Cara Mempelajari Ilmu Apapun 10x Lebih Cepat dari Orang Biasa

Hebbie Agus Kurnia
No Drama
Published in
7 min readMar 11, 2018
Hebbie Agus Kurnia

Yayaya, gue tau mungkin pernah terlintas dipikiran lo tentang ini :

“Bang Hebbie kok umur 20-an, tapi bisnisnya terhitung banyak, engga biasa, dan kenapa umur segitu pemahamannya engga biasa kayak anak-anak muda yang rata-rata sekarang?”

Engga, gue engga ge’er. Gue dapet dari 4 DM yang inti pertanyaannya seperti itu. Lo boleh percaya engga percaya. Lo boleh skeptis. Harus malah. Kenapa? Supaya lo engga telen ilmu dari gue secara mentah-mentah. Lo bisa mikir. Itu bagus.

Saat ini bisnis yang gue pegang banget adalah Alpha Creative dan Marketaf. Kalo Alpha lebih ke B2B Agency, Marketaf itu lebih ke Marketplace tapi untuk produk digital. Kepo-kepo bisa ke Instagram gue aja ya @hebosto

Diluar itu, gue ada Primagama (Bimbel), Nasi Baper (Kuliner), Ciptamedia (Outdoor Advertising) dan Toko Raudah (Toko Online perlengkapan Ibu-Ibu). Cuma di beberapa bisnis, gue sebatas nanem modal dan terima bagi hasil aja. Yang jalanin orang lain. Jadi engga terlalu dipuyengin deh sama “drama” bisnisnya.

Selain itu, gue rutin untuk ngisi acara sebagai pembicara publik di kampus-kampus. Ini sampingan aja. Dan gue juga baru-baru ini bikin channel Youtube, nulis buku, dan nge-blog.

Jadi lo bisa liat, sumber pendapatan gue engga cuma dari bisnis, tapi juga jadi Profesional (Pembicara Publik, Nulis, Youtube) dan Investor (Penanam modal).

KOK BISA?

Ya bisa aja. Karena mungkin ya, sekali lagi mungkin, gue engga ngabisin waktu untuk belajar di bangku kuliah. Jadinya gue punya banyak waktu untuk ngurusin bisnis dan belajar bisnis setiap harinya. Ditambah gue punya waktu lebih juga untuk nambah sumber pendapatan.

Bukan berarti lo engga kuliah. Bukan. Kuliah ya kuliah aja. Gue pilih engga kuliah karena gue paham apa yang gue mau dan gimana cara mencapainya. Jelas engga semua anak muda itu paham dan tau gimana caranya mereka jalanin hidup mereka. Jadi engga mesti ditiru cara gue yang ini.

Terus juga ada beberapa prinsip belajar yang akan gue share sekarang. Gue buka-bukaan aja. Lo tiru juga engga masalah. Yang penting lo kabarin aja kalo misalkan cara yang gue jabarin disini bener-bener “bekerja”.

Yang penting jangan bilang ini engga bagus, kalo lo sendiri engga nyoba. Itu goblok namanya.

Catatan : Kalo lo bacanya setengah, apa yang gue maksud nanti engga sampe. Baca sampe habis! Prinsip-prinsip yang gue ajarin disini, berdasarkan pengalaman gue sendiri. Silahkan praktekkin!

1. IN TIME

Prinsip belajar yang sampe detik ini gue suka banget. Karena :

  • Hemat waktu
  • To the point
  • Belajar untuk paham lebih cepat 10x lipat

Apa itu “In time”?

Kebalikan “In time” itu adalah “In Case”.

“In Time” adalah gaya belajar yang :

Kalo gue butuh, gue akan belajar sekarang. Kalo belum butuh, ya nanti lagi.

Jadi intinya, belajar sesuai waktunya. Kalo emang udah waktunya gue harus belajar, ya gue akan belajar. Simple. Kalo belum butuh sekarang, ya ntar lagi.

Sama kayak baca buku. Orang beli buku niatnya untuk ngabisin lembar demi lembar. Ngapain? Buka aja daftar isinya, cari bab yang lo butuh baca, ya baca deh. Siapa yang suruh habisin buku? Kalo belum butuh beli, ya baca aja dulu ditempat. Hemat kan?

Kenapa gue pilih metode ini? Karena otak manusia itu didesain untuk fokus. Saat fokus, apa yang lo lakuin insyaAllah akan “jadi”. Dan fokus itu didorong oleh rasa butuh. Saat lo butuh, apalagi butuh banget, lo bisa fokus. Efeknya, lo akan “jadi”.

