Creating Login & Splash Screen

Rizky Noviandi
pie-o
Published in
3 min readApr 20, 2017

Halo semua!

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam membuat Login activity dan Splash Screen Activity.

Pertama saya akan menjelaskan bagaimana membuat splash screen. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan membuat activity baru.

Kemudian setelah membuat activity, akan muncul 2 kelas baru yaitu file xml, yang ada pada folder layout dan file java yang ada pada folder java. Seperti penjelasan saya pada blog saya sebelumnya, file xml digunakan untuk mendesign tampilan dari activity tersebut. Pada splash screen berikut merupakan isi dari file xml tersebut.

Design
text

Kemudian isi dari file java adalah sebagai berikut:

java

sleep(2000); digunakan supaya splash screen muncul selama 2000 ms ketika aplikasi pertama kali dijalankan. Kemudian fungsi startActivity(new Intent) merupakan fungsi untuk berpindah ke activity baru. Untuk membuat supaya splash screen merupakan activity pertama yang dijalankan, kita harus mengubah struktur AndroidManifest.xml menjadi sebagai berikut.

set splash screen to default activity

Selanjutnya membuat loginActivity pertama-tama buatlah activity baru. Kemudian akan muncul file xml dan java. Berikut merupakan struktur kedua file tersebut:

Java
xml (design)

Namun login tersebut masih hardcode. Karena untuk dapat terintegrasi dengan server heroku, kita harus membuat API pada server Heroku tersebut. Saya telah membuat API dengan menambahkannya pada server.js.

server.js

Kemudian saya telah membuat fungsi login tersebut.

Kemudian membuat schema user yang dapat login.

Namun, saya belum sempat menjalankannya dan belum melakukan push ke git heroku dikarenakan masih memikirkan bagaimana caranya untuk membuat password didecrypt terlebih dahulu sebelum masuk ke database. Saya akan melanjutkannya pada blog selanjutnya. Terima kasih telah membaca blog saya

--

--