Ini 4 Manfaat memakai Bio Septic Tank di Rumah

Photo Credit: Pexels

Bio septic tank merupakan sebuah inovasi dari septic tank konvensional yang hadir sebagai pilihan terbaik bagi masyarakat.

Pada dasarnya, bio septic tank memiliki fungsi yang sama dengan septic tank konvensional, yaitu menampung kotoran manusia. Bedanya, bio septic tank menggunakan tempat penampungan kotoran yang modern.

Dengan menggunakan material fiber sebagai bahan utama, bio septic tank lebih kuat dan terbukti mampu digunakan dalam waktu yang cenderung lebih lama.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika anda disarankan untuk menggunakan bio septic tank. Terlebih, toilet merupakan hal yang wajib tersedia di tempat tinggal anda.

Memilih tempat penampungan kotoran yang tepat tidak hanya membuat proses penampungan kotoran berlangsung dengan aman, namun juga memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Lalu, apa saja keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah? Berikut kami sediakan 4 manfaat memiliki bio septic tank di rumah anda.


Ramah lingkungan

Kelebihan utama bio septic tank adalah ramah lingkungan. Jika anda menggunakan produk ini, maka anda dapat memastikan bahwa limbah yang keluar dari bio septic tank ini tidak akan berbau serta aman bagi lingkungan karena tidak meresap ke dalam air tanah.

Jikalau meresap pun, biasanya pada parit atau selokan pembuangan-nya yang bocor. Dengan kata lain, tempat penampungan kotoran satu ini terbilang lebih ramah bagi lingkungan, khususnya bagi Anda yang ingin menjaga lingkungan tetap sehat.

Keuntungan bio septic tank satu ini tidak dimiliki oleh septic tank konvensional. Septic tank konvensional biasanya berupa pasangan batu bata dan cor beton bertulang dengan sejumlah penyaringan pada bagian luar dinding septic tank dengan ijuk dan pasar.

Meskipun bertujuan membuat resapan air kotor yang berada dalam septic tank menjadi bersih dan tidak mencemari air tanah, nyatanya fungsi ini tidak berjalan sempurna karena air resapan akhirnya akan tercemar seiring berjalannya waktu.

Menghindari tercemarnya air tanah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, septic tank konvensional tidak mampu menjamin air tanah untuk tidak tercemar.

Oleh karena itulah bio septic tank menjadi pilihan karena memiliki keunggulan dalam memastikan air tanah tidak tercemar.

Jika Anda menggunakan septic tank konvensional, air dapat tercemar karena kotoran menyerap ke dalam tanah.

Sedangkan dengan teknologi modern-nya, bio septic tank dapat mencegah penyerapan kotoran ke dalam tanah.


Tidak berbau

Berkat hasil penyaringan yang baik, limbah yang dihasilkan oleh bio septic tank menjadi tidak berbau. Jadi, meskipun limbahnya dibuang, limbah tersebut tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap sama sekali.

Airnya pun tetap bersih dan tidak akan mencemari lingkungan sekitar. Produk ini sangat aman digunakan khususnya bagi anda yang mengedepankan kesehatan.

Keunggulan satu inilah yang membuat bio septic tank digemari oleh banyak orang tua di rumah.

Memiliki daya tampung pas dan tidak mudah bocor

Bio septic tank juga dilengkapi dengan daya tampung yang pas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Air maupun kotoran yang berlebih akan langsung keluar ke arah selokan sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan daya tampung berlebihan.

Selain itu, produk ini juga anti bocor karena terbuat dari serat fiber yang tebal dan tahan lama.

Meskipun serat ini dipendam di dalam tanah dalam waktu yang lama, tidak akan membuatnya bocor sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir.

Itulah informasi mengenai keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah yang harus anda ketahui. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, tidak salah jika Anda harus menggunakan bio septic tank sekarang juga, bukan?

Anda bisa menggunakan Bio septic tank dari Pennyu yang sudah dilengkapi teknologi terbaru berupa MBBR dan Tube Settler sehingga makin optimal dalam membebaskan rumah anda dari masalah limbah toilet.


Kamu juga bisa mengikuti sosial media kami: