Indonesia Open Infrastructure Day 2019

Ilham Surya Pratama
PasuruanDev
Published in
3 min readNov 7, 2019

Halo semua, salam kenal dari saya M. Ilham Surya Pratama. Kalian bisa panggil saya Ilham. Saya adalah seorang yang suka ngoding (malu mau bilang programmer). Yaps, ngoding adalah kegiatan yang harus saya lakukan setiap hari karena untuk menjaga mood ngoding itu susah, jadi kalau sudah dapet mood ngoding yang baik jadi jangan berhenti

Baru baru ini, tepatnya pada tanggal 2 November 2019. Saya mengikuti sebuah acara bertajuk Indonesia OpenInfra Day. Setelah saya mendengar akan ada acara tersebut, saya langsung mikir gimana caranya saya bisa ikut acara tersebut.

Singkat cerita, akhirnya saya bisa mengikuti acara Indonesia OpenInfra Day 2019 lewat perwakilan dari komunitas PasuruanDev. Saya ucapkan terima kasih kepada PasuruanDev yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti acara Indonesia OpenInfra Day 2019 di Surabaya.

Oke, itu sedikit intermezo dari saya kenapa saya bisa mengikuti acara Indonesia OpenInfra Day 2019. Oke, lanjut saya akan bahas tentang acara tersebut, check this out.

Indonesia OpenInfra Day 2019 adalah sebuah acara yang didalamnya membahas banyak hal. Namun intinya, acara tersebut berfokus pada Open Source. Banyak hal yang dijadikan materi pada acara tersebut, seperti cloud computing, CI CD, Kubernetes, IoT, AI dan masih banyak lagi.

Diantara banyak materi yang ada pada Indonesia OpenInfra Day 2019, ada satu materi yang saya ikuti dengan serius dan menjadi titik fokus saya yaitu CI CD. Kenapa saya fokus pada materi CI CD, karena sebelumnya saya pernah memperlajari teknik CI CD secara sederhana, dan begitu ada materi CI CD di Indonesia OpenInfra Day saya langsung target materi itu untuk saya ikuti karena saya tau apa yang saya pelajari tentang CI CD masih sangat dasar dan di materi tersebut penerapan CI CD yang dijelaskan sudah lebih kompleks.

Indonesia OpenInfra Day 2019 yang di selenggarakan di Hotel Golden Tulip Legacy Surabaya menjadi acara yang tidak boleh kalian lewatkan. Karena disana akan banyak sekali materi dan banyak sekali ilmu yan akan didapat. Bukan hanya tentang materi, Indonesia OpenInfraDay 2019 juga menghadirkan beberapa narasumber yang keren keren. Pada akhir session, terdapat diskusi panelis yang mana panelis tersebut didatangkan dari kalangan professional. Panelis yang hadir pada acara Indonesia OpenInfraDay 2019 kemarin adalah ada dari pihak Komunitas JVM Indonesia, CTO Sakti Link, Lead Data Traveloka, Enggenier Gojek. Mereka memberikan pengalaman mereka dalam sesi tanya jawab.

Para Panelis di acara Indonesia OpenInfra Day 2019
PasuruanDev dan ProbolinggoDev

Setelah saya mengikuti acara Indonesia OpenInfraDay 2019, saya bahwa teknologi sangat cepat berubah. Banyak hal yang masih belum saya ketahui, banyak hal yang harus saya pelajari lagi. Sebagai programmer, acara Indonesia OpenInfra Day membuka pandangan saya bahwa saya masih bodoh. Saya harap akan ada lagi acara serupa di tahun yang akan datang karena mengingat antusiasme dari acara ini sangat besar.

Terima kasih saya ucapkan kepada para crew/panitia Indonesia OpenInfra Day 2019, terima kasih kepada para pemateri dan panelis yang telah membagikan ilmu dan pengetahuannya, dan tak lupa pula terima kasih saya ucapkan kepada komunitas PasuruanDev karena kesempatan ini datang dari kalian. Sekali lagi, terima kasih.

--

--