Semua Dibekali Syakilatih

Mutiara Maryam
Nyarita
Published in
2 min readJul 1, 2024

Pada waktu itu aku takut ketika diajak tracking. Di kepala ini sudah terekam rasa lelah, tidak kuat untuk berjalan, dan kemungkinan buruk lainnya. Namun, setelah aku meyakinkan diri untuk ikut, finally ternyata tidak seburuk itu. Lelah, tidak kuat berjalan yang hampir saja membuat putus asa — itu semua memang terjadi. Yap, ketika mencoba, ternyata lebih banyak hal baik yang muncul. Saat itu sudah pasti aku disuguhi ciptaan-Nya, alam yang begitu indah sampai mata ini tidak bisa berpaling ketika melihatnya.

Sunset

Aku jadi tahu cara seseorang menuliskan keindahan senja tanpa menuliskan kata senja. Ketika melihat ciptaannya, akupun lebih menyadari diriku yang kecil ini.

Syakilatih

Setiap manusia dibekali syakilatih, sehingga sebetulnya manusia dituntut memiliki skill.

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلًا

Artinya: Katakanlah "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. (QS Al-Isra: 84)

Bagaimana aku bisa memiliki skill apabila tidak memulai?

Teringat ketika takut bersosialisasi, hingga akhirnya memberanikan diri untuk mengikuti organisasi. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan organisasi pertama yang aku ikuti di SMA. Pada waktu itu, aku ragu dan takut, namun pada akhirnya aku berhasil menjadi ketua satu. Aku sendiri tidak menyangka hal ini akan terjadi. Ternyata langkah begitu jauh, hatiku berseri ketika menyadarinya.

Tangga pertama telah aku naiki, dan aku berharap bisa naik tangga-tangga selanjutnya. Dengan ini, banyak experience baru yang aku dapat. Memang memulai langkah itu harus mengingat, “There’s no such thing as Ujug-ujug”.

Mencoba hal baru, konsisten dan akhirnya menjadi habits. Sangat menyenangkan, namun ternyata tidak semudah itu. Timbul senang ketika mencoba hal baru walaupun pada awalnya memang ragu dan yang paling sering terjadi yaitu sulit untuk memulai langkah.

tulisan ini dibuat impromptu sesuai prompt Lingkar Nyarita #1 yaitu “Hal Baru” — terima kasih untuk Mutiara Maryam yang menyempatkan nulis dari jauh ^^

--

--