He Found You Lost and Guided You

sincerelyora
Nyarita
Published in
2 min readJul 9, 2024
Photo by The Prototype on Unsplash

Kalau ditanya apa kehilangan terbesar yang pernah aku rasakan dalam hidup, jawabannya adalah kehilangan Dia yang memberiku hidup.

Rasanya seperti menjalani hari-hari yang dipenuhi dengan perasaan kosong, hampa, dan tak ada rasa. Mengira awalnya bahagia karena banyaknya gelak tawa sepanjang hari, tapi ketika sendiri, justru semua tawa itu mendadak semu dan tak pernah terasa lagi.

Bertanya-tanya sebenarnya apa yang sedang terjadi. Kenapa mendadak semuanya begitu berat untuk dijalani. Beban yang dipikul rasanya semakin hari semakin berat. Sampai-sampai raga, hati, dan jiwaku sudah ingin mengibarkan bendera putih.

Mata pun sudah ikut lelah dan menyerah untuk mengeluarkan tangisnya. Akhirnya pikiranku semakin kalut dan mencari-cari apa yang sebenarnya aku cari selama ini? Apa yang hilang dari dalam diri ini?

Sampai akhirnya aku pun menyadari, bahwa yang selama ini terjadi adalah aku yang perlahan-lahan tanpa disadari pergi menjauh dari Ia yang selalu memberiku segalanya tanpa lewat sehari. Padahal, Ia selalu ada di sana setiap hari. Bahkan tanpa sedetik pun pergi.

Aku menemukan-Nya kembali. Tempat yang seharusnya selalu aku datangi. Ia menyambutku dengan begitu hangat. Memelukku dengan kata-kata-Nya yang selalu membuat hati siapa pun akan tersentuh dengan sangat. Tak pernah ada kata lelah untuk menungguku kembali walaupun aku yang pergi menjauh lebih dulu.

“And He found you lost and guided you” (93: 7)

Ia yang tahu aku sedang kebingungan tak tahu arah jalan untuk pulang, tidak meninggalkanku sendirian. Tapi menuntunku kembali perlahan untuk menemukan ‘rumah’ tempatku berlindung dan bersandar di dalamnya.

Aku harap, kehilangan ini tak akan pernah terjadi lagi di kemudian hari. Karena rasanya begitu menyiksa sekali. Mengira bahwa diri ini sendirian, hanya bergantung pada diri yang sangat lemah ini. Sampai lupa bahwa aku punya Ia — Allah Yang Maha Memelihara semua hamba-hamba — Nya.

Tulisan ini dibuat untuk Pekan #NyariTantangan dengan tema harian “Lost & Found”. Yuk #NyariTantangan bersama Nyarita!

--

--