Langkah Awal Untuk Memulai Sebuah Proyek Perangkat Lunak

Rizky Noviandi
pie-o
Published in
4 min readMar 8, 2017

Proyek Perangkat Lunak merupakan sebuah mata kuliah yang membuat saya mempelajari banyak hal baru. Terutama dalam hal membangun sebuah proyek software dari titik yang paling awal. Untuk memulai langkah awal, saya mempelajari Android Studio. Karena kelompok kami memanfaatkan platform Android untuk menyelesaikan topik yang telah kami pilih. Saya menonton video tutorial mengenai pengenalan Android Studio di Youtube untuk mempelajari hal-hal dasar mengenai Android Studio.

Setelah itu saya mencoba untuk mengunduh dan menginstall Android Studio untuk mengaplikasikan ilmu yang telah saya pelajari. Saya mengunduh pada website : https://developer.android.com/studio/index.html Namun, filenya cukup besar yaitu sekitar 1,8 GB sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengunduhnya.

Setelah melakukan sprint planning 1, kami sekelompok melakukan pembagian tugas di Pivotal Tracker dengan memecah setiap chore dan user story menjadi task-task. Lalu, kami membagi-bagi tiap task untuk setiap anggota kelompok dengan menambahkan issue pada GitLab.

Selanjutnya, kami menyepakati bahwa beberapa chore akan kami jalankan di Pivotal Tracker, diantaranya adalah:

  1. Menyiapkan Environment untuk staging di Crashlytics dan Heroku
  2. Menyiapkan branch development dan branch user story pada sprint 1 di GitLab
  3. Menyiapkan Environment lokal di Laptop masing-masing anggota kelompok

Setelah itu kami mulai mengerjakan task-task dari masing-masing chore tersebut.

Untuk mengerjakan task yang ada, saya mempelajari hal baru lagi yaitu mengenai Crashlytics. Crashlytics merupakan sebuah aplikasi built-in dari fabric.io yang merupakan plug-in app untuk android. Crashlytics digunakan untuk mengecek bug/error yang dihadapi oleh user ketika melakukan testing. Untuk dapat menggunakannya, saya harus menginstall fabric.io terlebih dahulu pada link ini.

Selajutnya, saya mempelajari tentang Heroku dengan belajar bersama dengan kelompok saya. Saya meminta installer dari teman saya karena teman saya sudah mengunduh semua environment yang dibutuhkan. Setelah itu saya menginstall Node.js pada laptop saya. Dimana Node.js ini digunakan untuk “menarik” data pada database yang ada pada Heroku. Selanjutnya, saya belajar mengenai git pada website ini. Walaupun sebelumnya saya sudah mempelajari tentang git, namun masih banyak ilmu yang ternyata belum saya pelajari mengenai git setelah belajar pada website tersebut.

Setelah mempelajari Git, teman saya telah membuat branch development dan branch user story pada GitLab kami. Lalu, saya kembali mencoba Android Studio untuk mencoba membuat sebuah aplikasi sederhana. Kali ini saya membuat aplikasi yang memunculkan tulisan “hello world”. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, ternyata saya harus mengunduh API dan sistem operasi Androidnya terlebih dahulu. Setelah berhasil mengunduhnya kemudian saya coba jalankan aplikasi tersebut dan berhasil. Selanjutnya saya mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan pull dan push aplikasi android yang ada di GitLab ke Android Studio dan sebaliknya.

Membuat Fitur Login menggunakan Nomor Handphone Menggunakan Digits

Kali ini, saya mencoba salah satu built-in fitur pada fabric.io yang bernama digits. Digits merupakan fitur yang mengintegrasikan login dengan menggunakan No. Handphone. Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan:

  1. Menginstall digits

Hal yang perlu dilakukan pertama-tama adalah menginstall digits pada fabric.io yang telah terinstall pada Android Studio.

Klik Install

Pilih create account

Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik apply

Selanjutnya akan muncul kode berikut pada file build.gradle kita

2. Menyalin code untuk fitur log in

Digits telah menyediakan code yang dapat disalin ke kodingan kita dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan untuk fitur log in ini.

Pertama-tama pilih get code pada bagian ini

Selanjutnya salin kode berikut pada acticity_main.xml yang ada di Android Studio untuk menambahkan tombol pada halaman activity yang digunakan untuk proses otentikasi dengan no. handphone

Kemudian, salin kode berikut pada MainActivity.java untuk respon yang akan dilakukan setelah menekan tombol yang telah dibuat

Dan proses selesai! Setelah program dijalankan akan muncul seperti ini

Lalu tekan tombol “use my phone number” dan akan muncul tampilan sebagai berikut

Kemudian setelah memasukan nomor handphone, akan dikirim verification code untuk proses verifikasi nomer tersebut. Lalu setelah memasukan verification code yang didapat lewat sms/telepon akan dilakukan otentikasi. Setelah itu proses login dengan nomor handphone berhasil dilakukan!

Sepertinya itu saja yang sudah saya pelajari. Saya sangat senang karena cukup banyak hal yang telah saya pelajari. Walaupun ini merupakan start dari perjalanan yang akan dilakukan oleh tim Pie-O. Semoga ini merupakan langkah awal yang baik untuk kelompok kami. Dan semoga kami berhasil menyelesaikan proyek ini tepat waktu dan berhasil mendapatkan nilai maksimal!

Sekian dan terima kasih sudah mau membaca sampai sini. hehe.

--

--