7 Destinasi Wisata di Berau yang Cantiknya Kebangetan

Mengeskplorasi keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Ada banyak destinasi wisata cantik yang bisa kamu kunjungi. Jika sedang mencari inspirasi tempat liburan berikutnya, main ke Berau yuk! Terletak di Provinsi Kalimantan Timur, Berau sangat populer karena memiliki keindahan alam yang begitu mempesona.

Meski membutuhkan sedikit pengorbanan untuk sampai ke Berau, namun kabupaten cantik ini sudah bisa dijangkau dengan pesawat kok! Jadi kamu yang ingin liburan ke Berau bisa semakin mudah dan juga nyaman. Bagi yang penasaran ada apa saja di Berau, berikut ini ada 7 destinasi wisata di Berau yang bisa jadi referensi destinasi wisata kamu selanjutnya.

1. Pulau Derawan

Sumber: Instagram @ berau_asik

Pulau yang masuk ke dalam kawasan Kepulauan Derawan ini merupakan salah satu wisata terbaik dan terpopuler di Berau. Keindahan pantainya yang mempesona belum lagi pemandangan bawah lautnya yang benar-benar cantik membuat pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Berau. Jika sudah sampai Derawan, siapkan alat snorkeling maupun diving kamu ya karena sayang sekali sudah jauh-jauh ke Berau tapi tidak merasakan iindahnya bawah laut Pulau Derawan yang sudah tersohor kemana mana. Bahkan jika beruntung kamu bisa menyelam bersama penyu berukuran besar maupun hiu tutul lho!

2. Pulau Maratua

Sumber: Instagram @ sheilahaposanna

Masih termasuk dalam kawasan Kepulauan Derawan Pulau Maratua juga menjadi tujuan wisata seru yang tidak boleh kamu lupakan. Di pulau cantik yang memiliki pantai eksotis berpasir putih ini kamu bisa menemukan resort di atas laut seperti yang ada di Maldives. Harga penginapan di resort keren ini masih terjangkau kok jadi kamu bisa mengeksplor Pulau Maratua hingga puas. Keindagan bawah laut Pulau Maratua juga tak kalah lho dari Pulau Derawan. Aktivita spaling menarik di pulau ini adalah snorkeling dan juga diving.

3. Pulau Kakaban

Sumber: Instagram @ bismokusumodipuro

Pulau cantik ini juga masih termasuk dalam kawasan Kepulauan Derawan yang juga sangat populer. Di pulau ini kamu bisa menemukan banyak pantai cantik berpasir putih dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. belum lagi keindahan bawah laut Pulau Kakaban yang juga tak kalah dari pulau-pulau lainnya di Keapulauan Derawan. Di pulau ini kamu bisa merasakan sensasi berenang bersama ubur ubur yang tidak menyengat! Tepatnya di Danau Kakaban yang merupakan danau air payau yang dihuni oleh ubur ubur dan ikan endemik yang tidak ditemukan di daerah lain. Kapan lagi coba bisa berenang dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat?

4. Pulau Sangalaki

Sumber: Instagram @ mataangin_

Meski letaknya termasuk terluar dalam kawasan Kepulauan Derawan, namun pesona Pulau Sangalaki tak kalah hebatnya dari pulau-pulau lain lho! Pantai yang ada di pulau ini begitu bersih, berpasir putih dan airnya super jernih! Pulau ini juga menjadi salah satu spot diving terbaik di Derawan. Ad abanyak spot diving dengan biota laut berbeda yang bisa dilihat, namun yang paling populer dan mudah ditemukan di perairan pulau ini adalah ikan pari manta yang selalu berenang secara berkelompok. Ada juga penyu hijau dan penyu sisik yang juga bisa ditemukan di pulau ini lho!

5. Labuan Cermin

Sumber: Instagram @ theresiasartanto

Berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Labuan Cermin merupakan danau cantik dengan air super bening yang sangat indah! Danau ini sangat instagenic dan memiliki panorama yangs angat indah. Disini, kamu bisa puas foto-foto berenang, snorkeling hingga diving. Terletak sekitar 6 jam perjalanan dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, namun semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan Labuan Cermin yang sangat mempesona.

6. Goa Mulut Besar

Sumber: https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-berau-bagus-dan-menarik-dikunjungi/3/

Tak hanya memiliki pulau dan pantai cantik, Berau juga punya wisata lain yang tak kalah menawannya, yaitu Goa Mulut Besar yang berada di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay. Goa yang juga sering disebut goa kelelawar ini memiliki diameter mulut goa yang sangat besar, yaitu tinggi 10 meter dan lebar 20 meter. bagian daam ga ini juga sama besarnya dengan mulut goa, sehingga pengunjung bisa dengan bebas mengeskplor bagian dalam gua yang dipenuhi kelelawar ini. Selain itu, di dalam goa kamu juga bisa melihat berbagai jenis batuan alam cantik nan eksotis yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu. Lokasi Kampng Merasa hanya berjarak 1,5 jam dari Tanjung Redeb sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan keberadaan goa eksotis ini.

7. Air Terjun Jenum

Sumber: https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-berau-bagus-dan-menarik-dikunjungi/2/

Masih di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay kamu bisa menemukan air terjun cantik bernama air terjun Jenum. Air terjun yang berada di tengah hutan ini masih tergolong air terjun perawan dengan suasana yang begitu menenangkan. Disini kamu bisa mandi di bawah air terjun atau sekedar berburu foto keren untuk dipajang di Instagram.


Akses menuju Berau juga semakin mudah lho! Kamu bisa naik pesawat menuju Bandara Kalimarau yang ada di Berau. Meski tidak ada rute langsung dari kota besar seperti Jakarta, namun kamu bisa memesan tiket pesawat ke Balikpapan lalu melanjutkan penerbangan ke Berau. Yuk pesan tiket pesawat ke Berau sekarang juga di Pergi.com! Ada diskon tiket pesawat hingga Rp 500.000 yang bisa digunakan lho! Ada juga diskon hotel 10% untuk menginap dimana saja. Pergi yuk!

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Pergi.com’s story.