Bottom Navigation in All Activity with Fragment

Mila
pie-o
Published in
1 min readApr 19, 2017

Aloha! Minggu ini saya ditugaskan untuk membuat perpindahan antara satu menu dan menu lainnya. Pada aplikasi kami menu yang digunakkan merupakan bottom navigation dengan terdapat 3–4 menu. Setelah saya melakukan research mengenai bagaimana caranya perpindahan suatu tab ke tab lainnya saya menemukan satu hal menarik dari class java android yaitu Fragment!

Fragment

Fragment merepresentasikan sebuah layout yang memiliki kesamaan konsep dengan Activity. Pada dasarnya fragment bersifat dependent, dimana ia harus memiliki activity dan berada diatasnya.

Keuntungan menggunakan Fragment itu sendiri adalah ketika dihadapkan pada masalah mengenai multi-pane UI.

android fragment : src : http://developer.android.com/images/fundamentals/fragments.png

Contoh diatas terjadi pada kasus news app dimana akan terjadi perbedaan ketika user menggunakan tablet maupun smartphone. Perbedaan itu dikarenakan adanya perbedaan layar sehingga adanya tuntutan untuk membuat tampilan lebih dinamis lagi. Untuk memunculkan dua hal yang berbeda konsepnya maka akan terdapat 2 Fragment dan 1 Activity.

Penggunaan

Untuk menggunakan fragment maka kelas yang akan digunakan perlu mewariskan sifat dari fragment. Kemudian barulah melakukan implementasi sungguhan kepada program.

Code

Sebelumnya pertama mohon maaf karena saya tidak dapat menampilkan kode saya terlebih dahulu. Berikut dibawah ini merupakan sumber belajar saya. Terimakasih

https://developer.android.com/guide/components/fragments.html

--

--