Yuk Liburan Seru ke Pantai Taman Pacitan!

Main ke pantai yuk! Di daerah Pacitan, ada banyak pantai cantik yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Taman yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Akses menuju pantai ini sudah bagus dan bisa dilalui mobil hingga bus besar. Tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000 / orang!

Pantai Taman Pacitan ini memiliki garis pantai yang panjang. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga bisa untuk main air atau sekedar menikmati pemandangan indah di sekitar pantai. Selain suasana pantai yang indah, ada atraksi menarik lainnya di pantai ini yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu kolam renang, konservasi penyu dan yang paling seru adalah wahana flying fox.

Konservasi Penyu

Kawasan pesisir Pantai Taman Pacitan, tepatnya di Desa Hadiwarno merupakan salah satu kawasan yang sering digunakan penyu untuk bertelur. Beberapa spesies penyu yang sering bertelur di kawasan ini adalah penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan juga penyu abu-abu. Menurut masyarakat di sekitar pantai ini, tidak bsia ditebak kapan penyu akan datang ke pantai dan bertelur. Setelah bertelur di pantai, penyu-penyu ini akan kembali ke perairan Australia dimana mereka mencari makan. Oleh masyarakat sekitar, telur-telur penyu ini akan dipindahkan ke lokasi penetasan. Dibutuhkan waktu kurang lebih 54 hari hingga telur menetas. Tukik atau anak penyu kemudian diperlihara terlebih dahulu sebelum dilepaskan ke laut.

Namun, tak semua penyu dilepaskan ke laut. Ada beberapa yang sengaja dipelihara oleh mayarakat agar bisa dilihat dan juga dipelajari masyarakan setempat dan juga pengunjung untuk menumbuhkan rasa sayang terhadap penyu dan mengajak lebih banyak orang untuk ikut melestarikan penyu. Dari empat jenis penyu yang sering bertelur di pantai ini, penyu belimbing adalah jenis yang paling langka dantermasuk penyu raksasa yang masih hidup hingga kini. Di konservasi penyu yang ada di Pantai Taman Pacitan kamu bisa memberi makan hingga berfoto dengan penyu lho!

Flying Fox

Sumber: Instagram @pacitan_paradise

Wahana menarik lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pantai Taman Pacitan adalah flying fox yang membentang di atas pantai ini. Flying fox ini merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan panjang lintasan 415 meter, ketinggian 74 meter dan kecepatan luncur 50 km/jam! Hanya dibutuhkan waktu 30 detik untuk meluncur di flying fox ini lho! Dari ketinggian 74 meter, selain memacu adrenalin kamu juga disuguhkan dengan pemandangan Pantai Taman yang menawan. Untuk naik wahana ini, kamu harus membayar Rp 30.000 / orang.

Tips Liburan ke Pantai Taman Pacitan

Sumber: Instagram @ suryani.s

Bagi kamu yang sudah tidak sabar berlibur ke pantai cantik dan unik ini, berikut ada 5 tips liburan ke Pantai Taman yang perlu kamu ketahui agar liburan semakin seru.

· Wahana flying fox hanya dibuka jika ada pengunjung saja dan selalu ramai di Sabtu dan Minggu. Jam operasional wahana ini tidak menentu, tergantung ada tidaknya pengunjung, jika sudah tidak ada pengunjung sang operator akan pulang. Untuk amannya, usahakan datang ke pantai ini pukul 09.00–12.00 WIB agar bisa merasakan naik flying fox terpanjang di Indonesia ini.

· Jika ingin menikmati pantai yang sepi, kamu bisa datang di hari biasa, namun tidak bisa menikmati flying fox

· Jangan lupa bawa air minum saat naik ke atas bukit untuk mencoba flying fox

· Pakailah sandal gunung atau sepatu jika ingin naik flying fox karena kamu harus mendaki bukit yang licin, terjal dan juga lumayan curam

· Jangan lupa bawa action kamera untuk mengabadikan momen ketika kamu naik flying fox!


Untuk menuju Pacitan, kamu bisa naik pesawat ke Solo maupun Yogyakarta lalu kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat. Beli tiket pesawat kamu sekarang juga dan buktikan sendiri serunya sensasi berlibur ke pantai sambil menguji adrenalin di atas flying fox yang melintas di atas pantai. Pergi yuk!

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.