Gejolak Masalah Mental : GAYA HIDUP!

Hebbie Agus Kurnia
No Drama
Published in
5 min readSep 17, 2020

Ada orang pake Mercy. Ngobrol sambil makan. Ceritalah ngalor-ngidul tentang hidupnya. Abis itu nunjuk mobil mewah itu dan bilang, “Gue nyicil itu. 6 bulan nunggak. Pusing..”

Sedangkan ada orang berpakaian lusuh, kemudian masuk masjid disangka pengemis, penjaga masjid bilang, “Maaf bu, engga nerima sumbangan dulu.. kita lagi ngitung uang amal”, Ibu tersebut bilang, “Siapa yang mau ngemis? Justru Saya mau ngasih sedikit rezeki buat masjid ini. Nih.. (sambil nyodorin amplop)”, pas dibuka duitnya Rp 1,000,000.

Di circle bisnis, gue tau banget beberapa orang yang tampilannya terkesan engga meyakinkan kalo dia kaya. Eh taunya pas ngobrol-ngobrol, per bulan bersih 100 juta. Sosmed followers cuma ratusan, itupun keluarga deket sama tetangga. Tapi bulanannya, bersih 100 juta. Inget, bersih.

Terkadang gue kalo liat yang begitu, suka ngaca sama diri sendiri dan flashback ke masa-masa lampau dengan fokus personal branding untuk ngepromoin diri biar dikenal. Bulanan masih puluhan juta, tapi kesannya kayak udah milyaran banget.

Kalo dibandingin sama sohib gue tadi, malah gue jadi malu. Belum seberapa, udah nampang dimane-mane. Aduh…

Ada lagi orang yang baru banget ngerasain manisnya exposure, followers naik berkali-kali lipat, kemudian terima endorse banyak bulanan, padahal doi pebisnis. Gue tanya, “Beuh, panen followers panen duit nih ngab…” beliau jawab, “Cicilan masih ga nutup wkwkwkwk…”, padahal sekali endorse bisa dapet 2 jutaan. Sebulan bisa 8 endorse. Belum dari bisnisnya, terus masih bilang kurang buat cicilan.

Ada lagi yang suka cerita awal-awal bisnis fokusnya ke Investor. Udah gue bilang kalo bisnis jangan fokus cari pendanaan, fokus bikin produk yang useful, berguna, beda. Biar sales nya oke. Cashflow oke. Ini ngeyel. Ngincar investor terussss kemana-mana. “Biar berasa startup bang… Kudu semangat, biar besar bisnisnya..” Gue iya iya aje. Liat ntar aja.

Setahun kemudian ketemu alias baru kemaren-kemaren, dia bilang “Pusing gue banyak investor bang. Gimana ya? Gue jadi ga fokus bisnis ini, malah gue kayak jongos ngidupin mereka. Bagi hasil gue juga ga jelas…”

Pas gue cek IG bisnisnya, ratusan ribu followers. Keliatannya hire pegawai terus hampir setiap bulan. Eh ternyata, minus engga karuan udah 3 bulan terakhir. Usut punya usut, ngedepanin image perusahaan ketimbang cash. Jalan keluarnya apa? Ya balik lagi, cari pemodal lagi. Tutup lobang tai pake tai lah ibaratnya. Makanya kemarin gue goblok-goblokin di depan muka langsung. Dan gue bilang kalo bisnis bukan dana doang, tapi tentang value produk. Gemes banget gue sama yang beginian. Dibilangin malah ngeyel.

Lo coba perhatiin deh polanya.

Mereka yang tampak oke, ternyata runtuh mental aslinya, terjebak sama keinginan untuk “tampil”, “dikenal”, haus “apresiasi”. Mereka merasa harus memiliki ini itu dalam waktu cepat, engga mau nunggu saat kantong bener cukup.

Mereka terlalu romantis sama rasa gengsi.

Mereka terjebak di siklus Gaya Hidup, yang berakar dari rasa ingin bergengsi. Padahal gengsi engga kasih lo makan. Lo sukses, hidup lo otomatis bergengsi pasti. Dengan sendirinya.

Gue pernah terjebak di masa-masa itu. Cerita aja. Makanya gue paham rasanya gimana jadi orang kaya baru. Agak norak campur cringe.

Semakin gue kenal orang-orang kaya disekitar gue, semakin gue kenal sama orang-orang yang profit hariannya gokil dari bisnis online, gue malah makin malu sama diri gue sendiri. Bukan apa-apa banget. Berasa banyak bacot gue ahahahahaha…

Sejak awal tahun 2020, salah satu resolusi gue ya nahan posting foto diri gue di sosmed, sebagai langkah awal untuk meredam rasa pamer, rasa narsis, rasa mejeng. Yang ngikutin gue dari 2014 mungkin tau betapa narsisnya gue dengan foto-foto gue ala Garyvee diawal-awal personal brand wkwkwk… Anjay, malu banget gue wkwkwk…

Karena salah satu hobi gue nulis, dan salah satu terapi supaya gue engga stress itu nulis, jadinya sekarang lebih banyak nulis konten ketimbang foto-foto. Hemat juga ternyata.