Gampang deh, saat lo kepepet mau kerjain tugas, besok jam 7 pagi harus dikumpulin, gimana rasanya? Lo ngerasa butuh untuk selesaiin itu kan? Itulah “In time”. Dan lo bisa selesain itu tugas.

Tapi kalo karena terpaksa, ya kualitas kerjaan lo jelek. Selesai sih selesai. Tapi ya apa adanya. Kalo lo bener-bener butuh karena lo pengen ngejer tujuan lo, gue jamin lo bisa ngehasilin sesuatu dengan kualitas tinggi. Itu yang gue rasain dengan prinsip ini.

Kalo “In Case” ini paling lumrah. Terutama di pendidikan di Indonesia. Intinya :

Butuh engga butuh, ya pelajarin aja. Mungkin nanti butuh.

Jadi lebih tipikal yang “yaudahlah pelajarin aja. Siapa tau butuh”. Lihat kalimatnya, “Siapa tau”. Penting engga penting, pelajarin aja. Dan menurut gue, daripada pelajarin yang belum tentu butuh, mending waktunya gue pake buat eksekusi ilmu yang ada.

Proccess Oriented!

Ya menurut gue “In Case” kurang efektif untuk belajar di zaman yang serba cepet gini. Bukan berarti salah. Kurang efektif aja. CMIIW.

Oke, gue juga ada sisi “In case” nya. Ada kok. Tapi di hal-hal minor, kayak baca artikel gratis-gratis, gue biasanya emang cuma pengen tau aja. Kursus gratis-gratis, emang ikut aja. Toh gratis.

Kalo dipersentasiin :

30% In Case, 70% In Time

Tapi…

Saat gue akan ikut kelas berbayar, beli buku, dan hal-hal yang mengharuskan gue mengeluarkan uang, gue selektif. Kalo engga butuh, ya nanti lagi. Ini kenapa gue engga suka hidup di kampus. Karena kebutuhan gue bukan di kampus, tapi bener-bener di eksekusi lapangan.

Sekali lagi, bukan berarti lo engga ngampus. Ini pilihan hidup lo aja.

Gue akan belajar saat gue butuh. Se-simple itu. Gampang kan? Coba lo lakuin ini selama 30 hari, lo akan liat perkembangan diri lo akan sangat signifikan dari kapasitas keilmuan + hasil kerja. Lo akan terus membangun kekuatan diri. Secara engga sadar, lo akan cari cara untuk mengatasi kelemahan lo yang mengganggu. Dengan sendirinya. Otomatis.

Gue udah 4 tahun pake prinsip ini. Kira-kira lo akan cocok engga dengan gaya gini? Hm, gue sedikit meragukan. Karena ini engga lumrah. Tapi engga ada salahnya lo coba. Karena gue ngerasain manfaat yang signifikan. Cobalah.

Mungkin kekurangan metode ini cuma satu. Kalo lo belum tau apa yang lo suka, apa yang lo mau dalemin, pake met

2. Cari “SIAPA”, bukan cuma “GIMANA”

Setelah tau gue harus belajar apa, biasanya yang dilakuin selanjutnya adalah gue berusaha untuk mencari siapa yang terbaik di bidangnya.

Kebanyakan orang, setelah tau mau apa biasanya langsung googling gimana cara melakukan A, B, C, D. Engga salah kok, tapi gue punya cara mastery yang lebih baik.

Lo cari siapa yang terbaik di bidang yang lo mau dalemin, ketemuan sama orangnya, bergurulah.

Sampe sini lo penasaran, siapa aja yang udah gue datengin untuk belajar langsung. Iya kan?

  • Mas Ippho. Gue belajar langsung mengenai bisnis yang strategis + hubungan baik ke keluarga. Beliau terbaik. Gue pernah nginep di kantornya sampe seminggu, untuk belajar langsung.
  • Ust. Yusuf Mansur. Gue belajar langsung tentang ilmu tauhid dan kaitan rezeki dengan ibadah. Terutama sedekah. Gue dulu ikut Pesantren Entrepreneur di Daarul Qur’an, dan pelajaran yang paling membekas adalah jangan itung-itungan sama sedekah, rezeki nanti itung-itungan juga dateng ke kita.
  • Coach Fahmi. Kalo bisa gue bilang, beliau adalah Grand Master dalam ilmu bisnis. Beliau punya kurang lebih 150+ booth Kebab Baba Rafi di seluruh Indonesia, 7 restoran Ayam Pakuan, 7 Kampus di Malang, memiliki lembaga pelatihan SDM terbaik di Asia Pasifik, dan masih banyak lagi bisnisnya. Gue belajar langsung ke Ayah. Beliau akrab dipanggil Ayah sama murid-muridnya. Saran gue, belajarlah kesana. Ikut kelas-kelasnya. Ilmu-ilmunya yang membentuk gue untuk berpikir bisnis secara komprehensif dan strategis. Dan gue adalah salah satu murid termuda beliau. Lo juga bisa lah…
  • Masih banyak lagi, gue sebutin langsung : Bang Ubay (Serial Entrepeneur di Bekasi), Mas Hermas (Ednovate), Mas Sata (Ednovate), Mas Aldo (Algira Properti Bogor), Kang Wandy (Interior Design), Kang Dewa (Owner Billionaire Store) dan sumpah banyak lagi. Gue sampe bingung, ntar kalo gue tulis semua malah habis bahas begini.

