Yang jangan lo tiru dari GaryVee

Hebbie Agus Kurnia
No Drama
Published in
4 min readJul 24, 2018
Hebbie Agus Kurnia

Sekarang siapa yang engga tau sama sosok nyentrik Gary? Siapa? Buka youtube, ada dia. Instagram, ada dia. Facebook, ada dia. Even Snapchat ada dia juga.

Gary dimana-mana. Apa ini kebetulan?

Ya engga lah. Gary punya perusahaan Media Agency, Vayner Media. Tentu dengan tim yang jumlahnya ratusan, pasti ada perencanaan matang yang udah di set.

Gue pribadi termasuk orang yang suka sama value yang Gary selalu kasih di video, blog, bahkan podcast. Gue punya semua bukunya. Iya, semua.

Awalnya gue tau Gary pas dapet iklan Facebook Ads dia yang ngarahin untuk nonton Youtube nya. Dan disitu gue nonton dari DailyVee 1 sampe yg up to date.

Kesan gue pertama kali ke Gary, “Gelo sia teh…”

Artinya : Gila.. goks.

Mungkin zaman sekarang banyak banget motivator yang bahas sukses, enaknya jadi orang kaya gimana. Tapi itu engga di Gary. Doi lebih seneng ngasih tau kerja keras, bukan hasil dari kerja keras itu. Ini poinnya.

Gue pengguna (sangat) aktif di Medium. Makin tinggi popularitas Gary di publik, ternyata makin banyak orang-orang yang menganggap Gary agak sedikit sinting. Yang parah lagi, sesat. Karena ngajak orang untuk 100% hustling, grinding.

Pertanyaannya. Sesat dimana?

Gue berkali-kali baca hal-hal tentang Gary tapi dari sudut pandang berbeda. Dimana ini juga bikin gue berpikir ulang tentang Value yang doi kasih.

Sebut aja kayak Jason Fried (Penulis Remote, Rework), Jon Westenberg (Creatomic), bahkan Ryan Holmes (CEO Hootsuite) bilang kalo apa yang dikasih tau Gary ke publik tentang kerja keras, adalah sebuah kekejaman moral karena mendorong orang untuk 100% bekerja (bahkan engga peduli siapapun. Just try, do, trial, error).

Tapi gue pribadi engga setuju sih, karena Gary ngomong sesuatu yang real. Bukan motivasi abstrak yang cuma dibangunin harapan kita, tapi kita gatau mau ngapain di realita.

Lo pengen sesuatu, ya lo usahain sampe limit. Itu kan pesan Gary?

Tapi menarik, gue coba masuk ke sudut pandang mereka yang engga setuju sama Gary. Dan ini yang gue temuin :

Definisi ulang, apa itu kerja keras?

Bahkan Jason Fried bilang kalo kita bekerja hampir setiap hari di depan laptop, ngedesain, editing, ngetik, itu namanya Kerja Kreatif. Bukan kerja keras. Mau berapapun jamnya, ya itu kerja kreatif. Kerja cerdas ya analisis. Gambaran besar.

Tapi kerja keras, apa maksudnya? Apa ukurannya? Banyaknya waktu kerja? Atau kayak tukang bangunan dengan kerja yang berhubungan hal-hal kasar?

Jason beranggapan kerja keras itu engga sehat. Engga efektif. Dan engga akan buat lo kaya. Lo harus bisa efektifkan waktu dan pake otak lo untuk hidup.

Yang gue tangkep dari Gary, hustle yang dia maksud itu passion, persistensi & konsistensi.

Passion disini lebih berkaitan sama nurani, ngikutin kata hati buat eksekusi sesuatu. Persistensi itu keadaan dimana lo tetep bertahan walaupun lagi situasi memburuk, dan konsistensi adalah lo tetep ngelakuin sesuatu walaupun orang lain engga liat lo dan hasilnya engga selalu sama yang lo mau.

