Penemuan Dunia Baru

safinaism
Nyarita
Published in
2 min readJul 9, 2024
Photo by Unseen Studio on Unsplash

Bicara tentang menemukan sesuatu, aku rasa hal berharga yang aku ingat betul momen menemukannya adalah “dunia kepenulisan”. Tanpa episode itu dalam hidupku, aku tidak akan menulis di sini sekarang. Aku tidak akan menemukan platform Nyarita, mundur lagi ke belakang aku tidak akan menjadi sosok yang berusaha untuk meningkatkan literasi sekuat tenaga seperti sekarang.

Momen tersebut adalah ketika aku ikut lomba menulis essay tingkat kota dengan peserta santri utusan madrasah tsanawiyah. Aku ingat betul ketika guru bahasa Indonesiaku saat itu — kelas 9 — memujiku yang kebetulan mendapat nomor pada lomba menulis tersebut. Sejak saat itu aku bertekad untuk tidak berhenti menulis.

One thing leads to another, aku bersyukur sekali diberi kesempatan mengikuti kompetisi tersebut. Jangan lihat seberapa prestisius lombanya,— aku bahkan tidak tahu apakah tulisan yang aku submit dulu layak disebut essay atau tidak, haha — buatku itulah titik awal penemuanku pada dunia kepenulisan.

Berbekal tekad tersebut, setelah tamat MTs (setingkat SMP) aku mencoba menyelam lebih dalam dengan bergabung ke dalam ekskul menulis di sekolahku. Tahun kedua di MA (setingkat SMA) aku bergabung ke dalam kelompok menulis di luar sekolah. Masuk tahun ketiga masa MA ini aku mencoba mengikuti komunitas menulis “Nyarita” secara online (aku harap suatu hari bisa ikut kegiatan offline-nya juga, hihi).

Perjalananku di dunia menulis terasa begitu lambat, tak begitu terlihat perkembangannya. Meski sudah bertahun-tahun sejak pertama kali menemukan dunia ini, aku masih malu-malu menunjukkan tulisanku. Mungkin aku telah banyak melewatkan kesempatan karena sikap malu-malu ini, namun tidak ada yang bisa aku lakukan selain melakukan yang terbaik sebisaku sekarang.

Masih banyak yang perlu aku pelajari, dan tak masalah untuk tidak terburu-buru.

Kepada siapapun yang membaca tulisan ini, pesanku jangan ragu untuk menulis. Itu aja untuk saat ini, mari sama-sama belajar dan semangat terus buat kamu!

Tulisan ini dibuat untuk Pekan #NyariTantangan dengan tema harian “Lost & Found”. Yuk #NyariTantangan bersama Nyarita!

--

--