Intinya, gue sadar cuma lulusan SMA. Itu yang bikin gue harus terus belajar sama yang terbaik, supaya engga ketinggalan sama anak-anak seumuran. Dan yang penting, gue membuktikan omongan gue sendiri.

Gue cari SIAPA, bukan cuma GIMANA.

Gimana cara cari gurunya?

  • Follow orangnya
  • Ikuti kelas offline nya
  • Ucapkan terima kasih setelah kelasnya
  • Beri hadiah personal, syukur-syukur barang kesukaannya
  • Aktif di grupnya

Jangan langsung ngedeketin personal. direct. Jangan… Lo engga punya etika kalo gitu. Ikutin cara gue diatas. Itulah yang gue lakuin selama 4 tahun ini. Terbukti.

3. Eksekusi, Ukur, Eksekusi, Ukur.

Setelah lo dapet ilmu-ilmu keren dari para yang terbaik, saatnya lo eksekusi. Gini, ada satu aturan dasar dalam menerapkan ilmu yang diberikan oleh guru kita. Apa itu?

Jangan banyak bacot. Eksekusi, Ukur, Eksekusi, Ukur.

Eksekusi setiap ilmunya. Coba terus. Ukur hasilnya gimana, efektif engga? Kalo cara A berhasil, apa ukurannya? Cara B gagal, apa ukurannya?

Contoh : Kalo lo dapet ilmu diet, lo dapet tentang nutrisi dan olahraga. Berdasarkan dari ilmu yang lo dapet, lo harus nge-gym 3x dalam seminggu. Jenis-jenis olahraganya A, B, C, D. Makananya A, B, C, D. Setelah sebulan, ternyata cara ini berhasil nurunin berat badan sampe 5 kg. Apa ini berhasil? Tergantung dari ukuran yang lo buat. Jadi semua tergantung lo.

Kalo gue pas belajar Marketing, Productivity, Management, gue ada ukurannya. Berapa pendapatan bersih kalo pake cara A? Cara B berapa? Gimana kinerja karyawan gue pas gue pake cara C? Dan ukurannya gue buat selalu. Dari yang tadinya cuma bikin produk sebulan sekali, sekarang bisa 4x sebulan. Buat gue, cara C berhasil meningkatkan kinerja. Paham ya?

Itu yang selalu gue lakuin. Sederhana.

Jangan banyak bacot. Eksekusi, Ukur, Eksekusi, Ukur.

Kalo gagal pake A, coba B. Dan seterusnya. Simple kan?

Apa? Takut eksekusi? Lo jangan cuma jadi “kolektor” ilmu.

Ngoleksi doang, eksekusi engga. Lo sehat?

Takut? Apa yang lo takutin? Rugi besar? Ya pelan-pelan makanya eksekusinya. Jangan kebablasan. Bertahap, berproses. Jangan banyak drama deh. Udah eksekusi aja. Mulai dari yang paling gampang, pelan-pelan, orientasi sama prosesnya. Hasil pasti ngikutin.

Apa yang gue jabarin diatas adalah hal-hal yang sangat actionable atau harus dipraktekkin. Bukan didebatin.

Dan yang bisa lo baca dari tadi, apa yang gue jabarin sangat bertitik tumpu sama FOKUS. Kenapa? Fokus bikin lo belajar apapun lebih cepat. Sekali lagi, apapun. Lo dalemin satu hal, pelajarin sampe tuntas, fokus, eksekusi, lo akan dapet hasilnya. Itu filosofi yang gue pelihara per-detik ini. Eksekusi!

Kalo lo suka sama tulisan gue, silahkan beri “Clap”. Kalo lo rasa tulisan gue bermanfaat, silahkan Share tulisan ini di media sosial lo. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

Hubungi gue disini :

Instagram : @hebosto
Website : www.hebosto.com
Podcast : www.hebosto.com/podcast

--

--