Ulang tahun RINarxiv yang ke-1

Dasapta Erwin Irawan
May 22 · 2 min read

Tanggal 21 Mei 2021 dua hari lalu adalah ultah RINarxiv yang pertama. Perkenankan saya mewakili Tim RINarxiv menguncapkan terima kasih kepada beberapa pihak:

  • LIPI khususnya Tim PDDI LIPI yang telah berkenan membantu hosting RINarxiv serta memelihara server dan operasionalnya. Pak Hendro Subagyo, Mas Cahyo, Mas Yoga dan Mbak Reni, hadir dikala kami mencari alternatif untuk menggantikan server INArxiv yang berhenti beroperasi di akhir tahun 2019.
  • Public Knowledge Project (PKP) yang telah banyak membantu RINarxiv sejak awal, ketika kami masih kebingungan mencari platform yang cocok dengan situasi di Indonesia. Fakta bahwa Indonesia adalah pengguna Open Journal System (OJS) terbesar di dunia membuat operasional Open Preprint System (OPS) menjadi sangat mudah.
  • Para pengguna RINarxiv baik yang sudah pernah mengunggah dokumen preprint maupun yang belum. Tanpa Anda semua, kami tidak akan memiliki gaung yang kuat. Bahwa server preprint dibutuhkan oleh para peneliti sebagai simbol kemerdekaan publikasi perlu senantiasa didengungkan. Pada hari ini, telah ada 45 naskah preprint yang tayang di RINarxiv. Ini adalah salah satu indikasi minat peneliti Indonesia yang menguat kepada implementasi sains terbuka.
  • Para pegiat preprint dan sains terbuka. Mari sama-sama membuat sains Indonesia lebih mudah diakses publik.

Dalam kesempatan ini, kami juga akan menyampaikan dua tiga pengumuman dari RINarxiv:

  1. RINarxiv mendapatkan bantuan beberapa relawan baru untuk mempercepat proses moderasi. Terima kasih atas kesediaan ibu dan bapak untuk mendonasikan waktu dan upaya kepada kami.
  2. RINarxiv bekerjasama dengan Prereview.org untuk peninjauan sejawat secara terbuka oleh publik. Jadi nanti dalam proses submission akan muncul panel baru berkaitan dengan fitur peninjauan sejawat publik.
  3. Kerjasama berikutnya adalah dengan Translate Science (inisiator: Victor Venema, seorang peneliti meteorologi dari Jerman) untuk memenuhi misi RINarxiv untuk membuat bahasa bukan sebagai penghalang.

Simak juga video naratif ini.

Good Science Indonesia

Kumpulan tulisan untuk sains di Indonesia yang lebih…

Good Science Indonesia

Kumpulan tulisan untuk sains di Indonesia yang lebih terbuka

Dasapta Erwin Irawan

Written by

Dosen yang ingin jadi guru | Hydrogeologist | Indonesian | Institut Teknologi Bandung | Writer wanna be | openscience | R user

Good Science Indonesia

Kumpulan tulisan untuk sains di Indonesia yang lebih terbuka