutupi space kosong tersebut.
  • Harap lampirkan foto sample yang jelas, di mana intensitas cahayanya cukup dan angle cahayanya dari atas (saya tahu beberapa orang ingin mencoba ambil perspektif yang keren di gambar sample, tapi usahakan bikin se-clear mungkin)
  • Untuk foto, saya sarankan memakai cahaya matahari agar jelas dan lebih tajam warnanya.
  • Untuk sample foto, saya harap agar lebih memperhatikan lagi dalam menggunakan fungsi tombol Shift. Jangan sampai gambar samplenya menjadi stretch.

Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Anastasia Tedja yang telah menyediakan tips ini.

--

--

Ade Naufal
NitipMerch

Sedang giat menyelami Machine Learning dan Natural Language Processing.