Yang Baru di Bandung; Overpass Pelangi Antapani

Kota Bandung memiliki banyak pilihan wisata menarik yang membuat kota ini tak pernah sepi pengunjung. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata Belanja, Bandung punya semuanya. Nah, selain museum 3D Bandung yang sedang hits, ada lagi nih tempat yang sedang hits di Bandung! Meski bukan termasuk lokasi wisata, tapi warga Bandung dan wisatawan sudah ramai berfoto ria disini! Yuk kenalan dengan Overpass Pelangi Antapani!

Mengenal Overpass Pelangi Antapani

Sumber: Instagram @ iddaiymlyn

Overpass Antapani dibangun untuk mengatasi kemacetan yang terjadi hampir setiap hari di persimpangan Jalan Antapani dan Jalan terusan Jakarta, terutama di saat jam-jam sibuk.

Groundbreaking pengerjaan jalan layang ini dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pada 10 Juni 2016. Proses pengerjaan jalan layang ini tidak terlalu lama, yaitu hanya enam bulan dan pada 28 Desember 2016 lalu sudah mulai tes uji coba lalu lintas.

Setelah melewati serangkaian tes kelayakan, tepat di hari ini, Selasa (24/1/2017) Overpass Antapani secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Pemberian nama ‘Overpass Pelangi Antapani’ diusulkan oleh Ridwan Kamil yang sesuai dengan keceriaan yang dihadirkan overpass ini. Tak hanya mural, sisi-sisi jalan layang ini juga dicat berwarna warni sehingga terlihat sangat menarik

Mural Warna Warni Antapani

Sumber: Instagram @ johnmartono

Selain bertujuan untuk mengurai kemacetan, jalan layang Antapani didesain sedemikian rupa dengan berbagai mural abstrak yang membuat jalan layang ini keren dan instagrammable! Lukisan abstrak yang ada di semua sisi jalan layang ini dibuat oleh John Martono. Perpaduan struktur dan desain jalan layang yang artistik serta kehadiran mural cantik semakin menambah daya tarik jalan layang ini.

Selama masa pembangunannya, banyak orang yang mem-bully proyek ini karena menyebabkan macet parah. Ridwan kamil selaku walikota Bandung melalui akun Instagramnnya pun angkat bicara mengenai hal ini.

“Dulu kamu dibuli, sekarang kamu dipuji. Saat jembatan Pelangi ini dibangun, banyak yang marah2, pada bikin Meme seolah Antapani itu macet selamanya. Itulah pentingnya kita semua, untuk bersabar baik dalam kehidupan maupun dalam pembangunan. Karena untuk hidup lebih sehat, kadang kita harus makan obat pahit dulu. Selamat menikmati buah kesabaran.” tulis Ridwan Kamil di akun instagramnya @ridwankamil.

Sumber: Instagram @ ridwankamil

Meski sempat di-bully, kini overpass Pelangi Antapani semakin ramai dijadikan spot foto keren yang semakin membanjiri Instagram. Rencananya, Kementerian PUPR akan membangun lebih banyak jalan layang seperti ini di seluruh Indonesia.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Pergi.com’s story.