Naskah Deklarasi Hari Kebangkitan Sains Terbuka Indonesia (20.05.2020)

Dasapta Erwin Irawan
May 20 · 2 min read

Hari ini, kami dari Tim/Komunitas Sains Terbuka Indonesia mendeklarasikan naskah Kebangkitan Sains Terbuka Indonesia pada Hari Rabu 20 Mei 2020, sekaligus sebagai hari Pra-Rilis RINarxiv (logo didesain oleh Ilham Akhsanu Ridlo dari Universitas Airlangga).

Image for post
Image for post
  1. Indonesia sebagai bagian dari komunitas riset global membutuhkan saluran publikasi cepat, terpercaya dan bertanggung jawab. Posisi Indonesia sebagai bangsa yang pernah dijajah, memiliki banyak kendala psikologis untuk memunculkan kekuatan risetnya.
  2. Situasi publikasi akademik dunia tidak memungkinkan itu terjadi tanpa andil dari penerbit komersial yang telah banyak mempengaruhi iklim akademik di Indonesia dan negara-negara belahan selatan (Global South) lainnya. Alih-alih mengutamakan kemandirian, kualitas, dan kerjasama, secara langsung atau tidak langsung mereka telah menggeser persepsi ekosistem riset di Indonesia ke arah ketergantungan, prestise, dan persaingan.
  3. Kehidupan akademik di Indonesia telah terbelenggu dengan rantai dan dikelilingi dinding tebal yang dibuat sendiri. Kondisi ini tanpa disadari justru akan membuatnya terpisah dari jejaring riset internasional yang saat ini mengutamakan keterbukaan, komunikasi, dan kolaborasi.

Untuk memberikan dukungan dan semangat kepada ekosistem riset Indonesia, RINarxiv hadir kembali dengan wajah baru, tim baru, serta dukungan infrastruktur dari PDDI LIPI. PDDI LIPI telah memulai semangat keterbukaan saat meluncurkan layanan Repositori Ilmiah Nasional (RIN | rin.lipi.go.id) yang dinisiasi pada tahun 2015, diperkenalkan (soft launching) pada tahun 2018, dan diresmikan pada tahun 2019.

Sudah selayaknya infrastruktur pengarsipan didesain untuk menyebarluaskan hasil riset yang didedikasikan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan rakyat.

Dengan hati bersih dan niat yang luhur kami mendeklarasikan hari ini, 20 Mei 2020, sebagai Hari Kebangkitan Sains Terbuka Indonesia.

Salam hormat,
Komunitas/Tim Sains Terbuka Indonesia

Good Science Indonesia

Kumpulan tulisan untuk sains di Indonesia yang lebih…

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store