INA-Rxiv

The Indonesia preprint server

Preprint memang bukan pengganti makalah peer-reviewed, tapi dapat mempercepat klaim hasil riset. Bekerjasama dengan OSF preprints (Open Science Framework), kami menginisiasi INA-Rxiv sebagai server preprint pertama di Indonesia. Bila proses setup sistem lancar, maka anda dapat segera mengunggah hasil riset anda secara gratis, ber-DOI, dan dapat disitasi, serta tentu saja GRATIS.


Kenapa kami memulai ini?

Kami memulainya karena merasa dunia akademik telah terlalu lama terkungkung oleh ukuran-ukuran (metrics) kinerja barat. Kami tidak menganggap ini salah. Hanya saja, dampak yang dirasakan adalah berbagai pandangan yang salah tentang metrik ini yang kemudian berujung kepada persepsi, “lebih baik tidak menulis, daripada menghasilkan tulisan yang tidak terindeks”. Lebih parah lagi, pandangan ini mengakibatkan karya-karya dalam Bahasa Indonesia bukan menjadi pilihan pertama. Padahal masyarakat akan lebih mudah mencerna hasil riset bila ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Mengapa preprint?

Preprint telah menjadi fenomena global. Walaupun tidak akan menggantikan makalah peer-reviewed, tetapi preprint dinilai dapat mempercepat penyampaian ilmu. Klaim hasil riset dapat segera diterbitkan tanpa harus menunggu proses peer-review yang cukup lama. Preprint juga diharapkan dapat menarik berbagai masukan, sebelum makalah dikirimkan secara formal untuk menjalani proses peer-review.

Preprint sebenarnya bukan barang baru. ArXiv (dieja sebagai “archive” atau “arsip”) adalah pionernya, sebuah preprint server dalam bidang ilmu matematika, fisika, dan astrofisik yang telah berdiri sejak tahun 1991.

Bagaimana lisensi preprint?

Lisensi makalah preprint yang diunggah ke INA-Rxiv adalah CC-BY (Creative Commons Attribution) untuk menjamin kebebasan untuk menggunakan ulang (reuse), mengkombinasi (remix), dan mendistribusikan (redistribute) untuk berbagai keperluan komersial dan non-komersial, selama menyebutkan sumbernya.

Bagaimana anda dapat membantu kami?

  • menambahkan berbagai pertanyaan pada halaman FAQ (tautan daftar pertanyaan).
  • sebagai moderator relawan: Walaupun makalah preprint tidak menjalani peer-review, tetapi kami akan memoderasi dokumen yang masuk dengan menggunakan beberapa kriteria sederhana: jelas penulis, afiliasi, dan informasi kontaknya (minimal surel), jelas bidang ilmunya, serta memiliki komponen saintifik yang jelas (terdiri dari pendahuluan, metode, data, dan analisis).
  • sebagai promotor relawan di institusi masing-masing: Kami berharap banyak makalah berasal dari mahasiswa sebagai hasil dari proses studi sarjana dan pasca sarjana, sejalan dengan kewajiban untuk menghasilkan publikasi sebelum dinyatakan lulus.

Silahkan menambahkan nama anda dalam file Google Sheet ini.