Sudahi Niat Untuk Personal Branding, Lebih Baik Begini…

Hebbie Agus Kurnia
No Drama
Published in
2 min readSep 17, 2020
Heat Man by pixabay

Banyak pertanyaan seputar personal branding dateng ke gue. Tapi gue pribadi berpendapat saat ini, kalo jalan hidup lo sebagai pebisnis, jadikan brand bisnis lo prioritas. Personal brand nanti lagi. Lagian lo mau ngapain si personal branding? Dikenal? Banyak Followers?

Percaya deh, semakin lo niat mempromokan diri, semakin sulit lo dapet fame. Dan fame, itu bukan jawaban atas kebahagiaan maupun orderan bisnis lo. Engga, sama sekali engga.

Lebih baik begini…

Jangan berharap dikenal, berharaplah berguna.

Bagiin ilmu atau insight dari apa yang lo baca, lo tonton sampe lo rasain langsung. Kalau ada pelajaran disana, silakan bagiin.

Fokus ke kebermanfaatan, bukan exposure.

Gue selalu percaya, kita engga pernah tau siapa orang yang berubah menjadi baik karena kita. Orang yang berubah baik itu akhirnya mengirim doa, dan jadi kebaikan untuk hidup kita. Jadi kemudahan di kehidupan sehari-hari.

Fokus ke konten yang bermanfaat, bukan fokus ke mempromosikan diri. Dua hal ini tipis, bahkan hasilnya nampak sama, tapi pembedanya ada di hati.

Niatin emang untuk sama-sama belajar. Bukan mejeng di sosmed orang. Ngasih tau betapa ganteng atau cantiknya lo, ngasih tau kemewahan hidup lo, pamer pendapatan harian dari online… Ya seperti itu. Emang bisa jadi motivasi, tapi sebaiknya hindari. Lebih baik lo kasih tau caranya gimana bisa begitu. Paham kan maksudnya?

Oh ya, pamer itu engga masalah. Cuma kadang sering pamer jadi norak juga.

Jadi lo harus bedain mana norak mana branding.

Personal branding itu menurut gue bener-bener masalah akarnya, yaitu hati. Kalo kita fokusnya emang pengen terkenal, menurut gue ini keliru. Terkenal kalo ga ngasilin pahala buat bekel hidup di kubur ya percuma juga. Lo mungkin dikenal disini, tapi mungkin pas Hari Perhitungan, lo bangkrut.

Dan sebisa mungkin, hindari personal branding. Kalo engga, lo nyesel kayak gue ntar.

Nyeselnya apa bang?

Kalo banyak yang pengen tau, nanti gue buat bahasannya hahaha..

Singkat aja ya, semoga bermanfaat.

Kalo lo suka sama tulisan ini, silahkan beri “clap”.

Kalo lo rasa tulisan gue bermanfaat, silahkan Share tulisan ini di media sosial lo. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

======

Hubungi gue disini :

Instagram : https://www.instagram.com/hebosto/

Blog : https://medium.com/no-drama

Podcast : https://open.spotify.com/show/46A9vrcRbLwJ7kIbrYc2Ne?si=FQJwbvitS2SW6uB5pfkakw

--

--