Yang lo engga mesti tiru dari Gary disini adalah :

Jangan lo paksain kerja sampe belasan jam kalo fisik lo amburadul.

Gary bilang dia kerja bisa sampe 18 jam! Gue gatau “frame” kerja disini apa. Apakah termasuk ngurus keluarga? Atau emang full di kantor? I dunno.

Gue termasuk yang seneng kerja sampe 15 jam sehari pas sebelum berkeluarga. Tapi sekarang ada istri, gue udah mulai ngurangin jam kerja supaya bisa sama istri. Jujur, gue sering ambruk dulu pas sering kerja belasan jam (sebelum gue tau Gary, gue udah lama beretos kerja begini).

Ada baiknya, lo cek kondisi badan lo juga. Jangan sampe lo terlalu stress sama kerjaan. Ini ga bagus. Bukan nikmatin hidup, tapi lo malah jadi obsesif sama hidup.

Inget, dunia ini persinggahan. Just do what makes you happy! Waktunya istirahat, ya istirahat. Kalo ada waktu olahraga, silahkan olahraga. Kalo gue biasa renang.

Ini jangan sampe lo tiru. Lo harus sesuain sama fisik lo sendiri.

Kalo misalkan lo punya keterbatasan fisik, mungkin baiknya lo mulai berpikir ulang untuk ngikutin saran Gary. Jangan dipaksain. Apalagi tiru 100%. Just don’t.

Pandangan gue gimana?

Gue lebih seneng kerja. Tapi gue juga ngaca sama fisik dan situasi. Buat gue :

“Kerja keras itu makanan pokok, kerja cerdas itu suplemen”

Mau sesuatu, ya kejar. Ditengah eksekusi, lo pasti butuh “suplemen” untuk nyelesain masalah supaya lebih tahan banting dan ada jalan keluar lain yang mungkin lebih cepet.

Gerak itu yang utama menurut gue. Kalo udah gerak, nanti pasti ngotak. Tapi kalo ngotak mulu, kapan geraknya?

Saran aja, jangan terlalu banyak nonton Gary. Cukup 1 episode, abis itu lo matiin hape dan lo kerja. Realisasiin mimpi lo.

Gue nonton video Gary atau semacamnya, di jam-jam non produktif. Kayak pas istirahat, mau tidur, intinya bukan jam #Eksekusi deh. Paham kan?

Inget, nonton ratusan video motivasi ga akan buat lo berubah apalagi sukses. Yang nentuin lo berhasil atau engga ya effort lo sendiri. Engga mager apalagi ngabisin waktu cuma buat scrolling. Dan faktor X, yaitu Allah. Lo jangan coba-coba kerja keras tanpa mandang Allah.

Duit mungkin dapet banyak, tapi keberkahannya gimana? Think.

Dengan kerja yang super keras, gue khawatir kalo lo sukses terus harta yang udah lo dapet itu digunain lagi buat benerin kesehatan lo. Nyadar ga?

Gue selalu yakin. Saat hasil kerja keras lo cukup untuk hidup, kebermanfaatan makin meluas dari rezeki yang lo dapet, engga stress, engga ngerasa kurang mulu, insyaAllah itu tanda-tanda berkah.

Tapi kalo sebaliknya, berapapun rezeki yang lo terima dan lo masih susah untuk bersyukur, gue rasa ada masalah dengan niat dan rasa melekatnya dunia di diri lo.

Inget prinsip kita,

Dunia di genggaman, bukan di hati.

Rezeki Allah selalu cukup untuk hidup. Tapi kalo untuk gaya hidup? Pikirkan sendiri.

Kalo lo suka sama tulisan gue, silahkan beri “Clap”. Kalo lo rasa tulisan gue bermanfaat, silahkan Share tulisan ini di media sosial lo. Semoga kebermanfaatan ini terus berlanjut!

Hubungi gue disini :

Instagram : @hebosto
Website : www.hebosto.com
Podcast : www.hebosto.com/podcast

--

--