Intinya begitu.. Nyambung sama postingan sebelumnya, kalau gue pribadi saat ini lebih merasa personal branding engga mesti sampe narsis-narsis amatlah. Engga mesti jadi prioritas. Fokus bangun bisnisnya, fokus bangun produknya. Fokus deliver value di konten. InsyaAllah lebih menentramkan.

Produksi sebesar-besarnya, konsumsi sekadarnya, distribusi seluas-luasnya. — Mas Ippho

Banyak orang menangis ditengah kemewahan yang dia miliki. Banyak orang justru bahagia dengan kesederhanaan yang dia miliki. Buat gue, sederhana itu tentang sikap. Tentang gimana kita bisa memahami esensi hidup, mana yang penting, mana yang menghibur, mana yang foya-foya, mana yang sifatnya inves… ya seperti itu kira-kira. Jadi kita mesti bisa paham sama konteks hidup.

Contoh ya.. Gue suka main game. Buat gue PS itu sifatnya menghibur. Salah satu stress reliever yang efektif buat gue. Tapi dia bukan kebutuhan pokok.

Kalo ada duit, ya gue beli. Kalo engga ada, ya tahan. Sampe duit gue 4x dari harga PS itu. Baru gue beli. Itu contoh aturan yang gue terapin ke keuangan gue.

Kalo misal ada kelas mahal, bagus nih, urgen banget, ya gue keluarin duit buat belajar. Engga nunggu gratisan lagi, langsung bayar aja udah. Kenapa? Buat gue itu investasi.

Jadi ini harus disesuaikan sama konteks hidup lo sendiri.

Intinya, ukuran cukup atau engganya hidup lo itu ya lo sendiri yang bisa sebut. Bukan gue. Boleh punya hal-hal yang sifatnya menghibur. Sah-sah aja kalo emang kebutuhan pokok lu udah oke, duitnya ada lebihan, ya engga masalah.

Yang salah itu, lo mengedepankan kebutuhan “gengsi” diatas kebutuhan pokok. Ini keliru. Bisa jadi bom waktu untuk keuangan. Sekali lagi, gue udah ngalamin dan lo jangan sampe ngalamin.

Gue ngeliat dari beberapa orang di circle bisnis gue ya, semakin mereka kaya malah semakin hambar perasaan mereka untuk pamer. Dan orang begini, kayanya kadang engga nanggung-nanggung. Ya gue yakin pasti ada masalah lain lah hidupnya kan kita engga pernah tau ya kan? Tapi dari konteks bisnis, ini justru bagus untuk keberlangsungan bisnis.

Ini cocok kalau disebut Aggressive Reinvestment.

Aggressive Reinvestment itu mereka memutar profit yang ada untuk dikembalikan ke bisnis lagi, dalam jumlah yang engga wajar. Bisa dibilang, terkesan hidup perih diawal, berkorban gila-gilaan diawal, untuk membangun bisnis yang kokoh di masa depan.

Efeknya, mereka hambar sama kebahagiaan semu. Mereka hambar sama yang sifatnya gengsi.

Orang-orang begini biasanya engga tertarik untuk inves yang sifatnya “tampil”. Mereka lebih tertarik untuk menciptakan harmoni sistem dalam bisnis mereka. Dan gue mempelajari langsung, ternyata bisa gue simpulin mereka ini tipikal yang hebat mengelola emosi mereka saat mengelola uang.

Gue banyak belajar banget. Sekaligus hati gue berasa ditampar. Semakin gue belajar sama orang-orang begini, semakin gue cerah memandang bisnis itu kedepannya penuh pengorbanan. Gaya hidup kudu pinter-pinter direm.

Jangan sampe lo kejebak sama apa yang udah gue lakuin dan apa yang gue rasain. Fokus ke bisnis. Fokus ke produksi. Tahan konsumsi. Distribusi seluas-luasnya, sedekah sesering-seringnya, berbagi seedan-edannya…

Prioritaskan hal pokok, sampingkan hal gengsi, berpikir esensi, bersikap sederhana, luar biasa dalam pencapaian…

Bekerjalah seperti tuyul. Diem-diem bae taunya duitnya banyak.

Gue bukan penulis yang hebat mainin EYD. Gue lebih seneng nulis pake kalimat kayak orang ngobrol. Berasa ngobrol kita. Jadi mohon maaf kalo ada yang engga suka sama gaya tulisan gini. Maaf ya..

Kalo lo suka sama tulisan gue, silahkan beri “Clap”. Kalo lo rasa tulisan gue bermanfaat, silahkan Share tulisan ini di media sosial lo. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

Hubungi gue disini :

Instagram : @hebosto
Podcast : https://open.spotify.com/show/46A9vrcRbLwJ7kIbrYc2Ne?si=FQJwbvitS2SW6uB5pfkakw

--

--