Indonesia OpenInfrastructure Day 2019

Su Drajat
4 min readNov 14, 2019

--

Yukk…. Berkomunitas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera kawan-kawan sekalian, perkenalkan nama saya sudrajat kalian bisa panggil saya drajat apa su tergantung kalian mau panggil saya apa :P . Kegiatan yang biasanya saya lakukan ngoding kalau tidak ngoding ya networking dan belajar sysadmin karena saya suka ketiga-tiganya. Saya bekerja di smk yadika bangil sebagai staf lab disana, meskipun saya bekerja akan tetapi status saya masih MABA loh.. :D. Tanpa basa-basi lagi kita langsung saja ke topik utamanya….

Sekarang Seiring dengan perkembangan jaman otomatis teknologi maupun ilmu terutama perkembangan di bidang OPEN SOURCE pasti berkembang dan kebanyakkan perkembangan tersebut tidak diajarkan disekolah maupun kampus, mungkin…!!!.

Bagaimana caranya kita untuk mengejar perkembangan tersebut…. Kebanyakan orang pasti akan bilang “ Belajar sendiri, digoogle masih banyak tutorialnya “. Sebenarnya saya kurang setuju dengan jawaban tersebut, Karena dengan belajar sendiri kita akan kebingungan apabila mendapatkan masalah atau troubleshooting dan solusinya apa “ Cari di google aja ”,” iya kalau benar, kalau salah bagaimana WKWKWKW…. “, Maaf curhat :’D.

Mulai disinilah Fungsi dari Komunitas. Karena Komunitas Bukan hanya tempat untuk mencari teman sehobi lalu Ngopi begitu saja akan tetapi tempat untuk belajar dan berkembang, mencari solusi atau troubleshooting yang dialami bersama, Dan yang paling utama Dapat Ilmu dan informasi Gratis hhahahaha…,

Contoh dari Beberapa komunitas yang saya ikuti. Apabila saya kesulitan dalam mengoding atau dapat masalah saya biasanya tanya kepada PASURUANDEV, PROBOLINGGODEV dan lainnya.Kalau masalah open source atau hal-hal yang bersangkutan dengan Linux, bisa tanya kepada Komunitas linux seperti KLIM atau KLAS ataupun Komunitas Oslinuxnya seperti openSUSE indonesia, Ubuntu indonesia. Dan masih banyak lagi komunitas yang ada di indonesia.Hanya bermodalkan kata-kata seperti ini “ Mastah ini solusinya seperti apa ” satu per satu solusi bermunculan dan itu pasti, tanpa perlu cari digoogle :).

Pada hari sabtu, 02 November 2019, Komunitas Openstack Indonesia, Kubernetes indonesia, Open Networking indonesia, KLAS, Gimpscape ID, PERKODI dan beberapa komunitas lainnya berkolaborasi menyelenggarakan Indonesia Open Infrastructure Day 2019 yang bertempatan di Hotel Golden Tulip Legacy Surabaya dan menyajikan acara workshop, lightning talks, keynotes, dan breakout sessions.

Main Room Hotel Tulib

Indonesia Open Infrastructure Day 2019 adalah Sebuah acara yang membahas semua perkembangan teknologi yang berkaitan dengan open source, dan Semua pembicara yang mengisi acara tersebut adalah orang-orang hebat yang lahir dari KOMUNITAS seperti.

Orang-Orang Sukses yang Lahir dari Komunitas

Saya sangat berterimah kasih pada PASURUANDEV dan @imanuelr10 beserta panitia yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk hadir dalam acara yang sangat menakjubkan ini.

Di acara Indonesia Open Infrastructure Day ada beberapa topik yang disajikan, Contoh teknologi-teknologi open infrastructure termasuk OpenStack, Kata Containers, Kubernetes, Docker, Ceph, Gitlab, Jenkins, Elastic Stack, Terraform, Ansible, Prometheus, Hadoop, Open Compute, Open Networking dan teknologi lainnya.

Acara dimulai dari jam 09.00 WIB dengan diawali Keynote pertama Dondy Bappedyanto, CEO at Biznet GIO yang membahas Open Infrastructure for Data Sovereignty dan dilanjutkan oleh David Iles, Senior Director World Wide Ethernet Switch at Mellanox Technologies dengan materi Mellanox brings webscale Innovations to Any Cloud meskipun saya kurang paham apa yang diucapkan tapi saya berusaha untuk memahaminya meskipun sedikit XD. Ini adalah jadwal pemateri

Sebenarnya saya sangat bingung mau masuk kelas apa, Semua ilmu yang dibahas sangat bermanfaat semua, sulit untuk memilih salah satu...

Disana saya juga bertemu dengan teman-teman yang berasal dari PROBOLINGGODEV dan beberapa teman dari komunitas lain.

Kemudian sampai lah diujung acara yaitu pada pukul 16.00 WIB dengan membahas pentingnya BERKOMUNITAS itu dan beberapa lelucon lainnya ( mbak mc ) :D.

Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari Indonesia Open Infrastructure Day (IOID), semoga tahun depan dapat diadakan dan dapat mengikuti acara itu lagi. Aaammmmiiinnnn……!!

Sekian dari saya apabila ada salah kata atau kesalahan lainnya saya minta maaf sebesarnya….!!!

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

--

--