Pentingnya Refleksi di Dalam Kelas

Halley Kuncoro, S.T., M.Pd.
Pengajar Belajar
Published in
3 min readFeb 4, 2023

Refleksi adalah salah satu hal terpenting yang dilakukan guru dan siswa di sekolah. Ini adalah proses berpikir tentang apa yang baru saja dipelajari dan menerapkannya pada situasi dunia nyata. Namun, tidak semua orang memahami tujuan atau nilai refleksi. Ada banyak kesalahpahaman tentang refleksi. Kesalahpahaman ini dapat membuat siswa bingung dan tidak tertarik dalam prosesnya.

Membantu siswa memahami nilai refleksi, penting untuk menghilangkan beberapa mitos dan kesalahpahaman umum ini. Kesalahpahaman Umum tentang refleksi adalah membuang-buang waktu. Banyak siswa berpikir bahwa mereka dapat menghemat waktu hanya dengan mengerjakan pekerjaan rumah yang ditugaskan dan kemudian melanjutkan hidup mereka. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa ini adalah pendekatan yang salah. Bahkan, refleksi dapat membantu siswa belajar lebih efektif dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Kesalahpahaman umum lainnya adalah bahwa refleksi adalah sesuatu yang hanya diberikan guru kepada siswa. Tapi ini jauh dari kebenaran. Siswa didorong untuk merefleksikan pembelajaran dan pertumbuhan mereka sendiri setiap hari melalui tugas sekolah dan diskusi dengan teman sekelas dan guru mereka.

Untuk melakukan refleksi yang baik, benar dan tepat di dalam kelas, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Pahami tujuan refleksi: Pastikan bahwa kita memahami apa tujuan dari kegiatan refleksi dan apa yang ingin dicapai melalui kegiatan tersebut.
  2. Buat suasana yang nyaman: Buatlah suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi setiap peserta, agar mereka merasa nyaman dan dapat mengungkapkan pendapat mereka dengan bebas.
  3. Buat catatan: Catat setiap hal penting yang diungkapkan oleh peserta, agar kita tidak lupa dan dapat menggunakan informasi tersebut pada saat melakukan refleksi.
  4. Fokuskan pada hal-hal positif: Fokuskan pada hal-hal positif yang terjadi selama kegiatan dan bagaimana hal-hal tersebut dapat ditingkatkan pada kegiatan berikutnya.
  5. Luangkan waktu yang cukup: Luangkan waktu yang cukup untuk melakukan refleksi dengan baik dan benar, agar kita dapat memahami hal-hal yang dibicarakan dan memberikan solusi yang tepat.
  6. Terapkan solusi yang ditemukan: Terapkan solusi yang ditemukan pada saat melakukan refleksi, agar kegiatan yang sama dapat diperbaiki dan dioptimalkan pada kegiatan berikutnya.
  7. Jangan lupa berkomunikasi: Berkomunikasilah dengan baik dan jelas dengan peserta, agar mereka dapat memahami dan mengikuti proses refleksi dengan baik.

Dengan melakukan refleksi secara benar dan tepat, kita dapat memperbaiki kualitas kegiatan dan memastikan bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Saya juga akan membagikan pertanyaan-pertanyaan umum yang Kamu bisa gunakan dalam kegiatan refleksi:

  1. Apa yang saya pelajari hari ini?
  2. Apa yang saya pahami dari materi yang diajarkan?
  3. Apa yang saya kesulitan dalam pembelajaran hari ini?
  4. Bagaimana saya dapat memperbaiki kinerja saya dalam kelas?
  5. Apa yang saya lakukan dengan baik hari ini?
  6. Bagaimana saya dapat meningkatkan partisipasi saya dalam kelas?
  7. Bagaimana saya dapat meningkatkan komunikasi dengan teman-teman saya dalam kelas?
  8. Apakah ada teknik belajar yang saya gunakan yang efektif?
  9. Bagaimana saya dapat meningkatkan motivasi saya dalam belajar?
  10. Apa yang saya butuhkan untuk mencapai tujuan belajar saya?
  11. Apakah ada hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman saya tentang materi?
  12. Bagaimana saya dapat meningkatkan konsentrasi saya dalam kelas?
  13. Apa yang saya dapat lakukan untuk meningkatkan hasil belajar saya?
  14. Apakah ada hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri saya dalam kelas?
  15. Bagaimana saya dapat meningkatkan kolaborasi dengan teman-teman saya dalam kelas?
  16. Apa yang saya dapat lakukan untuk meningkatkan keterampilan kritis saya?
  17. Bagaimana saya dapat meningkatkan keterampilan komunikasi saya dalam kelas?
  18. Apakah ada hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan organisasi saya dalam kelas?
  19. Apa yang saya dapat lakukan untuk meningkatkan keterampilan presentasi saya dalam kelas?
  20. Bagaimana saya dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah saya dalam kelas?
  21. Apakah ada hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu saya dalam kelas?
  22. Bagaimana saya dapat meningkatkan keterampilan belajar mandiri saya dalam kelas?
  23. Apakah ada hal yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan kerja tim saya dalam kelas?
  24. Bagaimana saya dapat meningkatkan keterampilan pembelajaran berbasis teknologi saya dalam kelas?

Saya yakin Kamu sebagai Guru senang sekali jika mendapatkan jawaban yang sesuai kita harapkan dari murid-murid tentang aktivitas pembelajaran yang sudah dilakukan. Mari kita terus lakukan refleksi pembelajaran di dalam kelas!

--

--

Halley Kuncoro, S.T., M.Pd.
Pengajar Belajar

I am an educator and love to share about my knowledge to everyone. Semoga bermanfaat!